Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Online Menentukan Makna Ungkapan dalam Kalimat


Selamat datang di postingan Soal Online Menentukan Makna Ungkapan dalam Kalimat. Di postingan siswa bisa berlatih menjawab soal secara online sekaligus bisa mengetahui nilai setelah menjawab semua soal. Soal online menentukan makna ungkapan dalam kalimat ini terdiri atas 25 soal.

Apa itu ungkapan?

Sebelum mengerjakan soal online menentukan makna ungkapan dalam kalimat, ada baiknya teman-teman menyegarkan ingatan lagi untuk mempelajari pengertian ungkapan. Ungkapan adalah gabungan kata yang menghasilkan makna baru. Ungkapan bermakna kias atau konotatif. Makna konotatif adalah makna yang tidak sebenarnya. 

Ungkapan sering digunakan dalam teks atau percakapan sebagai variasi dalam berbahasa. Ada kalanya penggunaan ungkapan berfungsi untuk memeprhalus atau memperindah bahasa. Oleh sebab itu, penggunaan ungkapan sering digunakan di teks naratif yang biasa kita temukan di cerpen atau novel.

Contoh ungkapan dalam kalimat!

Perhatikan paragraf berikut!
      Aku sudah tidak sabar menanti pengumuman hasil lomba itu. Dalam hitungan menit lagi panitia akan mengumumkannya melalui media sosial. Postingan pengumuman pun muncul. Aku harus berlapang dada. Ternyata buah penaku belum bisa mendapat juara dalam lomba puisi kali ini. 

Paragraf di atas mengandung dua kalimat yang di dalamnya terdapat ungkapan, yakni kalimat keempat dan kelima. Di kalimat keempat terdapat ungkapan berlapang dada yang bermakna sabar. Sementara itu, di kalimat keempat terdapat ungkapan buah pena. Ungkapan buah pena memiliki makna tulisan.

Soal online menentukan makna ungkapan

Setelah mengingat kembali pengertian ungkapan dan contohnya dalam kalimat, kini saatnya untuk berlatih soal online menentukan makna ungkapan dalam kalimat. Soall online menentukan ungkapan dalam ungkapan ini bisa menjadi latihan dalam menghadapi ulangan atau ujian sekolah. Semakin banyak latihan soal, otomatis kemampuan teman-teman dalam mengerjakan soal tentang ungkapan akan semakin terasah. Berikut soal online menentukan makna ungkapan dalam kalimat. Kerjakan dengan teliti ya. Jangan lupa juga baca aturannya.

Petunjuk mengerjakan soal online menentukan makna ungkapan dalam kalimat bahasa Indonesia

1. Isi data secara lengkap
2. Nama diisi dengan nama lengkap
3. Format kelas menggunakan angka dan huruf tanpa spasi, contoh 6A.
4. Soal berjumlah 25 dan berbentuk pilihan ganda.
5. Satu soal mempunyai skor nilai 4 poin.
6. Setelah 25 soal dijawab, silakan klik SUBMIT/ KIRIM lalu VIEW SCORE (LIHAT SKOR) untuk  melihat nilai yang diperoleh .

Selamat mengerjakan soal-soal berikut!

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Soal Online Menentukan Makna Ungkapan dalam Kalimat"