Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018



 Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018

Sesuai Kisi-Kisi


Manfaat Penanaman Mangrove
Mangrove merupakan jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat. Mangrove dapat memerangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa ke laut. Akar pohon mangrove dapat menjaga pinggiran pantai dari bahaya erosi. Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak. Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi masalah abrasi.
Hutan mangrove memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi. Secara fungsi fisik, mangrove tak hanya melindungi pantai dari erosi saja, melainkan juga menjaga garis pantai agar tetap stabil dan mengurangi risiko akibat dampak tsunami. Fungsi mangrove secara biologis, yaitu sebagai habitat organisme biota laut yang hidup di padang lamun atau terumbu karang. Selain itu, mangrove berperan sebagai sumber keanekaragaman bagi hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Dalam hal sosial ekonomi, mangrove berfungsi sebagai sumber mata pencarian, tempat wisata alam, serta objek pendidikan dan penelitian.

      1.       Kalimat utama pada paragraf pertama adalah ...
a.       Mangrove merupakan jenis tanaman yang memiliki sistem perakaran yang kompleks, rapat, dan lebat.
b.      Mangrove dapat memerangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa ke laut.
c.   Selain itu, mangrove juga ikut memperbaiki buruknya ekosistem di wilayah pantai dan tambak.
d.  Dengan demikian, menanam mangrove di sepanjang garis pantai merupakan upaya mengatasi masalah abrasi.
      2.       Ide pokok pada paragraf kedua adalah ...
a.       Mangrove memiliki fungsi sebagai habitat organisme biota laut.
b.      Fungsi mangrove meliputi fungsi fisik, fungsi biologis, dan fungsi sosial ekonomi.
c.       Mangrove sebagai sumber ekonomi warga.
d.      Mangrove dapat dijadikan tempat wisata.
      3.       Simpulan isi paragraf pertama adalah ...
a.       Mangrove merupakan jenis tanaman bakau.
b.      Mangrove dapat mencegah abrasi.
c.       Mangrove sebagai tempat wisata.
d.      Mangrove merupakan habitat hidup biota laut.
      4.       Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah ...
a.       Mangrove dapat merangkap sisa-sisa bahan organik.
b.      Mangrove dapat mencegah abrasi.
c.       Mangrove sebagai habitat organisme biota laut.
d.      Mangrove dapat mencegah kerusakan ekosistem laut.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Indonesia memiliki kekayaan yang begitu melimpah. Tidak hanya suku bangsa yang beraneka ragam, tetapi juga kekayaan sumber daya alam. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan manusia. Tak heran jika mata pencarian di berbagai daerah beragam.
      5.       Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf adalah ...
a.       Apa yang menyebabkan mata pencarian di berbagai daerah di Indonesia beragam?
b.      Kekayaan alam apa yang paling banyak dimiliki oleh bangsa Indonesia?
c.       Bagaimana Indonesia dapat memiliki kekayaan alam yang melimpah?
d.      Apa saja mata pencarian bangsa Indonesia?

(Baca juga: Unduh Kumpulan Soal US/M SD Kelas VI Lainnya )
      6.       Alasan mengapa beberapa daerah di Indonesia memiliki mata pencarian yang beragam adalah …
a.       Adanya banyak pulau di Indonesia sehingga mata pencarian penduduk beragam.
b.      Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah sehingga mata pencarian penduduk berbeda-beda.
c.       Setiap pulau di Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah sehingga mata pencarian penduduknya sama.
d.      Adanya kekayaan alam yang sama sehingga mata pencarian penduduknya satu jenis.
      7.       Bacalah teks berikut!
Acara tahun baru selalu dirayakan dengan meriah. Acara tahun baru tersebut biasanya diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggelar konser dan menyalakan kembang api. Banyak orang-orang yang datang ke lapangan untuk merayakan tahun baru bersama. Namun, kemeriahan tahun baru tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan. Akibatnya banyak sampah makanan dan minuman yang tertinggal setelah perayaan tahun baru tersebut.
Berdasarkan bacaan tersebut, penyebab banyaknya sampah yang tertinggal di lapangan adalah ...
a.       Pengunjung tidak membuang sampah saat meninggalkan lapangan.
b.      Pengunjung membawa makanan dan minuman sembari menunggu datangnya tahun baru.
c.       Pengunjung memeriahkan tahun baru dengan bernyanyi bersama saat konser.
d.      Petugas kebersihan lapangan tidak membersihkan sampah di lapangan karena libur.
      8.       Bacalah teks berikut!

