Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Contoh Teks Prosedur Berdasarkan Jenisnya

Contoh teks prosedur

3 Contoh Teks Prosedur Berdasarkan Jenisnya. Hai, sahabat dapurImajinasi, kali ini admin akan memosting 3 contoh teks prosedur berdasarkan jenisnya. Contoh teks prosedur yang menjadi contoh dalam postingan ini adalah teks prosedur yang sederhana. 

Teks prosedur menjadi salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 7 SMP. Selain di SMP, teks prosedur juga diajarkan di jenjang SMA. Contoh teks prosedur dalam postingan ini bisa digunakan di jenjang SMP ataupun SMA karena pada dasarnya struktur teks prosedur itu sama. 

Baca juga: 40 Soal Teks Prosedur, Pilihan Ganda dan Esai 

Contoh teks dalam postingan ini sudah sesuai dengan struktur teks prosedur. Struktur teks prosedur terdiri atas pendahuluan/tujuan, alat/bahan, langkah-langkah, dan penutup. Struktur teks prosedur dan beberapa materi lain terkait teks prosedur dapat dibaca lagi dalam postingan Pengertian Teks Prosedur, Jenis-Jenis, Struktur, Contoh, dan Aspek Kebahasaannya. 

3 Jenis Tek Prosedur

Ada 3 contoh teks prosedur dalam postingan ini. Contoh teks prosedur tersebut disesuaikan dengan jenis teks prosedur. Ada tiga jenis teks prosedur, yakni cara membuat sesuatu, cara melakukan sesuatu, dan cara menggunakan sesuatu. Berikut 3 contoh teks prosedur berdasarkan jenisnya.

Baca juga: 25 Soal tentang Teks Prosedur 


1. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Sesuatu

Contoh teks prosedur yang pertama adalah teks prosedur cara membuat sesuatu. Kali ini kita akan mencontohkan teks prosedur cara membuat nasi goreng terasi. Berikut teks prosedur cara membuat nasi goreng terasi. 

Cara Membuat Nasi Goreng Terasi

          Pernahkah kamu bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, tetapi malas untuk masak menu yang ribet? Masak nasi goreng bisa jadi pilihan paling tepat. Nasi goreng sangat cocok buat kamu yang enggak suka ribet masak. Nasi goreng menjadi salah satu menu masakan andalan masyarakat Indonesia. Nasi goreng mudah ditemukan karena banyak dijual di warung hingga restoran mewah. Nah, kali ini kita coba untuk memasak nasi goreng terasi dengan bumbu sederhana. Mari ikuti petunjuknya.

Bahan-Bahan

- 3 sdm minyak goreng

- 750 gram nasi putih

- 2 sdm kecap manis

- 1 butir telur

- Garam dan penyedap rasa secukupnya 

Bumbu

- 4 siung bawang putih

- 5 buah bawang merah

- 3 buah cabai rawit merah

- 2 sdt terasi

Cara pembuatan:

- Haluskan semua bumbu dan panaskan minyak goreng dengan api sedang.

- Masak telur dengan cara diorak-arik, lalu sisihkan.

- Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah itu, masukkan telur orak-arik ke tumisan sambil diaduk-aduk.

- Masukkan nasi putih, lalu aduklah secara merata.

- Tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk hingga matang dan bumbu meresap.

- Nasi goreng yang sudah matang bisa ditambahi bahan pelengkap, seperti irisan kubis, mentimun, dan tomat.

       Ternyata memasak nasi goreng terasi cukup mudah. Selain hemat waktu, bumbu untuk memasak nasi goreng terasi pun tidak banyak. Orang yang tidak jago masak pun akan dengan mudah untuk membuat menu nasi goreng. Selanjutnya, silakan berkreasi dengan variasi nasi goreng lainnya. 


2. Contoh Teks Prosedur Cara Melakukan Sesuatu

Contoh teks prosedur yang kedua adalah teks prosedur cara melakukan sesuatu. Kali ini kita akan mencontohkan teks prosedur cara melakukan sit up. Berikut teks prosedur cara melakukan sit up.

Cara Melakukan Sit Up 

       Seiring bertambahnya usia, apakah perutmu juga bertambah buncit? Perut buncit bisa menyebabkan penampilan kurang menarik. Diet sehat bisa dilakukan untuk mencegah perut buncit. Selain itu, kita bisa melakukan olahraga sit up untuk mendukung program diet agar perut kita menjadi kecil kembali. Namun, sit up harus dilakukan secara benar agar hasilnya maksimal. Berikut cara melakukan sit up.

1) Berbaringlah telentang dan tekuklah kedua lutut.

2) Sentuhkan ujung jari kedua tangan di belakang telinga. 

3) Bangunkan tubuh dari lantai, lalu dekatkan dada ke paha. 

4) Turunkan lagi tubuh ke lantai atau posisi semula.

5) Lakukan gerakan tersebut secara berulang sesuai kemampuan.

         Itulah cara melakukan sit up. Lakukanlah secara benar dan rutin. Banyak orang yang gagal mengecilkan perutnya karena bosan melakukan sit up. Mereka biasanya semangat di awal, tetapi semakin lama semakin malas. Nah, kunci keberhasilan sit up untuk mengecilkan perut adalah konsisten. Selamat mencoba.

 

3. Contoh Teks Prosedur Cara Menggunakan Sesuatu

Contoh teks prosedur yang ketiga adalah teks prosedur cara menggunakan sesuatu. Kali ini kita akan mencontohkan teks prosedur cara menggunakan setrika listrik. Berikut teks prosedur cara menggunakan setrika listrik.

Cara Menggunakan Setrika Listrik

           Setrika listrik adalah barang elektronik yang sering digunakan di rumah. Jika ingin setrika di rumah awet, kita harus menggunakannya secara benar. Cara menggunakan setrika listrik termasuk mudah dan hampir semua orang bisa menggunakannya. Berikut cara menggunakan setrika listrik secara benar dan aman.

1. Pastikan putaran pengatur suhu setrika berada di angka 0 atau paling kiri. Jangan menancapkan setrika saat berada di putaran suhu tertinggi karena bisa menyebabkan percikan listrik di stopkontak atau bisa memutuskan sekring/MCB jika daya listrik di rumah cukup rendah.

2. Tancapkan steker setrika ke stopkontak.

3. Atur suhu setrika sesuai kebutuhan.

4. Tunggu sebentar sampai setrika panas.

5. Setrika sudah siap digunakan.

       Itulah cara menggunakan setrika listrik secara benar. Penggunaan setrika listrik yang sesuai aturan akan memberikan keamanan bagi kita. Selain itu, umur pemakaian setrika listrik juga bisa semakin panjang.

Itulah 3 contoh teks prosedur berdasarkan jenisnya. Contoh teks prosedur di atas dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembelajaran, khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga postingan ini bermanfaat. Terima kasih dan salam sehat selalu. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "3 Contoh Teks Prosedur Berdasarkan Jenisnya"