Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Contoh Teks Pidato Berbagai Tema: Kebersihan, Narkoba, Pendidikan, Pembulian, dan Lain-Lain

10 contoh pidato dengan berbagai tema

Jika kamu sedang mencari contoh teks pidato, postingan 10 Contoh Teks Pidato Berbagai Tema: Kebersihan, Narkoba, Pendidikan, Pembulian, dan Lain-Lain ini tentunya sangat tepat untukmu. 

Ada kalanya seseorang ditunjuk untuk berpidato. Entah itu, untuk tugas sekolah, mengisi acara, amanat upacara, atau kegiatan lainnya. Terkadang, seseorang yang akan berpidato bingung dengan tema atau topik yang akan disampaikan. 10 Contoh teks pidato berbagai tema ini bisa membantu memberi inspirasi dalam persiapan berpidato. 

Ada banyak tema yang bisa dijadikan bahan pidato. Ada tema pendidikan, lingkungan, kesehatan, politik, dan lain-lain. Inti dari pidato adalah pesan yang disampaikan bisa diterima oleh pendengar. Untuk itu, tema yang diambil diharap sesuai dengan situasi, kondisi, dan kemampuan para pendengar. 

Berikut adalah 10 contoh teks pidato dengan berbagai tema.

1. Contoh teks pidato tentang narkoba

Assalamuaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat kepala …. (isi nama sekolah)

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru dan Karyawan …. (isi nama sekolah)

dan teman-temanku yang saya sayangi.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan karunia-Nya kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di tempat ini dalam keadaan sehat dan tentunya bahagia. 

Hadirin yang saya hormati,

Izinkanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato singkat saya tentang narkoba, yakni mari jauhi narkoba. 

Narkoba adalah akronim dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Dari artinya saja, yakni obat terlarang, otomatis bisa kita pahami bahwa narkoba dilarang dikonsumsi secara bebas oleh masyarakat. Jika ada orang yang mengonsumsi narkoba secara bebas, dapat dikatakan hal itu adalah penyalahgunaan narkoba.

Tak dapat dimungkiri bahwa sekarang penyalahgunaan narkoba sangat marak di masyarakat. Tidak hanya orang dewasa yang menyalahgunakan narkoba, tetapi kini banyak remaja yang sudah bermain-main dengan narkoba.

Saya pernah membaca sebuah berita bahwa ada pelajar yang sudah kecanduan narkoba. Ada juga pelajar yang tega membohongi orang tuanya dengan cara menggunakan uang sekolah untuk membeli narkoba.

Mengapa narkoba dilarang dikonsumsi secara bebas? Ya, karena narkoba bisa membuat kecanduan dan berakibat negatif bagi tubuh. Dampaknya di antaranya adalah menurunnya kesehatan mental dan psikologis, seperti depresi, rasa cemas, dan skizofrenia. Tak jarang, ada yang overdosis sehingga berakhir dengan mengembuskan napas terakhir alias meninggal.

Sungguh mengerikan dampak penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, dengan ini saya mengajak, mari jauhi narkoba sejak dini. Jangan biarkan diri kita terjebak dalam lingkaran bahaya narkoba. 

Hadirin yang saya hormati,

Mungkin hanya inilah yang dapat saya sampaikan. Semoga pidato singkat tentang narkoba ini bisa bermanfaat dan menghindarkan diri kita dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba. Jika ada salah kata, mohon dimaafkan. Sekali lagi, mari jauhi narkoba.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh teks pidato tentang hidup rukun dan damai

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Saudara-saudara yang saya hormati,

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan nikmat dan karunia sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir di tempat ini. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan diberi kelancaran serta keberkahan terhadap apa yang sudah, sedang, dan yang akan kita laksanakan.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagai makhluk sosial, seseorang tidak bisa hidup sendiri. Setiap orang harus selalu berhubungan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. Hanya saja, kadang kala dalam berhubungan bermasyarakat timbul suatu masalah hingga menimbulkan perselisihan, permusuhan, hingga perpecahan. 

