Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 ini adalah:

1. CGP dapat menganalisis penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk;

2. CGP dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi.

Untuk mengawali pembelajaran 2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 ini , CGP perlu membaca pertanyaan pemantik berikut ini.  Pertanyaan-pertanyaan ini tidak perlu  dijawab langsung, tetapi hanya digunakan untuk memprovokasi pemikiran CGP.

1. Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya?

2. Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?

3. Bagaimana mereka menunjukkan pemahaman atau hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan sebagai produk?

4. Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ?

Simaklah 2 video berikut ini. Saat menyimak, Anda dapat membuat catatan tentang hal-hal penting yang disampaikan video tersebut. 

Video I: https://www.youtube.com/watch?v=PLT69Yf5my8 

Video II: https://www.youtube.com/watch?v=akTeGglLkIg 

Untuk lebih memperdalam pemahaman Bapak/Ibu CGP tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi, CGP disarankan untuk membaca artikel tentang penilaian pada tautan berikut: Peran Penilaian dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.

Setelah menyimak video dan membaca artikel tersebut, Bapak/Ibu akan mendapatkan kesempatan untuk mendiskusikan isi video dan artikel tersebut dengan rekan satu kelas Anda secara asinkron. Anda akan diminta memberikan pendapat tentang isi video dan artikel  yang telah disaksikan dan dibaca tersebut.

Namun, sebelum Anda melakukan diskusi pada waktu yang telah ditentukan, mohon untuk membaca aturan untuk forum diskusi tersebut.

Aturan forum diskusi asinkron 2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1:

Pastikan Anda sudah melihat video penjelasan tentang diferensiasi konten, proses, dan produk,  video tentang lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, serta membaca artikel tentang peran penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi!

Diskusi asinkron ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman bersama tentang  strategi melakukan pembelajaran berdiferensiasi.

Sikap berpikiran terbuka (open-minded) dan saling menghormati menjadi nilai dasar dari proses diskusi ini.

Baik fasilitator maupun CGP lain dapat menawarkan pandangan pribadi, tanggapan, juga respon atau menjawab hal-hal yang sedang didiskusikan.

Pertanyaan untuk diskusi daring  2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1:

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Jawaban pertanyaan Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

1. Informasi dalam video dan artikel

a. Informasi Video I

Video I menjelaskan tentang aspek yang harus dipertimbangkan dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi, yakni aspek kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Selain itu, dijelaskan pula mengenai tiga strategi pembelajaran diferensiasi, yakni:

1) Diferensiasi konten

Diferensiasi konten adalah ragam materi yang akan diajarkan kepada siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. 

2) Diferensiasi proses

Ada beberapa cara untuk menentukan diferensiasi proses, di antaranya melaksanakan kegiatan berjenjang, menyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan, membuat agenda individu, memvariasikan durasi waktu pengerjaan tugas, mengembangkan kegiatan pembelajaran berdasarkan profil belajar siswa, dan menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan, kemampuan, dan minat siswa.

3) Diferensiasi produk.

Diferensiasi mengacu pada hasil dari proses belajar siswa, bisa berupa hasil tes, presentasi, diskusi, pertunjukan, pidato, video, poster, dan lain-lain. 


 b. Informasi Video II

Video II menjelaskan tentang lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran diferensiasi, yakni:

1. Setiap orang dalam kelas akan menyambut dan disambut dengan baik

2. Setiap orang di dalam kelas saling menghargai

3. Murid akan merasa aman secara psikis dan fisik.

4. Ada harapan bagi pertumbuhan

5. Guru mengajak siswa untuk mencapai kesuksesan.

6. Ada keadilan dalam bentuk nyata

7. Guru dan siswa berkolaborasi untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bersama.


c. Informasi dalam artikel:

Dalam mengenali kebutuhan belajar siswa, guru dapat diibaratkan sebagai seorang dokter saat mendiagnosis pasiennya. Tindakan yang akan dilakukan dokter, tentunya akan berdasarkan hasil diaganosisnya. Begitu pula dengan guru, sebelum melakukan pembelajaran guru harus mengidentifikasi perbedaan kemampuan dan kebutuhan siswa. Penilaian dalam pembelajaran pun penting.Ada 3 jenis perspektif penilaian, yakni

 1. Assessment for learning - Penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Berfungsi sebagai penilaian formatif. Sering disebut sebagai penilaian yang berkelanjutan (on going assessment)

2. Assessment of learning - Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Berfungsi sebagai penilaian sumatif

3. Assessment as learning - Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Penilaian ini juga dapat berfungsi sebagai penilaian formatif.

Dalam praktik pembelajaran berdiferensiasi, penilaian formatif memegang peranan yang sangat penting. Selain dalam bentuk tes tertulis, berikut beberapa contoh penilaian formatif lainnya. 

a. Tiket keluar

b. Tiket masuk 

c. Berbagi 30 detik

d. Nama dalam toples

e. 3-2-1

f. Refleksi

g. Pojok pemahaman

h. Strategi 5 jari


2. Gagasan baru yang Didapat

a. Akan mencoba merancang dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan diferensiasi konten, proses, ataupun produk.

b. Akan mengondisikan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran diferensiasi

c. Akan melakukan penilaian formatif dalam pembelajaran berdiferensiasi dengan cara-cara yang kreatif.


3. Hal yang sulit diimplementasikan

Mungkin saat memulai melakukan pembelajaran diferensiasi akan terasa sulit dan ribet karena memang harus memerlukan persiapan secara matang. Namun, sebagai guru yang profesional, membiasakan yang tak biasa adalah cara terbaik agar terbiasa sehingga sesuatu yang awalnya sulit akan terasa lebih mudah ke depannya. Pembelajaran berdiferensiasi tentunya akan lebih kompleks unsurnya dibanding dengan pembelajaran tanpa diferensiasi. 

4. Pertanyaan yang masih dimiliki:

a. Bagaimana cara menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi?

b. Bagaimana cara menyediakan ragam konten dalam pembelajaran diferensiasi jika di satuan pendidikan sangat minim sarana prasarana, bahkan biaya?

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 2.1.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.1"