Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh RPP 10 Menit Simulasi Mengajar Seleksi Calon Guru Penggerak

rpp simulasi calon guru penggerak

Contoh RPP 10 Menit Simulasi Mengajar Seleksi Calon Guru Penggerak. Selamat bagi calon guru penggerak yang sudah lolos seleksi tahap pertama, yakni seleksi esai. Selanjutnya calon guru penggerak akan mengikuti tes tahap kedua, yakni simulasi mengajar dan wawancara. 

Simulasi mengajar calon guru penggerak mengharuskan setiap calon untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Simulasi mengajar calon guru penggerak dibatasi waktum yakni 10 menit. Karena keterbatasan waktu tersebut, maka waktu dalam RPP juga dicantumkan hanya 10 menit. 

Calon guru penggerak mungkin berpikir, bagaimana saya mengajar hanya dalam waktu 10 menit. Nah, RPP dan pelaksanaan mengajar itu hanyalah simulasi. Artinya, jika dilaksanakan secara sungguh-sungguh sesuai dengan RPP, bisa jadi waktunya melebihi 10 menit. Jadi, yang penting calon guru penggerak melaksanakan inti-inti pembelajaran, mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup. 

Saat pendahuluan, calon guru penggerak harus bisa membuat pendahuluan yang menarik. Di bagian inti, usahakan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif dengan siswa. Sementara itu, di bagian penutup, calon guru penggerak harus melaksanakan simpulan pembelajaran dan refleksi yang bermakna. 

Nah, dalam postingan ini akan kami berikan contoh RPP dengan kegiatan pembelajaran dengan durasi 10 menita yang dapat digunakan sebagai referensi simulasi mengajar seleksi calon guru penggerak. 

Contoh RPP untuk simulasi seleksi calon guru penggerak ini mata pelajarannya adalah bahasa Indonesia. Materi yang diajarkan adalah teks prosedur kelas 7 SMP. Para calon guru penggerak bisa menyesuaikan dengan mata pelajaran yang diajarnya. 

RPP 10 menit untuk simulasi mengajar calon guru penggerak ini bisa diunduh dalam bentuk Microsoft Word. Artinya, bapak/ibu guru bisa dengan mudah mengeditnya untuk disesuaikan dengan keperluan. 

Berikut Contoh RPP 10 Menit untuk Simulasi Mengajar Calon Guru Penggerak. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Contoh RPP 10 Menit Simulasi Mengajar Seleksi Calon Guru Penggerak"