Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Unduh EBI atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)



Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) merupakan edisi terbaru dari Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Oleh sebab itu, ketika muncul kali pertama, di sampul sudah tertera edisi keempat. Pedoman Umum EBI ini dikeluarkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tanggal 26 November 2016. Dengan adanya EBI terbaru ini, maka EYD dinyatakan sudah tidak berlaku lagi. Walaupun begitu, isi dari EBI tidak jauh berbeda dengan EYD edisi tiga.


EBI edisi terbaru ini bisa menjadi pedoman dasar bagi semua orang untuk menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Tak dimungkiri, pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat orang lebih leluasa menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi. Di sinilah, terkadang orang melakukan kesalahan dalam berbahasa. Karena seringnya penggunaan bahasa yang salah, hal itu sudah menjadi kebiasaan dan dianggap sebagai sebuah kebenaran. Untuk itu, perlu adanya referensi tentang aturan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama dalam teknis penulisan. PUEBI bisa menjadi rujukan dasar bagi semua lapisan masyarakat tentang dasar aturan penggunaan bahasa Indonesia.

Silakan unduh EBI yang terbaru ataupun EYD (edisi lama dari EBI) DI SINI.
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Unduh EBI atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)"

Berlangganan via Email