Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Struktur Teks Deskripsi Bahasa Indonesia

Kali ini kita akan belajar tentang struktur teks deskripsi bahasa Indonesia. Bacaan yang termasuk teks deskripsi memiliki struktur. Adanya struktur dalam teks deskripsi akan memudahkan pembaca dalam memahami teks deskripsi. Karena dengan adanya struktur, teks deskripsi akan tersaji secara sistematis. Teks deskripsi yang strukturnya sudah sistematis tentunya akan mudah dipahami saat dibaca.

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum memahami struktur teks deskripsi, kita pelajari dulu pengertian teks deskripsi. Teks deskripsi adalah teks yang berisi gambaran suatu objek dengan kata-kata yang jelas dan terperinci. Teks deskripsi biasa digunakan sebagai naskah latar belakang suatu video, misalnya review rumah, mobil, smartphone, dan lain-lain.

Mencermati Struktur Teks Deskripsi

Marilah mencermati struktur teks deskripsi. Teks deskripsi terdiri atas 3 struktur, yaitu identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan. 

Struktur Teks Deskripsi

1. Identifikasi

Identifikasi berisi gambaran umum tentang objek yang akan dideskripsikan. Bagian ini berisi pernyataan-pernyataan umum tentang objek yang dideskripsikan. Pernyataan umum tersebut dapat berupa nama objek, sejarah lahirnya objek, lokasi, makna nama, dan lain-lain. Tujuan adanya identifikasi adalah memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang objek yang akan dideskripsikan sehingga pembaca memiliki bekal wawasan awal terhadap objek sebelum membaca ke bagian teks deskripsi selanjutnya. Bagian identifikasi teks deskripsi biasa diletakkan di paragraf pertama.

Berikut contoh identifikasi teks deskripsi.

     Senggigi adalah salah satu wisata andalan di Nusa Tenggara Barat. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai Senggigi merupakan pantai dengan garis pantai yang panjang. Pemandangan bawah laut Senggigi juga menakjubkan. Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi.

Paragraf di atas menggambarkan Pantai Senggigi secara umum. Paragraf tersebut adalah paragraf pembuka teks deskripsi dengan objek pembahasan Pantai Senggigi. 

2. Deskripsi bagian

Deskripsi bagian adalah beberapa paragraf yang berisi penggambaran secara detail tentang objek yang dideskripsikan. Deskripsi bagian biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Jumah paragraf tergantung banyaknya bagian yang dideskripsikan. Secara sederhana, dapat dicontohkan seperti berikut. Kita akan mendeskripsikan pohon mangga. Nah, kita bisa membuat deskripsi bagian 1 berupa penggambaran akar mangga. Deskripsi bagian 2 berupa penggambaran batang mangga. Deskripsi bagian 3 berupa penggambaran daun mangga, dan seterusnya. 

Berikut contoh deskripsi bagian dengan objek Pantai Senggigi.

       Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. Angin lembut terasa mengelus kulit. Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam. membuat keindahan pantai ini semakin menarik. Ombak yang tenang di pantai ini membuat rasa tenteram semakin lengkap. Dari kejauhan tampak hamparan permadani biru toska berpadu dengan hiasan buih-buih putih bersih. Sungguh elok pemandangan pantai ini. Bukit-bukit tampak menjadi latar bagian pantai. Pantai Senggigi dengan pesonanya benar-benar seperti lukisan di kanvas alam yang luas terbentang.

       Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. Terumbu karang yang masih terawat menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau. Terumbu karang tampak berwarna-warni sangat indah. Ikan beraneka warna menambah keindahan bawah laut Senggigi. Dengan snorkeling maupun menyelam Anda dapat menyaksikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Anda akan menyaksikan betapa memesonanya taman bawah lautnya. Air laut yang jernih serta banyak terumbu karang terawat dengan ikan-ikan beraneka ragam menambah keindahan taman laut di Senggigi.

Dua paragraf di atas adalah contoh deskrispi bagian teks deskripsi yang membahas tentang Pantai Senggigi. Paragraf pertama adalah deskripsi bagian yang menggambarkan salah satu bagian Pantai Senggigi, yakni bibir pantainya. Sementara itu, paragraf kedua adalah deskripsi bagian yang menggambarkan pemandangan bawah laut Senggigi.

3. Simpulan

Simpulan adalah struktur penutup dalam teks deskripsi. Simpulan teks deskripsi berisi kesan penulis terhadap objek yang sudah dideskripsikan. Berikut contoh paragraf simpulan teks deskripsi.

      Wisata pantai Senggigi menawarkan sejuta keindahan dan kenyamanan. Wisatawan akan dimanjakan dengan sejuta pesonanya. Pemandangan Pantai Senggigi memang menakjubkan. 

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

Ada beberapa jenis pengembangan deskripsi bagian. Jenis pengembangan ini disesuaikan dengan objek yang dideskripsikan. Berikut jenis-jenis pengembangan deskripsi bagian.

1. Deskripsi bagian berdasarkan ruang

Jenis pengembangan ini dilakukan dengan cara memerinci bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya penulis mendeskripsikan sebuah rumah, ia mendeskripsikan bagian teras rumah, ruang tamu, ruang kamar, dapur, kamar mandi, dan lain-lain.

2. Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian-bagian objek

Jenis pengembangan ini dilakukan dengan cara memerinci bagian-bagian objek yang dideskripsikan. Misalnya penulis mendeskripsikan Pantai Senggigi. Deskripsi bagian yang dapat dibuat berdasarkan bagiannya adalah deskripsi pemandangan bibir pantainya, bawah lautnya, bangunan sekitar pantai, dan lain-lain.

3. Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung.

Jenis pengembangan ini dapat dilakukan dengan cara memerinci bagian awal, tengah, dan akhir. Jenis pengembangan ini bisa digunakan untuk mengembangkan pementasan, proses, dan lain-lain. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, tengah pementasan, dan akhir pementasan.

4. Deskripsi bagian berupa pemfokusan

Jenis pengembangan ini dapat dilakukan dengan mendeskripsikan bagian yang disukai atau fokus satu objek. Misalnya penulis ingin mendeskripsikan bagian bibir Pantai Senggigi. Penulis bisa mendeskripsikan bibir Pantai Senggigi dalam beberapa paragraf. 





Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Struktur Teks Deskripsi Bahasa Indonesia"