Tentunya kita menginginkan hidup rukun dan damai di masyarakat. Jikapun ada masalah, jangan sampai masalah tersebut menjadi besar dan menimbulkan permusuhan. Ada beberapa hal yang bisa lakukan agar tercipta masyarakat yang hidup rukun dan damai.

Salah satu untuk mewujudkan hidup rukun dan damai adalah dengan membiasakan sikap saling menghormati dan menghargai.  Dengan sikap ini, seseorang yang sedang bermasalah dengan orang lain akan menyelesaikan masalah dengan baik-baik karena sudah didasari untuk bersikap menghormati dan menghargai. 

Selanjutnya, hidup rukun dan damai dapat diwujudkan dengan membiasakan kegiatan yang memupuk kerja sama dan gotong royong sehingga akan muncul persatuan di tengah banyak perbedaan. Entah itu perbedaan suku, ras, agama, jabatan, dan lain-lain. Kegiatan yang bisa dilakukan untuk memupuk kerja sama dan gotong royong di antaranya gotong royong membersihkan lingkungan, peringatan hari besar, pertemuan rutin warga, dan lain-lain. 

Dalam mewujudkan hidup rukun dan damai, kita juga harus berusaha untuk menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan konflik. Tentunya kita tidak bisa menghindari masalah. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapi masalah agar tidak menjadi konflik di kemudian hari. 

Hadirin yang saya hormati. Sekian pidato tentang hidup rukun dan damai yang dapat saya sampaikan. Semoga kita dapat selalu menjaga kerukunan dan kedamaian di lingkungan masyarakat sekitar kita. Jika dalam penyampaian pidato, saya mengucapkan kata-kata yang kurang berkenan di hati, mohon untuk dimaafkan. 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

3. Contoh teks pidato tentang pembulian di sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan (isi nama sekolah)

Dan yang sayangi, siswa (isi nama sekolah) 

Segala puji syukur marilah kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir bersama di tempat ini. Tak lupa saya mendoakan kepada semua yang hadir di sini semoga selalu diberi kesehatan, keberkahan, dan kelancaran dalam menyelesaikan setiap tugasnya. 

Di kesempatan ini saya akan menyampaikan tentang pembulian di sekolah. Sudah kita ketahui bahwa pembulian kerap terjadi di lingkungan sekolah. Pembulian adalah masalah yang serius dan tidak boleh dianggap remeh. Pembulian menjadi tindakan yang tidak menghormati dan tidak dapat diterima dalam lingkungan sekolah. Dalam pidato ini, saya ingin memberikan beberapa saran untuk menghindari pembulian di sekolah.

Pertama, kita harus memahami bahwa pembulian adalah tindakan yang tidak dapat diterima. Setiap siswa harus memahami bahwa pembulian merupakan tindakan yang tidak menghormati dan merugikan orang lain. Oleh karena itu, setiap siswa harus berusaha untuk tidak melakukan pembulian dan juga tidak menjadi korban dari pembulian.

Kedua, kita harus melatih empati. Empati adalah kemampuan untuk mengenali perasaan orang lain dan berusaha untuk memahami mereka. Siswa yang memiliki empati yang baik akan lebih cenderung untuk tidak melakukan pembulian atau menjadi korban pembulian. Oleh karena itu, setiap siswa harus berusaha untuk mengembangkan empati dengan baik.

Ketiga, kita harus berani untuk mengatakan tidak untuk tindakan yang mengarah ke pembulian. Buli sering terjadi karena korban tidak berani untuk mengatakan tidak. Korban hanya pasrah saja dan sering terjadi berulang-ulang. Oleh karena itu, setiap siswa harus berani untuk mengatakan tidak pada tindakan pembulian dan juga berani untuk melaporkan jika menjadi korban.

Keempat, kita harus bekerja sama dengan orang lain. Pembulian tidak dapat diatasi sendiri. Kita harus bekerja sama dengan orang lain untuk mengatasinya. Setiap siswa harus berusaha untuk bekerja sama dengan guru, orang tua, dan teman-teman untuk mengatasi masalah pembulian.

Dalam pidato ini, saya ingatkan kepada semua siswa untuk selalu mengingat saran ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin, dengan menerapkan saran-saran ini, semua siswa akan dapat menghindari pembulian di sekolah dan menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan aman bagi warga sekolah.

Mungkin ini yang hanya dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata atau perkataan yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman. Sekian. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh teks pidato tentang narkoba dan remaja

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru Bahasa Indonesia

dan yang saya sayangi teman-temanku yang hadir di kelas ini.

Puji syukur marilah kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah. Karena atas limpahan nikmat dan karunia-Nya, pada kesempatan ini kita bisa hadir di kelas kita tercinta ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang berbahagia,

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memberikan pidato dengan tema narkoba.

Sudah kita ketahui bahwa narkoba adalah barang terlarang dan merugikan jika digunakan secara ilegal. Korban narkoba tidak hanya para orang dewasa. Banyak remaja yang sudah menjadi korban narkoba.

Belum lama ini, saya pernah membaca berita di internet yang isinya siswa SMP sudah menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Mirisnya, mereka menggunakan uang SPP atau uang kegiatan sekolah untuk membeli narkoba.

Tentunya, sikap remaja seperti ini sangat disayangkan. Kesalahannya berlipat-lipat. Dia sudah berbohong dan hasil kebohongannya digunakan untuk mendapatkan narkoba.

Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang berbahagia,

Penyalahgunaan narkoba apalagi di kalangan remaja memiliki dampak yang sangat buruk. Bisa dikatakan, narkoba adalah nikmat sesaat yang akan mendatangkan kesengsaraan selamanya.

Penyalahgunaan narkoba bisa berefek fatal bagi kesehatan remaja. Tidak hanya kesehatan fisik, narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan mental.

Pasalnya, narkoba mengandung zat adiktif yang bisa mengerogoti saraf penggunanya. Apalagi jika mereka sudah kecanduan, pemulihannya akan sangat sulit.

Sebagai generasi muda penerus masa depan, marilah kita kompak untuk menggemakan gerakan anti-narkoba. Narkoba hanya membuat masa depan suram. Narkoba hanya menjadi pintu yang akan memasukkan kita ke dalam jurang kehancuran.

Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang berbahagia,

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai  penyalahgunaan narkoba oleh remaja. Sekali lagi saya menekankan agar kita menjauhi narkoba sejauh-jauhnya.

Cukup sekian pidato dari saya, jika ada salah kata mohon dimaafkan. Salam sehat dan tetap jaga diri jauhi narkoba.

Wassalamualaikum wr. wb.

5. Contoh teks pidato tentang larangan membuang sampah sembarangan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru

Dan tentunya teman-teman yang sangat saya sayangi.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas limpahan nikmatnya, kita masih bisa diberi kekuatan dan kesehatan untuk hadir bersama di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati, 

Persoalan sampah adalah masalah yang tidak akan ada habisnya. Setiap hari orang-orang menghasilkan sampah. Sampah tidak bisa hilang dari kehidupan kita. 

Banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat dalam menangani sampah. Akibatnya, sampah menjadi masalah yang cukup serius. 

Salah satu contoh ketidaksadaran masyarakat dalam menangani sampah adalah masih seringnya orang-orang membuang sampah sembarangan. Sungai yang seharusnya dijaga kebersihannya, kadang malah dijadikan tempat sampah yang “tepat” bagi mereka. Taman yang seharusnya dijaga kebersihannya dan keindahannya, kadang harus menjadi taman penuh sampah karena ketidaksadaran masyarakat dalam membuang sampah.

Sampah harus dibuang ke tempat yang tepat agar tidak menjadi masalah. Tempat sampah jangan hanya untuk dipandang, atau bahkan hanya dijadikan hiasan. Tempat sampah harus menjadi tempat untuk sampah. 

