Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Teks Pidato dengan Tema Narkoba dan Remaja

teks pidato narkoba

Inilah contoh teks pidato dengan tema narkoba dan remaja. Mungkin ada yang mencari referensi teks pidato dengan tema narkoba dan remaja? Postingan ini tentunya cocok bagi pembaca yang sedang mencari teks pidato dengan tema tersebut.

Narkoba dan remaja adalah salah satu tema yang sering digunakan sebagai materi pidato. Di zaman sekarang narkoba dan remaja menjadi salah satu masalah sosial yang harus diberantas.

Di contoh teks pidato tentang narkoba di bawah ini dijelaskan tentang bahaya narkoba dan dampaknya bagi remaja. Selain itu, disajikan pula contoh berita tentang remaja yang terjerat penyalahgunaan narkoba.

Teks pidato dengan tema narkoba dan remaja ini sudah dilengkapi dengan contoh sapaan hormat, yakni sapaan hormat terhadap guru dan teman-teman sekelas.

Teks pidato ini sangat cocok digunakan untuk praktik pidato di kelas. Jika ingin digunakan dalam lingkup yang lebih luas, silakan ubah bagian sapaan hormat sesuai dengan sasaran atau pendengar pidato yang akan disampaikan.

Teks pidato tentang narkoba dan remaja ini, selain cocok untuk praktik di kelas, juga cocok digunakan untuk materi lomba pidato. Jika perlu, silakan untuk memodifikasi isinya sesuai dengan keperluan.

Contoh teks pidato dengan tema narkoba dan remaja ini juga termasuk teks pidato yang singkat dan tentunya mudah untuk dipraktikkan.

Berikut contoh teks pidato dengan tema Narkoba dan Remaja.


Ayo, Jauhi Narkoba Sekarang Juga

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru Bahasa Indonesia

dan yang saya sayangi teman-temanku yang hadir di kelas ini.

Puji syukur marilah kita ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah. Karena atas limpahan nikmat dan karunia-Nya, pada kesempatan ini kita bisa hadir di kelas kita tercinta ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang berbahagia,

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memberikan pidato dengan tema narkoba.

Sudah kita ketahui bahwa narkoba adalah barang terlarang dan merugikan jika digunakan secara ilegal. Korban narkoba tidak hanya para orang dewasa. Banyak remaja yang sudah menjadi korban narkoba.

Belum lama ini, saya pernah membaca berita di internet yang isinya siswa SMP sudah menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Mirisnya, mereka menggunakan uang SPP atau uang kegiatan sekolah untuk membeli narkoba.

Tentunya, sikap remaja seperti ini sangat disayangkan. Kesalahannya berlipat-lipat. Dia sudah berbohong dan hasil kebohongannya digunakan untuk mendapatkan narkoba.

Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang berbahagia,

Penyalahgunaan narkoba apalagi di kalangan remaja memiliki dampak yang sangat buruk. Bisa dikatakan, narkoba adalah nikmat sesaat yang akan mendatangkan kesengsaraan selamanya.

Penyalahgunaan narkoba bisa berefek fatal bagi kesehatan remaja. Tidak hanya kesehatan fisik, narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan mental.

Pasalnya, narkoba mengandung zat adiktif yang bisa mengerogoti saraf penggunanya. Apalagi jika mereka sudah kecanduan, pemulihannya akan sangat sulit.

Sebagai generasi muda penerus masa depan, marilah kita kompak untuk menggemakan gerakan anti-narkoba. Narkoba hanya membuat masa depan suram. Narkoba hanya menjadi pintu yang akan memasukkan kita ke dalam jurang kehancuran.

Bapak/Ibu Guru dan teman-teman yang berbahagia,

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai  penyalahgunaan narkoba oleh remaja. Sekali lagi saya menekankan agar kita menjauhi narkoba sejauh-jauhnya.

Cukup sekian pidato dari saya, jika ada salah kata mohon dimaafkan. Salam sehat dan tetap jaga diri  jauhi narkoba.

Wassalamualaikum wr. wb.


Itulah salah satu contoh teks pidato dengan tema narkoba dan remaja. Semoga postingan tentang contoh teks pidato ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Semoga pula, postingan ini bisa menjadi referensi bagi siswa atau guru untuk mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia. Seperti itu dan salam sehat selalu.  

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Contoh Teks Pidato dengan Tema Narkoba dan Remaja"