Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif


Pada kesempatan kali ini dapurImajinasi akan membahas Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif. Paragraf induktif adalah salah satu jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama. Sudah kita bahasa pada postingan sebelumnya ada beberapa jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama. Postingan mengenai jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama dapat dibaca pada postingan: Jenis Paragraf Berdasar Letak Kalimat Utama

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah jenis paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir. Karena kalimat utama berada di akhir, pola pengembangan paragraf induktif menggunakan pola khusus-umum. Pola pengembangan khusus-umum atau disebut pola pengembangan induktif diawali dengan kalimat-kalimat khusus dan diakhiri dengan kalimat umum. 

Jika suatu paragraf induktif terdiri atas enam kalimat, lima kalimat pertama adalah kalimat dengan pernyataan khusus. Sementara itu, kalimat terakhir atau keenam adalah kalimat dengan pernyataan umum. 

Paragraf induktif sering digunakan dalam mengembangkan artikel populer. Biasanya paragraf induktif diletakkan di awal teks sebagai pembuka. Paragraf induktif biasa digunakan sebagai pembuka karena sifatnya untuk menarik perhatian pembaca. 

Contoh Paragraf Induktif

Paragraf induktif dapat mudah dikenali dengan memperhatikan kalimat terakhir. Jika kalimat terakhir bersifat umum atau mencangkup simpulan isi paragraf, dapat dipastikan paragraf tersebut adalah paragraf induktif. Berikut beberapa contoh paragraf induktif. 

Contoh paragraf induktif yang pertama

Orang Afrika memanfaatkan hampir semua bagian pohon ini. Selain diambil kayunya, batang-batang berongga pohon ini dapat dibuat untuk tempat berlindung, penyimpanan biji-bijian, atau sebagai penampung air. Kulit pohonnya yang mengandung serat sering digunakan untuk membuat jaring ikan, tali, karung, dan pakaian. Daun baobab secara tradisional juga digunakan untuk ragi. Isi dari buah yang dikeringkan konon dapat dicampur dengan air untuk dijadikan minuman yang rasanya mirip limun. Wah, ternyata manfaat pohon baobab sangat banyak.

Paragraf yang membahas manfaat pohon baobab di atas terdiri atas enam kalimat. Kalimat pertama sampai kelima mengandung pernyataan khusus, yaitu membahas setiap manfaat pohon baobab. Sementara itu, kalimat keenam termasuk kalimat utama yang mengandung pernyataan umum. Jadi, paragraf di atas termasuk paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Contoh paragraf induktif yang kedua

Air buah kelapa mengandung elektrolit yang bisa dengan cepat menyegarkan badan yang lelah atau terhidrasi. Jika setelah mengonsumsi air kelapa, tubuh kita akan terasa segar. Terkadang air kelapa dijadikan obat penawar bagi orang yang keracunan makanan. Menurut suatu sumber, membasuh wajah dengan air kelapa juga dapat mengurangi jerawat. Air buah kelapa terutama kelapa muda memang sangat berguna bagi tubuh manusia.

Paragraf yang membahas manfaat air buah kelapa di atas terdiri atas lima kalimat. Kalimat pertama sampai keempat mengandung pernyataan khusus, yaitu membahas setiap manfaat air buah kelapa. Sementara itu, kalimat kelima termasuk kalimat utama yang mengandung pernyataan umum. Jadi, paragraf di atas termasuk paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Contoh paragraf induktif yang ketiga

Ibu rajin mengonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah  bermanfaat bagi tubuh kita karena mengandung zat gizi. Selain itu, sayur dan buah dapat melancarkan pencernaan. Di samping mengonsumsi buah dan sayur, Ibu juga rajin berolahraga. Badan akan menjadi segar dan bugar karena berolahraga.  Itulah beberapa cara yang ditempuh Ibu agar badannya sehat.

Paragraf yang membahas cara yang ditempuh ibu agar badannya sehat di atas terdiri atas enam kalimat. Kalimat pertama sampai kelima mengandung pernyataan khusus, yaitu membahas cara apa saja yang ditempuh Ibu untuk membuat badannya sehat. Sementara itu, kalimat keenam termasuk kalimat utama yang mengandung pernyataan umum. Jadi, paragraf di atas termasuk paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.

Itulah beberapa contoh paragraf induktif dan penjelasannya. Contoh paragraf induktif yang lain dapat dibaca di postingan sebelumnya yang berjudul 10 Contoh Paragraf Induktif. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif"