Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam 2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak adalah CGP dapat membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya.

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran 2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak adalah:

1. Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

2. Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

3. Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Lakukanlah refleksi secara individu terhadap perjalanan pembelajaran Anda hingga saat ini dengan merespon beberapa pertanyaan dan tugas berikut ini.

1. Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

2. Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.

3. Tuangkan kesimpulan yang Anda buat tersebut dengan menggunakan cara atau media yang dapat Anda pilih sendiri. Anda dapat memilih menulis artikel, membuat infografik, vlogging (video blogging), dsb.

4. Unggahlah hasil kerja Anda pada kegiatan ini.

a. Jika Anda menulis artikel, salinlah artikel yang telah dibuat ke kolom Online text/Teks daring yang telah disediakan.

b. Jika Anda membuat infografik, silakan unggah infografik di kolom File submission.

c. Jika Anda membuat vlogging, silakan unggah rekaman vlogging ke google drive Anda, kemudian salinlah tautan rekaman Anda di google drive ke kolom Online text/Teks daring yang telah disediakan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tautan google drive Anda sudah diset Shared/Dibagikan.

Berikut contoh jawaban untuk tugas 2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak.

1. Simpulan mengenai pembelajaran diferensiasi:

Pembelajaran berdiferensiasi adalah adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan murid dengan memperhatikan aspek kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid. 

2. Alasan pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal

a. Tujuan pembelajaran jelas

b. Kebutuhan belajar siswa terakomodasi

c. Lingkungan yang mengundang siswa untuk belajar

d. Manajemen kelas yang efektif

e. Penilaian berkelanjutan

3. Kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak

a. Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan isi Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan KHD

Fiosofi Pembelajaran KHD menegaskan bahwa pendidikan menghamba pada anak atau bisa diartikan berpihak kepada siswa. Hal ini sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi, yakni pembelajaran harus berorientasi kepada kebutuhan murid

b. Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Nilai dan peran guru penggerak yang sudah dimiliki oleh guru akan mendukung tercapainya pelaksanaan pembelajaran diferensiasi yang efektif di kelas. Contohnya, nilai guru penggerak, yakni mandiri, kolaboratif, inovatif, berpihak kepada siswa, dan reflektif tentunya akan sangat mendukung terlaksananya pembelajaran berdiferensiasi.

c. Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Salah satu kegiatan yang bisa mendukung tercapainya visi guru penggerak tentang siswa impian adalah dengan melaksanakan pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran ini bisa mengoptimalkan potensi siswa yang berbeda-beda sehingga mereka bisa berhasil dalam pembelajaran.

d. Pembelajaran berdiferensiasi, kaitannya dengan Modul 1.4 Budaya Positif

Pembelajaran berdiferensiasi bisa berhasil jika didalamnya dilaksanakan asas budaya positif. Adanya kesepakatan dan nilai disiplin positif akan membuat pembelajaran bisa berjalan secara aman, nyaman, dan berpihak kepada siswa.

Berikut contoh tugas 2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak dalam bentuk video.

Itulah tugas 2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "2.1.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak"