Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20 Soal Menentukan Ide Pokok Paragraf


20 Soal Menentukan Ide Pokok Paragraf. Soal menentukan ide pokok sering muncul dalam soal ujian. Soal ide pokok dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengukur daya pemahaman siswa terhadap bacaan. Saat menentukan ide pokok, siswa harus membaca bacaan sampai memahami isi bacaan tersebut. Pada dasarnya, menentukan ide pokok akan melatih siswa untuk menggunakan kemampuan analitisnya terhadap bacan yang dibacanya. 

Guru biasanya mencari bahan untuk membuat soal tentang ide pokok. Namun, banyak bacaan diinternet yang strukturnya tidak sistematis. Oleh karena itu, guru sering kali kesulitan saat membuat soal tentang ide pokok dari bacaan yang sudah dicarinya. Tidak hanya itu, bacaan yang tidak sistematis strukturnya, tetapi tetap saja dipakai untuk soal, tentunya akan membuat siswa kesulitan saat mengerjakannya.

Agar mudah memahami cara menentukan ide pokok paragraf, siswa bisa diberikan materi cara menentukan ide pokok secara mudah. Ada cara mudah untuk menentukan ide pokok. Materi tentang cara menentukan ide pokok dapat dibaca di artikel: Cara Mudah Menentukan Ide Pokok Paragraf.

Berikut 20 soal menentukan ide pokok paragraf yang dapat digunakan oleh guru. Soal ini bisa menjadi rujukan sekaligus bisa digunakan untuk para siswa berlatih mengerjakan soal menentukan ide pokok paragraf. Di artikel lain juga dibahas beberapa soal menentukan ide pokok dan penjelasannya. Artikel tentang pemebahasan soal menentukan ide pokok dapat dibaca di postingan: Soal Mencari Ide Pokok dan Penjelasannya.

20 Soal Menentukan Ide Pokok Paragraf

1. Bacalah paragraf berikut!

Suryana merasa beruntung karena istri dan dua orang anaknya selamat akibat tsunami Selat Sunda di akhir tahun 2018. Istrinya hanya mengalami luka-luka kecil. Saat kejadian, Suryana berada di luar rumah. Matanya melihat gulungan putih ombak besar meluncur ke arah darat. Dengan segera, dia membawa lari keluarganya ke daratan yang lebih tinggi.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. keadaan istri dan anak Suryana di pengungsian seusai tsunami

b. penyebab terjadinya tsunami yang menerjang rumah Suryana

c. alasan Suryana merasa beruntung setelah terkena tsunami 

d. cara Suryana menyelamatkan diri dari terjangan tsunami


2. Bacalah paragraf berikut!

Xerofit merupakan tumbuhan yang hidup di daerah yang kering. Tumbuhan ini memiliki daun tebal, sempit, kadang-kadang berubah bentuk menjadi duri, sisik, atau bahkan tidak mempunyai daun. Batangnya tebal dan mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Akarnya panjang untuk mencari air.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Ciri-ciri tumbuhan xerofit

b. Jenis-jenis tumbuhan xerofit

c. Cara menanam tumbuhan xerofit

d. Perkembangbiakan tumbuhan xerofit


3. Bacalah paragraf berikut!

Kemacetan di Jakarta memang sudah semakin parah. Biasanya setelah hujan turun, kemacetan menyebar di semua ruas. Kala hujan kendaraan berjalan melambat karena ada genangan. Hal itu juga diperparah karena banyak pemotor yang berhenti di tiap terowongan pinggir jalan.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Kemacetan di Jakarta selalu terjadi setelah hujan

b. Hujan menyebabkan Jakarta macet parah

c. Kemacetan di Jakarta semakin parah

d. Penyebab pemotor berhenti di terowongan


4. Bacalah paragraf berikut!

Anak-anak harus membatasi minuman yang mengandung gula tambahan.  Hal ini disebabkan gula termasuk bahan makanan yang paling cepat diubah menjadi energi. Anak-anak yang terlalu banyak makan gula, perilakunya menjadi cepat aktif, bahkan agresif. Gula tambahan juga tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Cara menghindari gula tambahan pada anak-anak