Kolintang dan gambang merupakan alat musik tradisional yang sama-sama terbuat dari kayu dengan bentuk memanjang. Kolintang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara, sedangkan gambang berasal dari wilayah Jawa. Sekilas, kedua alat musik tradisional ini terlihat sama. Kolintang dan gambang dimainkan dengan cara dipukul. Jika kolintang dipukul, akan menghasilkan nada yang lebih bervariasi dan lebih lengkap daripada gambang. Kolintang memiliki tiga pemukul, sedangkan gambang hanya dua pemukul. Kolintang biasanya hanya digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional saat upacara adat atau sebagai musik iringan tari. Gambang pada umumnya dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, wayang, atau acara-acara adat.



Informasi penting yang tepat untuk melengkapi tabel terebut adalah ...
a.       (a) nama alat musik, (b) kolintang, (c) dipukul menggunakan dua alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara adat lainnya.
b.      (a) daerah asal, (b) kolintang, (c) dipukul menggunakan tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara adat lainnya.
c.       (a) ciri-ciri, (b) gambang, (c) dipukul menggunakan tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) dimainkan bersama dengan alat musik gamelan lainnya untuk mengiringi tari, pertunjukan wayang, atau acara-acara adat lainnya.
d.      (a) daerah asal, (b) gambang, (c) dipukul menggunakan tiga alat pemukul, (d) Jawa, dan (e) digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional saat upacara adat atau sbagai musik iringan tari.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!
Bunga kelelawar hitam termasuk tanaman umbi-umbian. Hal ini karena tanaman ini menyimpan cadangan makanan di akarnya. Cadangan makanan tersebut disebut umbi akar. Tanaman tersebut berkembang biak dengan rimpang atau biji. Selain itu, tanaman ini memiliki “sayap” dan “kumis”. Maka dari itu, bunga kelelawar hitam termasuk tanaman yang unik dan menarik sehingga harus dijaga kelestariannya.
      9.       Makna kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
a.       berbeda dengan yang lain
b.      memiliki ciri khas secara umum
c.       mirip dengan tanaman bunga lainnya
d.      memiliki persamaan dengan tanaman lain
  10.       Antonim dari kata dijaga pada paragraf tersebut adalah ....
a.       diawasi
b.      dipelihara
c.       dilindungi
d.      ditakacuhkan

(Baca juga:
20 Soal Menentukan Ungkapan atau Idiom Berdasarkan Cerita Ilustrasi)


  11.       Bacalah percakapan berikut!
Risha     : “Fan, kamu tahu tidak, kapan UTS akan dilaksanakan?”
Fani       : “Aduh, maaf Ris, aku kurang tahu. Coba kamu tanya Ina, mungkin ia lebih tahu.”
Ina         : “Ada apa teman-teman?”
Fani       : “Risha tanya, kapan UTS akan dilaksanakan?”
Ina     : “Oh, pelaksanaan UTS. Berdasarkan informasi di mading, UTS akan dilaksanakan bulan depan.”
Rishi      : “Wah, berarti sebentar lagi, ya!”
Topik percakapan tersebut adalah ….
a.       persiapan menjelang UTS
b.      rencana belajar menjelang UTS
c.       pemberitahuan pelaksanaan UTS
d.      pemberitahuan jadwal pelajaran di UTS
  12.       Perhatikan iklan berikut!
JUAL CEPAT
Video game PS2
Kondisi bagus, lengkap dus dan joystick
Hub. Reza
Tlp. 086345678
Kalimat yang sesuai dengan isi iklan tersebut adalah …
a.       Reza ingin menjual secara cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih bagus, serta dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, dapat menghubunginya di 086345678.
b.      Reza ingin menjual Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih bagus karena masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, dapat menghubungi istrinya di 086345678.
c.       Reza ingin menjual tidak cepat-cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut kurang begitu bagus karena masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, dapat menghubunginya di 086345678
d.      Reza ingin menjual secara cepat Video Game PS2. Kondisi Video Game tersebut masih lengkap karena masih dilengkapi dengan dus dan joystick. Jika ada yang berminat, dapat menghubunginya di 086345678
  13.       Bacalah laporan berikut!
HASIL LAPORAN PENGAMATAN
Nama pengamat            : Dewa Sanditiya
Objek pengamatan        : Tanaman Cabai
Waktu pengamatan       : 10-25 September 2015
Hasil pengamatan         : Pada hari kedua, muncul akar pada biji cabai. Lalu, pada hari kelima tinggi batang sudah mencapai 3 cm. Hari ketujuh, batang sudah tumbuh setinggi 5 cm. Hari kesembilan, muncul dua pucuk daun dan tinggi batang sudah mencapai 8 cm. Hari ke-12, tinggi batang sudah 12 cm. Hari ke-15, ketinggian batang tumbuhan cabai sudah mencapai 17 cm disertai munculnya enam pucuk daun.
Isi laporan tersebut adalah …
a.       Pengamatan terhadap pertumbuhan batang cabai selama 10 hari.
b.      Pengamatan terhadap pertumbuhan tanaman cabai selama 15 hari.
c.       Pengamatan terhadap jumlah daun tanaman cabai selama dua minggu.
d.      Pengamatan terhadap pertumbuhan batang tanaman cabai selama seminggu.



