Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tugas Online Bahasa Indonesia Kelas VI



Pada postingan kali ini DapurImajinasi akan menyajikan Tugas Online Bahasa Indonesia Kelas VI. Di postingan tugas online ini, terdapat beberapa materi bahasa Indonesia yang disajikan. Ada materi tentang jenis paragraf, ungkapan, kata baku, kata bentukan, unsur intrinsik cerita, dan lain-lain. Di sini akan dibagikan soal secara tertulis dan secara online. Teman-teman dapat mengerjakan langsung lewat soal online dengan mengisi identitas secara lengkap dan mengisi jawaban yang ada. Untuk mengerjakan soal online ada aturannya, yakni jawaban ditulis dengan huruf kecil semua dan sesuai petunjuk yang ada di soal.

Soal-soal bahasa Indonesia kelas 6


1. Sayuran mengandung vitamin yang penting bagi tubuh. Sayuran juga mengandung mineral untuk pengatur sistem tubuh. Sayuran memang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan memakan rutin sayuran, kebutuhan serat kita juga akan terpenuhi.
Berdasarkan letak kalimat utamanya paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

2. Buah ini sangat masam jika belum matang. Buah ini sering dijadikan manisan. Bijinya seperti berakar. Daging buahnya sangat lezat jika dibuat rujak. Ya, buah ini adalah buah kedondong. 
Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

3. Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan alam itu di antaranya adalah laut yang kaya akan ikan dan terumbu karang. Tidak hanya itu, hutan dan isinya sangat bermanfaat untuk rakyat Indonesia. Barang tambang juga ikut andil yang besar dalam menyumbang devisa negara.
Berdasarkan letak kalimat utama, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

4. Suatu hari, seekor rusa jantan mengunjungi seekor domba. Ia meminta agar domba tersebut meminjamkan segenggam terigu. Sang Domba kurang yakin terhadap kejujuran rusa jantan. Sang Domba pun menguji kejujuran si rusa jantan.
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

5. Aku pernah ke Pantai Nampu. Pantai ini berada di Wonogiri. Pantai yang berbatasan dengan Pacitan ini memiliki pemandangan yang indah. Pasir putihnya indah memanjakan mata. Saat air laut surut, pengunjung pantai ini bisa bermain di antara karang laut.
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

6. Generasi sekarang adalah generasi ponsel pintar. Semua menjadi mudah dengan menggunakan ponsel pintar. Saat mengerjakan soal semacam ini, pasti banyak yang menggunakan ponsel pintar. Namun, terkadang ponsel disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Untuk itu, mari kita gunakan ponsel pintar untuk hal-hal yang bermanfaat.
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ... .

7. Hal yang kali pertama dilakukan ketika kita terkena luka adalah bersihkan luka tersebut dengan air bersih. Akan lebih baik lagi jika air bersih tersebut diberi antiseptik. Setelah itu, berilah obat merah pada luka tersebut. Agar tidak dimasuki kuman, balut luka tersebut dengan perban atau plester steril.
Berdasarkan isinya, jenis paragraf tersebut adalah paragraf ... .

8. Persis Solo akan bertanding dengan Barcelona. Banyak orang yang yang meragukan kemampuan Persis Solo bisa menang, bahkan seri pun tidak diperkirakan. Namun, saat hari pertandingan semua orang terkejut. Persis Solo mengalahkan Barcelona dengan skor 1 – 0. 
Ungkapan yang tepat untuk Persis Solo adalah ... .

9. Kemarin, di halaman SD Tamirul Islam (ada) kegiatan bakti sosial.
Kata "ada" seharusnya ditulis ... .

10. Anak itu dituduh bersalah, padahal kenyataannya ia tidak melakukan perbuatan yang dituduhkan.
Ungkapan yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah ... .

11. Setelah membeli obat dari apotek, ia menerima kwitansi dari petugas. Ia pun segera minum obat yang dibelinya sesuai nasihat dokter. Kemarin, ia didiagnosis menderita migren.
Kata yang tidak baku dalam bacaan tersebut adalah ... .

12. Ia segera mengambil sehelai pedang yang ia simpan di belakang lemari.
Kata yang salah dalam kalimat tersebut adalah ... .

13. Jakarta lebih padat setelah musim mudik lebaran berakhir karena orang desa banyak yang pindah mencari pekerjaan ke kota tersebut.
Istilah yang artinya perpindahan penduduk dari desa ke kota disebut ... .

14. Ani lebih gemuk ... Ina.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ... .

15. Ketika Kijang Kencana mengentak-entakkan kakinya ke lantai istana, muncullah batangan-batangan emas seperti yang diminta Raja. Namun, sang Raja tidak pernah puas dengan emas yang dihasilkan kijang. Ia tetap mencambuk kijang itu. Kijang Kencana pun marah dan mengubah semua emasnya menjadi lumpur.
Latar tempat cerita tersebut adalah di dalam ... .

16. Tadi malam, ia baru saja dimarahi oleh ayahnya. Ia dimarahi karena kemarin sore ia telah membohongi ibunya. Pagi ini ia merasa malas sekali untuk berangkat sekolah. Namun, karena siang nanti ada janji dengan temannya, ia pun segera beranjak mempersiapkan diri berangkat sekolah. | Latar waktu cerita tersebut adalah di waktu ... hari.

17. Apakah kamu tahu? Sayuran hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizinya seperti vitamin, zat besi, dan serat sangat diperlukan tubuh kita. Vitamin bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Zat besi bermanfaat membantu proses pembentukan sel darah merah. Sementara itu, serat sayuran berguna untuk melancarkan pencernaan. Zat-zat gizi tersebut di antaranya terdapat pada bayam, kangkung, brokoli, dan daun singkong.
Kalimat utama paragraf tersebut terletak di kalimat ke ... 

18. Kedua petani itu pulang. Sampai di rumah, mereka mendapati anaknya masih di ayunan. Mereka bersyukur karena bayinya selamat. Mereka memandangi sekitar ruangan rumahnya. Mereka terkejut karena ada bangkai ular yang sangat besar berlumuran darah tergeletak di bawah ayunan. Sadarlah keduanya, si Loreng telah berjasa menyelamatkan anaknya dari serangan ular tersebut.
Latar tempat tersebut adalah di ... .

19. Pak Guru sedang (tunjuk) kata-kata yang salah.
Kata "tunjuk" seharusnya ditulis ... .

20. Pertandingan sepak bola antara kesebelasan Arema dengan Persib segera dimulai. Wasit segera memanggil kedua kapten kesebelasan. Kedua kapten diberikan arahan. Dengan wasit berjalan sportif mengharapkan pertandingan.
Kalimat terakhir dalam paragraf tersebut salah tata kalimatnya, seharusnya ditulis ... . 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

1 komentar untuk "Tugas Online Bahasa Indonesia Kelas VI"

Berlangganan via Email