b. Alasan anak-anak harus membatasi minuman yang mengandung gula tambahan

c. Anak yang aktif dan agresif karena kebanyakan mengonsumsi gula tambahan

d. Anak-anak suka mengonsumsi minuman yang mengandung gula tambahan


5. Bacalah paragraf berikut!

Meski kedengarannya mengerikan, berwisata di Taman Nasional Komodo cukup aman. Hal yang terpenting adalah harus berhati-hati. Kita harus mematuhi aturan yang ada. Selain itu, kita harus didampingi polisi hutan. Jangan sampai kita memisahkan diri dari rombongan.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Berwisata di Taman Nasional Komodo cukup aman

b. Aturan selama berwisata di Taman Nasional Komodo

c. Cara menuju tempat wisata Taman Nasional Komodo

d. Kengerian selama berwisata di Taman Nasional Komodo


6. Bacalah paragraf berikut!

Subak adalah sistem irigasi persawahan terasering yang ada di Bali. Sistem irigasi ini dilaksanakan dan diatur melalui lembaga adat subak. Pengaturannya berdasarkan nilai-nilai adat yang disebut Tri Hita Karana. Nilai-nilai ini mengatur hubungan yang harmonis, antara manusia dengan dengan Sang Pencipta, antara manusia dengan manusia, dan antara manusia dengan alam.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Budaya di Bali

b. Sistem irigasi di Indonesia

c. Adat istiadat di Bali

d. Pengertian Subak


7. Bacalah paragraf berikut!

Burung unta adalah burung besar bersayap yang tidak bisa terbang. Walaupun tidak bisa terbang, sayapnya masih tetap berfungsi untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika berlari. Bagi burung unta jantan, sayapnya berguna untuk mencari perhatian burung unta betina.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Cara burung unta terbang

b. Burung unta tidak bisa terbang

c. Cara burung unta menarik pasangannya

d. Jenis-jenis burung bersayap


8. Bacalah paragraf berikut!

Telaga Sarangan adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga ini berjarak sekitar 16 kilometer arah barat Kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman kurang lebih 28 meter. Suhu udara di sana sangat sejuk, yakni antara 18 hingga 25 derajat celsius.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Cara menuju Telaga Sarangan

b. Contoh telaga alami

c. Deskripsi Telaga Sarangan

d. Keindahan sebuah telaga


9. Bacalah paragraf berikut!

Bondan terlambat sampai di sekolah. Gerbang sudah tutup. Ia ditanya oleh satpam. Bondan menjelaskan bahwa ketika berangkat sekolah, ban sepedanya bocor. Akhirnya, Pak Satpam mengizinkan Bondan masuk ke sekolah.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Gerbang sekolah sudah ditutup

b. Bondan terlambat datang di sekolah

c. Bondan masuk sekolah

d. Ban sepeda Bondan bocor


10. Bacalah paragraf berikut!

Kuda nil hidup di sekitar air. Ia dapat melihat, mendengar, dan bernapas dengan bagian bawah kepalanya berada di dalam air. Kuda Nil menggunakan sebagian besar waktunya di dalam air. Sekali menyelam, kuda nil dapat bertahan di bawah air sampai lima menit lamanya.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Kuda nil hidup di sekitar air

b. Kuda nil dapat menyelam lama

c. Kuda nil menyukai air

d. Kuda nil tidak bisa hidup tanpa air


11. Bacalah paragraf berikut!

Penyakit influenza termasuk ke dalam penyakit yang penularannya sangat mudah. Wabah influenza biasanya muncul selama musim dingin. Penyakit ini juga biasa muncul pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Orang yang rentan terjangkit influenza adalah orang yang imunitasnya rendah.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Akibat terkena penyakit influenza

b. Musim munculnya penyakit influenza

c. Penyakit influenza mudah menular

d. Orang yang rentan terjangkit influenza


12. Bacalah paragraf berikut!

Populasi gajah sumatera semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam. Faktor menurunnya populasi gajah liar akibat perusakan hutan. Konversi lahan dari hutan menjadi perkebunan dan pembukaan kampung di jalur lalu lintas gajah. Konflik antara gajah dan manusia tidak terhindarkan karena gajah terpaksa memakan hasil kebun untuk menggantikan makanan alami mereka.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Konflik antara gajah dan manusia

b. Hewan yang terancam punah

c. Habitat bagi gajah sumatera 

d. Populasi gajah sumatera semakin menurun


13. Bacalah paragraf berikut!

Sebenarnya banyak daun di sekitar kita yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Daun sirsak berkhasiat untuk membunuh sel kanker. Daun jambu biji berkhasiat untuk menyembuhkan diare. Sementara itu, daun salam dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Khasiat daun sirsak