Kesadaran masyarakat dalam menangani sampah bisa diwujudkan. Hal itu bisa dimulai dari kita sendiri. Mari kita buang sampah di tempatnya. Sesekali mari kita juga mengingatkan teman kita atau orang di sekitar kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah. 

Hadirin yang saya hormati,  

Demikian pidato saya dengan topik jangan buang sampah sembarangan. Semoga dengan pidato singkat ini bisa menambah kesadaran kita tentang pentingnya membuang sampah di tempatnya. Sekian pidato singkat saya, mohon maaf jika ada tutur kata yang salah atau kurang berkenan di hati hadirin. Terima kasih.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh teks pidato tentang lingkungan bersih di sekolah

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Dan yang sayangi, teman-teman yang berbahagia.

Segala puji syukur mari kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir bersama di tempat ini.

Hadirin yang berbahagia, 

Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan aspirasi saya mengenai kebersihan di lingkungan sekolah ini. Saya sangat bangga bisa sekolah di sini. Selain mudah diakses dengan segala jenis alat transportasi, sekolah ini juga memiliki lingkungan yang asri. Selain bersih, sekolah ini juga pantas disebut sekolah hijau. 

Kebersihan lingkungan sekolah ini sangat baik. Hanya saja, saya cukup sering menjumpai siswa yang membuang sampah sembarangan.

Mungkin siswa itu memiliki pandangan bahwa sekolah ini sudah ada petugas kebersihannya yang akan membersihkan lingkungan sekolah setiap hari. Namun, tentunya pendapat seperti ini tidak boleh dibenarkan. 

Kewajiban menjaga kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya dilakukan oleh petugas kebersihan saja. Semua warga sekolah, tanpa terkecuali wajib menjaga kebersihan sekolah. Siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan adalah warga sekolah yang memiliki kewajiban menjaga kebersihan sekolah. 

Untuk itu, saya mengajak teman-teman untuk peduli kebersihan lingkungan sekolah. Jika sekiranya teman-teman ingin membuang bungkus makanan, tetapi di sekitar tidak ada tempat sampah atau letak tempat sampah agak jauh, kita bisa membawa terlebih dulu sampah itu. Bisa dipegang atau kalau tidak kotor, bungkus tersebut bisa kita simpan di kantong. Setelah mendapat tempat sampah, kita pun bisa membuangnya. 

Selain menghentikan perilaku buang sampah sembarangan, kita sebagai siswa juga harus menyadari pentingnya piket kebersihan kelas. Kadang saya menjumpai siswa yang tidak peduli jadwal piket kelas dan menggantungkan semuanya kepada teman lainnya. Tentunya sikap seperti ini harus kita hindari. Kita harus sadar bahwa piket kebersihan kelas adalah tanggung jawab kita bersama. Berawal dari melaksanakan tanggung jawab yang kecil ini, nanti ke depannya kita akan terbiasa untuk melaksanakan tanggung jawab yang lebih besar lagi. 

Selain kebersihan, kita juga harus memiliki kesadaran untuk merawat segala jenis tanaman di sekolah ini. Jika melihat tanaman yang layu, kita tidak perlu menunggu petugas sekolah yang akan menyiramnya. Kita bisa mengambil air sendiri dan menyiramnya. Tindakan ini selain untuk merawat lingkungan sekolah juga bisa saya katakan kita sudah beramal dan bersedekah terhadap makhluk hidup lain. Selain itu, kita bisa juga meringankan pekerjaan petugas kebersihan di sekolah kita. 

Nah, jadi teman-teman, marilah meningkatkan kesadaran pada diri kita masing-masing akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Selain menjaga kebersihan, kita juga harus menyayangi dan merawat tanaman-tanaman yang ada di sekolah ini. Tentunya, semua ini untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan hijau. 

Mungkin ini yang hanya dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata atau perkataan yang kurang berkenan di hati, saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman. Sekian. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

7. Contoh teks pidato tentang peraturan sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Dan yang sayangi, teman-teman yang berbahagia.

