Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid ini adalah CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Pertanyaan Pemantik 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

1. Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?

2. Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler?

3. Siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, atau ekstrakurikuler, atau kokurikuler?

4. Bagaimana kita dapat menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolah?

Selamat bertemu kembali Ibu/Bapak CGP dalam kegiatan 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Semoga Ibu/Bapak senantiasa sehat dan semangat mengikuti program pembelajaran guru penggerak ini. Saat ini Ibu/Bapak telah sampai pada tahapan pembelajaran ke-4.  Dalam tahapan 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid ini, Ibu/Bapak akan membuat perencanaan program/kegiatan yang lebih detail di sekolah masing-masing. 

Jika pada tahapan Ruang Kolaborasi Ibu/Bapak baru sebatas mengeksplorasi gagasan dan membuat gambaran umum, di tahapan 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid ini Ibu/Bapak akan mencoba membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin Ibu/Bapak terapkan. Ibu/Bapak dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler. Hal terpenting adalah saat merancang program/kegiatan tersebut,  Ibu/Bapak CGP harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.

Dalam tahap 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid ini Ibu/Bapak CGP dapat memanfaatkan ide-ide yang telah didiskusikan dalam tahap ruang kolaborasi untuk menyusun rumusan prakarsa perubahan bagi sekolah Ibu/Bapak sendiri. Kemudian, gunakanlah kerangka manajemen perubahan BAGJA (yang telah dipelajari di modul-modul sebelumnya) dengan menyusun pertanyaan dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam setiap tahapan BAGJA tersebut dengan mempertimbangkan:

1. poin-poin mana dalam komponen Profil Pelajar Pancasila yang dapat dikembangkan melalui program/kegiatan ini,

2. aset dan kekuatan mana yang telah dimiliki sekolah dan dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan program/kegiatan ini,

3. mana saja karakteristik lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid yang dapat dibangun melalui program/kegiatan ini.

4. bagaimana suara, pilihan, dan kepemilikan murid akan diwujudkan melalui program/kegiatan ini.

Grading Criteria 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Penjelasan Penilaian BAGJA - Dalam proses BAGJA, CGP diminta membuat pertanyaan apresiatif di setiap tahapannya.  Oleh karena itu, yang akan menjadi poin penilaian di sini adalah pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh CGP. Sejauh mana pertanyaan yang dibuat oleh CGP merefleksikan sebuah proses inkuiri apresiatif.

Kriteria Pertanyaan di tiap tahapan Inkuiri Apresiatif dapat:

1. mengarahkan perhatian ke arah yang positif dan/atau menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan

2. mengungkap kisah/fakta yang positif baru dari anggota komunitas dan/atau hal positif yang telah dilakukan sekolah

3. memusatkan perhatian pada harapan/impian/tujuan/keinginan

4. mendorong tindakan dan/atau perubahan nyata/konkret

Berikut contoh tugas 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


Itulah contoh tugas dalam kegiatan  3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"