Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Struktur, dan Contoh Surat Pribadi dan Dinas

pengertian surat pribadi dan dinas

Pengertian dan Contoh Surat Pribadi dan Dinas. Hai, sahabat dapurImajinasi, kali ini admin akan membagikan postingan tentang pengertian dan contoh surat pribadi dan dinas. 

Surat menyurat atau korespondensi menjadi salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia. Materi ini sudah ditemui di muatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar (SD). Materi surat menyurat juga masuk dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP dan SMA. 

Baca juga: Kumpulan Soal tentang Surat Pribadi dan Dinas, Disertai Kunci Jawaban

Berdasarkan sifatnya, secara umum surat dibagi menjadi dua jenis, yakni surat pribadi dan surat dinas.

Pengertian Surat Pribadi dan Dinas

a. Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi dan bersifat tidak resmi. Surat pribadi ditulis untuk suatu kepentingan pribadi. Surat pribadi ditulis oleh seseorang secara pribadi. 

Surat pribadi dapat ditujukan kepada seseorang maupun suatu instansi. Contoh surat pribadi yang ditujukan kepada instansi adalah surat lamaran pekerjaan, surat izin, surat permohonan bantuan, dan lain-lain.

Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat bebas dan informal (tidak resmi), tetapi harus sopan. Surat pribadi yang ditulis secara resmi biasanya adalah surat yang ditujukan kepada instansi atau dinas, misalnya surat lamaran pekerjaan.

b. Pengertian Surat Dinas

Surat dinas adalah surat yang dikirim oleh suatu instansi yang berisi hal-hal kedinasan dan bersifat resmi. Surat dinas dikirim untuk kepentingan kedinasan. Surat dinas ditulis oleh pihak dinas atau suatu instansi.

Surat dinas dapat ditujukan kepada seseorang maupun suatu instansi. Contoh surat dinas yang ditujukan kepada seseorang contohnya adalah surat undangan dari sekolah kepada wali siswa. Sementara itu, contoh surat dinas yang ditujukan kepada dinas adalah surat kerja sama antara dua Lembaga. Salah satu contoh kerja sama adalah studi banding antara dua sekolah. 

Bahasa yang digunakan dalam surat dinas bersifat resmi dan baku. Penggunaan ragam bahasa resmi dan baku dalam surat dinas akan membawa kesan resmi dan serius. 

Struktur Surat Pribadi dan Dinas

a. Struktur Surat Pribadi

Pernahkan kalian mendengar ungkapan surat kaleng? Ya, surat kaleng adalah surat yang tidak diketahui pengirimnya. Surat kaleng tidak memenuhi struktur surat pribadi yang benar sehingga isinya tidak bisa dipertanggungjawabkan. 

Agar surat pribadi dapat dipertanggungjawabkan, kita harus menulisnya sesuai dengan struktur yang benar. Berikut struktur surat pribadi.

1. Tempat dan tanggal surat

2. Alamat tujuan surat

3. Salam pembuka

4. Isi

5. Salam penutup

6. Identitas pengirim (nama dan tanda tangan)

b. Struktur Surat Dinas

Karena bersifat formal, struktur surat dinas lebih lengkap daripada surat pribadi. Surat dinas harus mematuhi aturan standar dengan merujuk pada struktur surat dinas yang benar. Berikut struktur surat dinas.

1. Kop/kepala surat

2. Tanggal surat 

3. Nomor, hal, dan lampiran surat

4. Alamat tujuan surat

5. Salam pembuka

6. Isi surat

7. Salam penutup

8. Identitas pengirim: nama jabatan, nama terang, tanda tangan, dan stempel lembaga.

Contoh Surat Pribadi dan Dinas

a. Contoh Surat Pribadi

Surat pribadi ditulis untuk kepentingan pribadi. Untuk itu, banyak tidaknya isi surat pribadi tergantung si penulis surat. Berikut salah satu contoh surat pribadi. Isi surat ini adalah keluh kesah seorang siswa yang tidak bisa bersekolah secara tatap muka akibat adanya pandemi Covid-19. Siswa itu berkeluh kesah kepada Presiden Jokowi. 

                                                                                                    Karanganyar, 31 Maret 2021


Kepada

Presiden Joko Widodo

 

        Assalamualaikum wr. wb.,

        Pak Jokowi, apa kabar? Semoga Bapak sehat selalu. 

      Pak Jokowi, saya ingin sedikit menceritakan keresahan saya dan teman-teman akibat adanya pandemi Covid-19. Karena pandemi itu, kami sudah satu tahun lebih tidak ke sekolah untuk belajar bersama teman-teman. 

     Kami hanya belajar di rumah secara daring. Awalnya memang mengasyikkan, Pak. Namun, lama-lama kami merasa bosan karena tidak bertemu dengan teman-teman dan para guru. Dengan surat singkat ini, saya harap Pak Jokowi bisa membuat kebijaksanaan agar kami bisa kembali belajar ke sekolah walaupun hanya sebentar dan tidak setiap hari. Kami berjanji akan mematuhi protokol kesehatan karena kami juga takut dengan Covid-19.

      Demikian harapan kami sebagai anak bangsa yang ingin terus belajar. Semoga pandemi segera berakhir dan kami bisa belajar di sekolah bersama teman dan guru tersayang. 

      Waalaikumsalam wr. wb. 


Saya yang rindu sekolah,

Ttd.

Abdi Tri Santosa

contoh surat pribadi

b. Contoh Surat Dinas

Penulisan surat dinas harus mengacu pada struktur yang benar. Selain itu, bahasa yang digunakan pun bersifat resmi dan baku. Berikut contoh surat dinas. 

 

surat dinas




Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Pengertian, Struktur, dan Contoh Surat Pribadi dan Dinas"