Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya


Selain berdasarkan letak kalimat utama (Baca di Sini), jenis paragraf juga bisa dibagi berdasarkan isinya. Ada 5 jenis paragraf berdasarkan isinya, yakni paragraf narasi, deskripsi, argumentasi, persuasi, dan argumentasi. Berikut penjelasan kelima jenis paragraf tersebut beserta contohnya. Contoh paragraf bertema tentang kelapa supaya pembaca semakin mudah dalam memahami perbedaan kelima jenis paragraf berdasarkan isinya.

Simak video penjelasan tentang jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya berikut.

1. Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan tentang suatu hal. Paragraf ini biasa ditandai dengan tokoh dan urutan waktu atau alur. Berikut contoh paragraf narasi.
Kemarin sore Arkan memetik buah kelapa. Ia memanjat pohon kelapa dengan lincah. Ia memetik buah kelapa dengan sebuah sabit. Setelah mendapat sepuluh butir kelapa, ia turun dengan sangat cepat.

2. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu hal. Paragraf ini bertujuan agar pembaca seolah-olah berada langsung di kondisi yang digambarkan oleh teks. Paragraf ini biasa digunakan untuk menggambarkan ciri-ciri, tempat, suasana, dan lain-lain. Berikut contoh paragraf deskripsi.
Batang pohon kelapa tidak bercabang. Tinggi pohonnya bisa mencapai belasan meter. Akarnya serabut. Tulang daunnya sejajar. Buahnya bergerombol dalam sebuah tangkai buah. Warna buahnya ada yang hijau, kuning, dan cokelat tergantung jenisnya. 

3. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang di dalamnya berisi pendapat atau tanggapan terhadap suatu tema atau masalah. Paragraf argumentasi bertujuan meyakinkan pemabaca atas ide atau pendapat dari penulis. Berikut contoh paragraf argumentasi.
Menurut para ahli, air kelapa muda sangat berguna bagi tubuh. Air buah kelapa mengandung elektrolit yang baik bagi orang dehidrasi. Maka tak heran, jika setelah mengonsumsi air kelapa, tubuh kita akan terasa segar.

4. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isinya menjelaskan sesuatu. Paragraf eksposisi biasa digunakan untuk menjelaskan tata cara, pengertian, jenis-jenis, manfaat, proses, dan lain-lain. Berikut contoh paragraf eksposisi.
Cara membuat es degan sirup cukup mudah. Ambil air dari buah kelapa muda, lalu ambil daging buahnya. Campurkan daging buah dengan air kelapa. Tambahkan gula dan sirup secukupnya. Aduk rata dan tambahkan es agar rasanya menyegarkan.

5. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang isinya berupa ajakan kepada pembaca agar mau melakukan hal yang dibahas dalam paragraf. Paragraf persuasi ditandai dengan beberapa kalimat yang intinya berupa ajakan. Kalimat ajakan tersebut biasa dituliskan dengan kata-kata: ayo, mari, saya mengajak, dan lain-lain. Berikut contoh paragraf persuasi.
Kelapa adalah pohon sejuta manfaat. Buahnya bisa untuk bahan minuman. Batangnya digunakan sebagai bahan bangunan. Akarnya sangat kokoh untuk menahan abrasi dan erosi. Namun, sekarang pohon kelapa sudah mulai berkurang jumlahnya. Oleh sebab itu, marilah kita menanam pohon kelapa.
Untuk mebguji kemampuan kalian dalam memahami materi berikut, kalian bisa mencoba mengerjakan soal online tentang jenis paragraf berdasarkan isinya yang sudah diposting oleh DapurImajinasi. Soal tersebut dapat kalian kerjakan dalam postingan Soal Online Menentukan Jenis Paragraf.

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

1 komentar untuk "Jenis Paragraf Berdasarkan Isinya"

  1. Seorang guru di SD putri beragama Hindu suka mengolah kata kata di dapurimajinasi dan kadang juga di media massa.

    BalasHapus

Berlangganan via Email