b. Manfaat daun jambu biji

c. Daun yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit

d. Daun salam untuk menurunkan kolesterol


14. Bacalah paragraf berikut!

Cecak mempunyai kemampuan beradaptasi dengan cara memutuskan ekornya.  Jika merasa terancam ia akan memutuskan ekornya sendiri untuk kabur dari sergapan musuh. Ekor yang putus akan melakukan gerakan-gerakan sehingga perhatian pemangsa akan fokus ke arah ekor yang putus. Cecak pun bisa kabur dengan lebih leluasa.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Cara cecak beradaptasi

b. Cara cecak memutuskan ekor

c. Cara cecak menyerang musuh

d. Cara cecak menggerakkan ekornya


15. Bacalah paragraf berikut!

Di mana kita bisa menemukan salju di Indonesia? Ternyata salju dapat ditemukan di puncak Pegunungan Jayawijaya. Istimewanya, salju di Jayawijaya tidak seperti salju di negara empat musim yang waktunya hanya beberapa bulan. Salju di salah satu puncak tertinggi di Indonesia selalu ada setiap waktu.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Cara menemukan salju di Indonesia

b. Deskripsi lengkap tentang Pegunungan Jayawijaya

c. Cara melihat salju di Pegunungan Jayawijaya

d. Istimewanya salju di Pegunungan Jayawijaya


16. Bacalah paragraf berikut!

Kawasan wisata Ujung Genteng belum dikelola secara maksimal. Fasilitas umum yang tersedia di Ujung Genteng belum begitu bagus. Sarana transportasi, tempat makan, dan penginapan belum terlalu berkembang walaupun kini sudah mulai banyak warga yang menyediakan sarana-sarana tersebut. Akses transportasi dari kota pun lumayan sulit dan waktu tempuhnya lama.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Keindahan kawasan wisata Ujung Genteng

b. Kawasan wisata Ujung Genteng belum menarik bagi pengunjung

c. Pengelolaan kawasan wisata Ujung Genteng belum maksimal

d. Akses transportasi ke Kawasan wisata Ujung Genteng lumayan sulit


17. Bacalah paragraf berikut!

Sarapan sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya. Menu ini tentunya yang sesuai dengan empat sehat lima sempurna. Di antara menu itu, ada makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Biasanya kandungan itu terdapat pada susu dan sereal.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Pentingnya kesehatan tubuh manusia

b. Pentingnya empat sehat lima sempurna

c. Pentingnya sarapan bagi kesehatan tubuh

d. Kandungan gizi pada sarapan


18. Bacalah paragraf berikut!

Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, eceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai. Eceng gondok dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Bahaya eceng gondok bagi petani

b. Eceng gondok dianggap sebagai gulma

c. Penyebab sungai tersumbat dan meluap

d. Habitat eceng gondok


19. Bacalah paragraf berikut!

Buah srikaya punya banyak manfaat untuk tubuh. Buah srikaya mengandung vitamin C tinggi dan bagus untuk kesehatan maupun kecantikan. Vitamin A yang dikandungnya pun tinggi dan tentu baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah srikaya juga bagus untuk pencernaan.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Buah srikaya mengandung banyak vitamin

b. Manfaat buah srikaya untuk kesehatan mata

c. Beberapa manfaat buah srikaya

d. Buah srikaya membuat pencernaan sehat


20. Bacalah paragraf berikut!

Memasuki libur Natal dan Tahun Baru, Pantai Kuta, Bali dibanjiri ribuan wisatawan. Mereka kebanyakan wisatawan domestik dari berbagai daerah di tanah air yang sengaja datang untuk menikmati keindahan panorama pantai itu. Hampir sepanjang garis Pantai Kuta ramai dipadati wisatawan dari berbagai daerah di tanah air. Menurut pengelola Pantai, jumlah wisatawan domestik yang berlibur ke Pantai Kuta pada musim libur Natal dan Tahun Baru kali ini melonjak hingga tiga kali lipat dibanding hari normal.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Ramainya Pantai Kuta saat libur Natal dan Tahun Baru

b. Pengunjung Pantai Kuta menikmati liburan Natal dan Tahun Baru

c. Keindahan Pantai Kuta saat libur Natal dan Tahun Baru

d. Asal wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kuta


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "20 Soal Menentukan Ide Pokok Paragraf"

Berlangganan via Email