Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018

Setelah beberapa tahun ini ada wacana penambahan soal esai USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional), akhirnya pemerintah memutuskan untuk menggunakan soal esai pada USBN pada tahun ini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun telah menetapkan hanya tiga mata pelajaran yang diujikan dalam USBN 2018 bagi peserta didik kelas 6, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Sebelumnya beredar wacana di masyarakat bahwa USBN 2018 ini akan diterapkan ujian dengan jumlah 8 mata pelajaran.

Dilansir dari website Kemendikbud, Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan bahwa porsi soal yang diberikan adalah 90 persen berbentuk pilihan ganda dan sekitar 10 persen berbentuk esai. Dia beralasan selama ini, ujian sekolah selalu diberikan bentuk soal pilihan ganda sehingga siswa sering berpikir spekulatif dan siswa tidak terbiasa berargumen karena serba pilihan ganda.


Nah, kali ini DapurImajinasi sebagai salah satu ruang belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia akan memberikan contoh-contoh soal esai USBN 2018 dan jawabannya. Menurut berita, soal esai akan diberikan dengan porsi 10 persen. Jika selama ini soal Bahasa Indonesia terdiri atas 50 soal, maka soal esai kemungkinan hanya akan ada 5 soal.


Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket I


Mendekati waktu USBN SD yang rencananya diadakan sekitar bulan Mei, sekarang mulai banyak yang mencari soal esai USBN Bahasa Indonesia. Berikut, DapurImajinasi sajikan contoh soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket I.

1. Tulislah ide pokok paragraf berikut!
         Ada cara untuk mengetahui keadaan cairan di tubuh kita. Caranya dengan melihat warna urine kita. Jika urinenya berwarna kuning pekat, itu tandanya kekurangan cairan. Namun, jika warna urine kita putih, itu tandanya cairan dalam tubuh kita sudah cukup.
2. Tulis ulang dan lengkapi pantun berikut dengan larik yang tepat!
Anak burung belajar terbang
....
....
Agar selamat di dunia akhirat
3. Perbaiki kalimat-kalimat berikut dengan ejaan yang tepat!
a. ibu membeli aneka kue jajanan pasar serabi lemper dan klepon di pasar legi
b. orang keturunan bangsa inggris yang sedang membeli kunci inggris di toko inggris itu ternyata tidak bisa bahasa inggris. 
4. Buatlah percakapan singkat dengan tema “Keindahan Alam Indonesia”!
5. Buatlah sebuah paragraf deskripsi dengan tema “Lingkungan Sekolah”.


Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket II


Mendekati waktu USBN SD yang rencananya diadakan sekitar bulan Mei, sekarang mulai banyak yang mencari soal esai USBN Bahasa Indonesia. Berikut, DapurImajinasi sajikan contoh soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket II.

1. Bacalah penggalan cerita ini secara cermat!
Setelah lari dari sawah, Rubah terjebak di lubang yang dalam ketika sedang mengejar Kelinci di hutan. Berkali-kali ia mencoba memanjat dinding lubang untuk keluar tetapi selalu gagal. Tiba-tiba ada Kambing Tua yang pergi ke sungai melongok ke dalam lubang. Si Rubah berjanji akan memberi hadiah jika si Kambing Tua mau menolong. Si Kambing Tua itu masuk ke dalam lubang. Tak lama kemudian si Rubah berhasil melompat dari punggung si Kambing Tua dan berhasil keluar. Setelah keluar, si Rubah lantas lari meninggalkan si Kambing Tua. Namun, tak lama kemudian si Rubah terperosok ke dalam lubang lain yang lebih dalam.
Setelah membaca penggalan cerita di atas, tentukan:
a. Watak setiap tokoh
b. Amanat cerita

2. Bacalah dua paragraf berikut!
Teks I
Pada tahun 2011, Jepang dilanda gempa kuat yang diikuti tsunami. Beberapa hari sebelum gempa, ada puluhan ikan oar yang terdampar. Ikan oar adalah hewan laut dalam yang jarang sekali terlihat. Ikan oar yang terdampar pun dianggap sebagai tanda gempa akan datang.

Teks II
Karyawan di gedung-gedung tinggi di Jakarta berhamburan keluar setelah merasakan gempa dengan getaran yang kuat. Gempa yang bermagnitudo 6,1 itu ternyata berpusat di Lebak, Banten. Gempat terjadi pada hari Selasa (23/1/2018) siang. Jarak Banten ke Jakarta cukup jauh, kurang lebih 140 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, tetapi getaran sampai di Jakarta.

