Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Unduh EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022


Selamat datang di postingan Unduh EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia baru saja mengeluarkan surat keputusan bernomor 0424/I/BS.00.01/2022 tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Surat itu tertanggal 16 Agustus 2022. Surat keputusan ini sekaligus menggantikan surat keputusan sebelumnya yang bernomor 0321/I/BS.00.00/2021 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Ada beberapa penyesuaian/penggantian aturan terkait kaidah bahasa Indonesia sehingga diterbitkan aturan tentang EYD baru.

EYD adalah Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. EYD berisi pedoman dalam menggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. EYD dapat digunakan sebagai pedoman bagi instansi pemerintah, swasta, dan masyarakat umum. 

Agar mudah dalam mempelajari kaidah bahasa Indonesia, kita perlu unduh EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022. EYD ini mengandung beberapa kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Ada empat bab dalam EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022 ini. Bab pertama berisi aturan tentang penggunaan huruf dalam bahasa Indonesia. Ada aturan tentang huruf vokal, huruf konsonan, huruf miring, huruf tebal, sampai dengan penggunaan huruf kapital yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: 15 Fungsi Huruf Kapital Terbaru, Jangan Sampai Tidak Baca

Di bab kedua EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022 ini disajikan aturan tentang penulisan kata. Pada bagian penulisan kata ini, kita bisa membaca aturan-aturan tentang penggunaan kata dasar, kata turunan, pemenggalan kata, kata depan, partikel, singkatan, penulisan angka, kata ganti, dan kata sandang. 

Bab ketiga EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022 berisi aturan tentang penggunaan tanda baca. Tanda baca sering kita gunakan saat menulis. Untuk itu, kita bisa membaca secara detail di bagian bab ini agar lebih paham tentang aturan penggunaan tanda baca. 

Baca Juga: Kumpulan Soal Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca

Bab keempat EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022 terdapat aturan penulisan unsur serapan. Untuk diketahui, bahasa Indonesia itu selalu berkembang. Bahasa daerah maupun asing dapat diserap menjadi bahasa Indonesia. Contoh kata dalam bahasa Indonesia hasil serapan dari bahasa daerah adalah rampung, mandek, dan lain-lain. Sementara itu, contoh kata bahasa Indonesia hasil serapan dari bahasa asing adalah kontingen, umrah, poin, dan lain-lain. 

Baca Juga: Ustad, Ustadz, atau Ustaz, Manakah yang Benar? 

Unduh EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022

Kita bisa mempelajari EYD bahasa Indonesia terbaru agar dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kita bisa menunjukkan rasa cinta tanah air atau nasionalisme. Silakan unduh EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022 melalui tautan di bawah ini. 

KLIK UNDUH EYD BAHASA INDONESIA TERBARU 2022


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Unduh EYD Bahasa Indonesia Terbaru 2022"