Bacalah paragraf intruksi berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
Rudi sangat pandai membuat layang-layang. Layang-layang buatan Rudi unik dan lucu. Ia menjelaskan cara membuat layang-layang. Pertama, pola layang-layang dibuat dari bambu tipis. Kedua, pola dihubungkan dan diikat dengan benang. Ketiga, pola diletakkan di atas kertas kemudian pola dijiplak. Keempat, bagian kerangka pola dilem pada kertas. Kelima, bagian tengah layang-layang dapat diberi hiasan berupa gambar-gambar yang menarik dan diberi warna.
  14.       Tanggapan yang sesuai dengan paragraf intruksi tersebut adalah …
a.       Pola layang-layang, sebaiknya dibuat dari kayu yang kuat agar tidak mudah patah.
b.    Bagian kerangka pola sebaiknya dilem pada kertas dengan rapi agar lebih terlihat indah.
c.    Hiasan dapat digambar di bagian depan dan belakang kertas menggunakan krayon agar terlihat ramai.
d.      Bagian tengah layang-layang sebaiknya tidak diberi hiasan agar tidak merobek kertas yang tertempel.
  15.       Pernyataan yang sesuai dengan paragraf intruksi tersebut adalah …
a.       Rudi menebang bambu sendiri untuk membuat layang-layang.
b.      Pola layang-layang direkatkan pada kertas menggunakan lem kayu.
c.       Rudi mengkreasikan layang-layang menjadi bentuk yang unik dan lucu.
d.      Layang-layang buatan Rudi dibuat untuk dijual kepada teman-teman Rudi di sekolah.


Unduh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018


Soal try out bahasa Indonesia kelas VI 2018 di atas secara lebih lengkap (soal nomor 1 - 50) dapat diunduh DI SINI beserta kunci jawabannya.
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

56 komentar untuk "Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas VI 2018"

  1. Wak waw soal nya gak komplit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dibaca sampai selesai, di kalimat terakhir tautan untuk mengunduh soal selengkapnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

      Hapus
    2. ya... terimah kasih

      Hapus
  2. Terimakasih bocorannya ya.

    BalasHapus
  3. terima kasih uttuk latian soal nya !!

    BalasHapus
  4. Trima Kasih Mas Buat Soalnya .

    BalasHapus
  5. mas, maaf kok saya gak bisa download soalnya ya. kalo di klik malah ke laman home blogger saya

    BalasHapus
  6. TERIMAKASIH BANYAK,...BAGI SAYA SANGAT BERMANFAAT, TAPI BAGAIMANA UNTUK download

    BalasHapus
  7. hi kak ,maaf saya mau nanya ...soal ini apakah ada jawabannya?

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Pikir makanya jangan game aja gampang nya ini SD SD

      Hapus
  9. INI Mah soal copyright ngambil punya orng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Appa sih kamu ini loh belajar malah gt aja di urus kampret kamu ini

      Hapus
  10. Om di kunci jawabannya mana?
    Nanti gimana cara ngoreksi nya????😭😭😭😭

    BalasHapus
  11. Bang bikin soal lagi dong....

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Gimana cara mendownload nya?
    Pliss penting ini buat besok selasa 🙏

    BalasHapus
  14. Hdjsjjdjksj de hp sjjsjsjsjhsjejhsjshjwjshsjjsjsjj2jsjdjkwksjdjjshsusjhdisjjsjwij

    BalasHapus
  15. lalalalalalallallalalalalalal

    BalasHapus
  16. makasih ya ini udh menarik & membantu bgt buat aku...cuma no 13 nya mana ya? Me crop

    BalasHapus
  17. Terima kasih ini cukup membantu untuk saya

    BalasHapus
  18. Terimakasih menurut saya ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. Nggk pake kunci jawaban bang gimana mau ngoreksinya kl ada yang salah

    BalasHapus
  20. Jawaban nya mana ngak bisa koreksi dong

    BalasHapus
  21. Gimana cara donwlodnya?????

    BalasHapus
  22. Yg thun kemrin kah ini bng?

    BalasHapus
  23. om kunci jawabannya dilihat dari mana ya ommm ???

    BalasHapus
  24. Gak bs di unduh... msuknya ke blog... gimna cr ngunduhnya

    BalasHapus
  25. Bagus Mana kunci jawabannya#ganteng

    BalasHapus
  26. Kunci jawaban mana, mau ngeroksi ni

    BalasHapus
  27. Soal nya sama kaya yg gw pelajarin, mantullllll 👍👍👍

    BalasHapus
  28. say positif , aaaaaaaa so hard

    BalasHapus
  29. Kebanyakan 50 coba 100 aja!

    BalasHapus

Berlangganan via Email