Tentukan persamaan dan perbedaan dua teks di atas!

3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
a. Ia langsung menuju ke perpustakaan.
b. Bel tanda istirahat berbunyi, Dika bergegas keluar kelas.
c. Sambil mencari buku, Dika teringat kalau ternyata dia belum mengumpulkan tugasnya.
d. Sampai di perpustakaan, Dika mencari buku yang ingin dibacanya.
Susunlah kalimat-kalimat di atas menjadi paragraf yang utuh dan padu!

4. Tulis ulang kalimat berikut dengan ejaan yang benar!
a. orang dari suku jawa itu pandai bahasa arab
b. ayah membeli sapi di pulau bali

5. Buatlah paragraf deduktif dengan tema “Makhluk Hidup”!


Kunci Jawaban Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket I


Setelah mengerjakan soal esai USBN Bahasa Indonesia di atas, cocokkan jawaban dengan kunci jawaban soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket I berikut.

1. Ide pokok bacaan tersebut adalah cara untuk mengetahui keadaan cairan di tubuh.
2. Pantun secara lengkap adalah sebagai berikut:
Anak burung belajar terbang
Naik tinggi kemudian mendarat
Rajin-rajinlah sembahyang
Agar selamat di dunia akhirat
3. Perbaikan ejaan yang tepat adalah sebagai berikut:
a. Ibu membeli aneka kue jajanan pasar: serabi, lemper, dan klepon di Pasar Legi.
b. Orang keturunan bangsa Inggris yang sedang membeli kunci inggris di Toko Inggris itu ternyata tidak bisa bahasa Inggris. 
4. Percakapan dengan tema “Keindahan Alam Indonesia”
Hani : “Des, kamu pernah ke Karimunjawa?”
Desti : “Belum, memangnya kamu pernah?”
Hani : “Iya, semingu yang lalu waktu liburan semester. Wow, di sana pemandangan bawah lautnya sangat keren, lho!”
Desti : “Jadi, kamu ikut menyelam?”
Hani : “Iya, aku melihat aneka ikan dan terumbu karang yang sangat indah.”
5. Paragraf deskripsi tentang “Lingkungan Sekolah”
       Di depan sekolahku ada taman yang asri. Taman itu ditanami beberapa jenis bunga, seperti melati, mawar, kembang sepatu, dan lain-lain. Taman itu tampak asri karena selalu dirawat. Di tengah taman juga ada kolam yang berisi beberapa jenis ikan. 


Kunci Jawaban Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 Paket II


Setelah mengerjakan soal esai USBN Bahasa Indonesia di atas, cocokkan jawaban dengan kunci jawaban soal esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 paket II berikut.

1. Watak setiap tokoh dalam cerita di atas adalah 
(1) Rubah: ingkar janji
(2) Kambing Tua: penolong

2. Persamaan dan perbedaan teks di atas adalah sebagai berikut:
a. Persamaan dua teks di atas adalah sama-sama membahas tentang bencana alam gempa bumi.
b. Perbedaan dua teks di atas adalah teks pertama membahas anggapan bahwa terdamparnya ikan oar dianggap sebagai tanda akan terjadinya gempa. Sementara itu, teks dua membahas getaran gempa yang terjadi di Banten dirasakan sampai Jakarta.

3. Susunan kalimat sehingga menjadi paragraf yang baik adalah
        Bel tanda istirahat berbunyi, Dika bergegas keluar kelas. Ia langsung menuju ke perpustakaan. Sampai di perpustakaan, Dika mencari buku yang ingin dibacanya. Sambil mencari buku, Dika teringat kalau ternyata dia belum mengumpulkan tugasnya.

4. Tulisan kalimat dengan ejaan yang benar adalah
c. Orang dari suku Jawa itu pandai bahasa Arab.
d. Ayah membeli sapi di Pulau Bali.

5. Paragraf deduktif dengan tema “Makhluk Hidup” adalah
Pohon jati mempunyai cara adaptasi yang unik untuk mempertahankan hidupnya. Saat kemarau, daun jati akan menggugurkan daunnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penguapan. Jika penguapan sedikit, air yang dibutuhkan pohon jati juga berkurang.



Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

8 komentar untuk "Contoh Soal Esai USBN Bahasa Indonesia SD 2018 "

Berlangganan via Email