Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Online Menentukan Jenis Paragraf


Di kisi-kisi ujian sekolah, disebutkan indikator menentukan jenis paragraf sehingga pada postingan kali ini DapurImajinasi akan menyajikan Soal Online Menentukan Jenis Paragraf. Jenis paragraf yang terdapat dalam soal ini adalah jenis paragraf yang dibagi menjadi lima berdasarkan isinya. Jenis paragraf tersebut adalah narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. Sebelum mengerjakan soal online menentukan jenis paragraf ini, sebaiknya teman-teman mempelajari materinya yang terdapat di postingan sebelumnya, yakni Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya.

Materi Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya

Paragraf berdasarkan isinya dibagi menjadi lima jenis, yaitu paragraf narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, dan persuasi. Setiap jenis paragraf memiliki ciri-ciri masing-masing. Paragraf narasi adalah paragraf yang bertujuan untuk menceritakan sesuatu. Paragraf narasi banyak dipakai untuk membuat cerita dalam bentuk cerpen, cernak, novel, dan lain-lain. Ciri-ciri paragraf narasi adalah mengandung pelaku atau tokoh dan kronologi cerita/peristiwa.

Paragraf deskripsi juga sering digunakan dalam cerpen, cernak, maupun novel. Namun, tujuannya berbeda. Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan sesuatu, bisa kondisi, benda, atau objek tertentu. Dengan paragraf deskripsi, pembaca seolah-olah dapat melihat sendiri kondisi yang digambarkan dalam teks. 

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi pendapat. Penulis menggunakan paragraf argumentasi untuk menuangkan gagasannya. Tujuannya adalah pembaca sepakat dengan pemikirannya yang dituangkan dalam teks. Penulis paragraf argumentasi biasanya memberikan data/bukti-bukti untuk memperkuat gagasannya.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang fungsinya untuk menjelaskan atau memaparkan suatu hal. Paragraf eksposisi biasa dipakai untuk mengembangkan penjelasan suatu proses, pengertian, dan jenis-jenis. 

Paragraf yang terakhir adalah paragraf persuasi. Paragraf ini mudah untuk dikenali karena ciri khasnya. Paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Ciri-cirinya adalah adanya kalimat ajakan dalam isi paragraf. Paragraf persuasi sering dipakai seseorang untuk mengembangkan teks pidato.

Petunjuk Mengerjakan Soal Online Menentukan Jenis Paragraf.

1. Isi data secara lengkap
2. Nama diisi dengan nama lengkap
3. Silakan pilih kelasmu.
4. Soal berjumlah 20 dan berbentuk isian singkat.
5. Pengetikan jawaban tidak boleh salah sedikit pun (typo), jawaban bisa diisi dengan jawaban: narasi, deskripsi, argumentasi, eksposisi, atau persuasi.
6. Jawaban typo dianggap SALAH.
6. Jawaban dengan nama jenis paragraf lain, seperti naratif, deskriptif, argumentatif, ekspositif, dan persuasif dianggap SALAH karena sistem tidak bisa membacanya.
6. Satu soal mempunyai skor nilai 5 poin.
7. Setelah 20 soal dijawab, silakan klik SUBMIT/ KIRIM lalu VIEW SCORE (LIHAT SKOR) untuk  melihat nilai yang diperoleh .

Selamat mengerjakan soal-soal berikut!

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Soal Online Menentukan Jenis Paragraf"

Berlangganan via Email