Puji syukur marilah kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di tempat ini. 

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pendapat saya tentang aturan sekolah yang perlu dikritisi. Pada dasarnya aturan itu dibuat adalah untuk menciptakan suatu kondisi yang ideal di suatu tempat. Aturan dibuat untuk kita taati. 

Aturan yang diterapkan di sekolah ini sudah sangat baik. Hanya saja, ada beberapa aturan yang perlu kami kritisi. Utamanya adalah adanya aturan-aturan tidak tertulis di sekolah ini.

Ada pertanyaan besar bagi kami selaku siswa, yakni jika ada di antara kami yang melanggar suatu aturan sekolah, terkadang ada Bapak/Ibu Guru yang memarahi atas tindakan pelanggaran dari kami. Padahal, di aturan tertulis tidak ada sanksi tentang tindakan memarahi siswa yang melanggar. 

Terkadang siswa pelanggar aturan hanya mendapat kemarahan saja, padahal di aturan tertulis siswa pelanggar mendapatkan sanksi membuat surat pernyataan. Realitanya, siswa tersebut tidak disuruh membuat surat pernyataan, tetapi hanya dimarahi saja. Tentunya ini bisa menjadi evaluasi ke depannya agar tercipta keadilan bagi semua warga sekolah. 

Aturan sekolah lainnya yang perlu dikritisi adalah penggunaan kaus kaki di sekolah. Di aturan tertulis, kami wajib memakai kaus kaki hitam atau putih di hari-hari tertentu. Misalnya hari Senin kami diwajibkan untuk memakai kaus kaki putih. 

Pada kenyataannya, saat upacara teman kami ada yang disuruh maju menempati barisan pelanggar aturan walaupun dia memakai kaus kaki putih. Alasannya adalah kaus kaki tersebut tidak ada logo sekolah. Tentunya ini adalah aturan yang perlu dikritisi karena secara tertulis tidak disebutkan bahwa siswa harus menggunakan kaus kaki berlogo sekolah.

Kaus kaki yang berlogo sekolah hanya bisa didapatkan di sekolah. Kami yang sudah sedikit sudah belajar tentang ekonomi beranggapan bahwa ini adalah salah satu contoh praktik monopoli. 

Itulah beberapa pendapat saya tentang aturan sekolah yang perlu dikritisi. Cukup sekian pidato yang saya sampaikan. Jika ada salah kata atau perkataan yang menyinggung hadirin, saya mohon maaf. Terima kasih. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

8. Contoh teks pidato tentang penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Dan yang sayangi, teman-teman yang berbahagia.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di tempat ini. 

Saya mengucapkan terima kasih karena saya sudah diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat saya mengenai konsumsi BBM. Hal yang menjadi pertanyaan adalah “Apakah kita sudah menggunakan BBM secara hemat?. Atau justru sebaliknya, kita boros dalam menggunakan BBM. Tentunya yang dapat menjawab pertanyaan itu adalah diri kita sendiri. 

Hadirin yang berbahagia,

Kita paham bahwa BBM yang kita gunakan sehari-hari, seperti pertalite, pertamax, dan solar berbahan utama minyak bumi. Sementara itu, kita juga tahu bahwa minyak bumi sifatnya terbatas. Maka dari itu, penggunaan BBM harus dihemat. 

Penggunaan BBM, mau hemat atau boros tergantung pada diri kita sendiri. Kita sebagai pelajar bisa menjadi tokoh yang ambil bagian dalam upaya penghematan BBM. 

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar hemat BBM. Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar dalam menghemat BBM. 

Cara yang pertama untuk menghemat BBM adalah mulai membiasakan menggunakan kendaraan umum. Memakai kendaraan umum memang agak ribet. Namun, ada banyak manfaat yang kita peroleh. Selain bisa menunjang gerakan hemat BBM, membiasakan menggunakan kendaraan umum bisa membuat kita berlatih disiplin. Kita perlu menyesuaikan jadwal keberangkatan kita ke sekolah dengan jadwal kendaraan umum yang menuju sekolah. Selain itu, di kendaraan umum kita bisa menambah teman dan bisa mengenali keragaman karakter masyarakat. Tentunya hal ini dapat memperkaya pengalaman sosial kita. 

Cara yang kedua dalam menghemat BBM adalah menggunakan alat transportasi yang bebas BBM. Jika jarak rumah kita dengan sekolah agak dekat, kita bisa menggunakan sepeda. Selain hemat BBM, dengan bersepeda kita juga sekaligus berolahraga. Apalagi jika jarak rumah dan sekolah itu dekat, kita bisa pergi ke sekolah dengan jalan kaki. Dengan jalan kaki, kita bisa hemat BBM sekaligus bisa bertegur sapa dengan tetangga. Namun, kalau jarak rumah dan sekolah sangat jauh, saya sama sekali tidak menyarankan untuk jalan kaki.

Cara yang ketiga yang dapat kita lakukan untuk mendukung gerakan hemat BBM adalah mengampanyekan gerakan hemat BBM. Kita bisa membuat poster kemudian dipasang di tempat-tempat umum. Cara yang paling praktis dan hemat adalah dengan membuat tulisan atau gambar yang isinya tentang cara-cara menghemat BBM, lalu kita bagikan melalui akun media sosial kita.  Jika seseorang terpengaruh dengan postingan kita tentang cara menghemat BBM dan orang tersebut melakukannya, maka kita juga turut andil dalam pelaksanaan hemat BBM. 

Hadirin yang berbahagia,

Demikian pidato saya mengenai cara menghemat konsumsi BBM. Mau hemat atau boros, hal tersebut tergantung perilaku kita dalam menggunakan BBM. Mari kita niatkan dalam diri kita untuk menggunakan BBM secara bijak dan hemat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman. Saya mohon maaf jika selama menyampaikan pidato ada kekeliruan atau salah kata. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

9. Contoh teks pidato tentang perpisahan sekolah

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

Yang saya hormati:

…. (isi dengan nama koordinator wilayah) selaku Koordinator Wilayah Kecamatan ….

…. (isi dengan nama pengawas) selaku Pengawas Gugus ….

…. (isi dengan nama kepala sekolah) selaku Kepala SD ….

Bapak/Ibu tamu undangan

Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SD ….

Bapak/Ibu wali siswa kelas VI,

dan kawan-kawan siswa SD …. angkatan ke- … yang saya banggakan.

 Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul bersama dalam acara pelepasan siswa kelas VI angkatan ke-… ini. Tak lupa, shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita, rasul kita, nabi Muhammad Saw. yang kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumul hisab nanti.

Hadirin yang saya hormati,

Saya di sini mewakili siswa kelas VI mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru dan karyawan yang telah mendidik kami dari kelas 1 sampai kelas 6. Akhlak dan ilmu yang sudah Bapak/Ibu berikan tentu akan menjadi modal besar bagi kami untuk menuju masa depan yang cerah. Kami sadar selama ini banyak tingkah laku dan perilaku kami yang mungkin kurang berkenan di hati Bapak/Ibu. Untuk itu, saya dan teman-teman menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan kami. Selain itu, kami berharap Bapak/Ibu Guru dan Karyawan senantiasa diberi kesehatan yang baik, kebahagian, keberkahan, dan tentunya umur panjang. Aamiin.

Terima kasih juga untuk Ayah dan Ibu kami, yang selama ini telah mendidik dan membimbing kami. Tanpa Ayah dan Ibu, kami tidak akan bisa jadi apa-apa. Mungkin selama ini kami belum bisa membuat bangga Ayah dan Ibu. Kami mohon maaf jika kami kadang membuat Ayah dan Ibu marah dan kecewa. Namun, insya Allah atas doa restu Ayah dan Ibu kami akan menjadi pribadi-pribadi yang lebih baik lagi.

Untuk teman-teman angkatan ke- …, perjuangan kita belumlah berakhir. Masih banyak hal yang harus kita pelajari di luar sana. Saya berharap teman-teman bisa mendapat sekolah atau pendidikan yang terbaik seusai kita lulus ini.

Mari kita kembangkan bakat dan potensi dalam diri kita agar bisa bermanfaat lebih luas. Mari kita jaga selalu nama baik sekolah kita di mana pun kita berada. Terakhir, jika ada salah di antara kita, marilah saling memaafkan agar saat lulus dari SD ini, kita juga lulus secara lahir dan batin.

Sementara itu, untuk adik-adik kelas tercinta. Perjuangan masih panjang. Tetaplah semangat dalam menimba ilmu dan selalu patuhi perintah orang tua dan guru. Semoga masa depan cerah menyambut kalian.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Contoh teks pidato tentang bijak bermedia sosial

Assalamualaikum wr.wb.

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati Bapak, Ibu Guru, dan Karyawan serta teman-temanku yang saya sayangi dan banggakan.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Allah swt. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada pagi hari ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat dan tentunya dalam keadaan Bahagia.

Hadirin yang berbahagia, sudah hampir 2 tahun pandemi Covid-19 melanda negeri ini. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan di dunia ini. Banyak bidang yang terdampak karena adanya pandemi, mulai dari ekonomi, pariwisata, hukum, transportasi, sampai dengan pendidikan.

Di bidang pendidikan, siswa harus belajar dari rumah secara daring. Banyak yang terkendala tidak punya HP, tidak ada kuota, tidak ada jaringan, dan lain-lain. Namun, ada juga yang punya HP, ada kuota, ada jaringan, tetapi tidak digunakan untuk belajar. Justru malah digunakan untuk scroll media sosial dan nge-game seharian sambil rebahan. 

Ingat ya kawan-kawan, nge-game boleh-boleh saja, tetapi ingat juga belajar

Scroll-scroll media sosial sambil rebahan boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai lupa beribadah dan bantu orang tua

Posting video di IG, Fb, atau Tiktok boleh-boleh saja, tetapi ingat selalu jaga etika dan adab kita sebagai manusia

Youtube-an boleh-boleh saja, asal itu mendatangkan manfaat untuk kita.

Pada masa pandemi, internet semakin dekat dengan masyarakat. Banyak siswa yang sudah punya HP sendiri. Nah, HP dan internet itu seperti pisau. Pisau itu bisa untuk melukai atau menodong orang. Namun, pisau itu juga banyak manfaatnya, untuk mengiris sayuran, buah, potong kue, dan lain-lain. Begitu pula dengan HP dan internet, kita harus memanfaatkannya secara bijak. Kita harus mendapatkan hal-hal yang positif dari HP dan internet. Jangan justru gara-gara HP dan internet kita mendapatkan kerugian dan berdampak buruk bagi masa depan kita.

Nah, kawan-kawan, Alhamdulillah akhir-akhir ini pandemi sudah berangsur membaik. Sekolah tatap muka terbatas sudah dilaksanakan. Pesan saya, yuk kita tetap jaga protokol kesehatan. Tidak kalah penting adalah mari kita bijak dalam menggunakan HP dan internet yang kita miliki. Fasilitas HP dan internet harus mendatangkan hal positif untuk kita, bukan malah sebaliknya.

Mungkin cukup sekian pidato dari saya. Nenek-nenek naik Pespa ke kota, naiknya sambil makan ikan. Jika ada salah kata, saya mohon untuk dimaafkan.

Wassalamualaikum wr.wb.

Itulah 10 Contoh Teks Pidato Berbagai Tema: Kebersihan, Narkoba, Pendidikan, Pembulian, dan Lain-Lain. Semoga contoh-contoh teks pidato di postingan ini bisa bermanfaat. Terima kasih. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "10 Contoh Teks Pidato Berbagai Tema: Kebersihan, Narkoba, Pendidikan, Pembulian, dan Lain-Lain"