Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Teks Persuasi, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya

Teks persuasi

Di postingan kali ini, kita akan belajar tentang pengertian teks persuasi, ciri-ciri, struktur, dan contohnya. Ada banyak jenis teks. Salah satunya adalah teks persuasi. Teks ini sering temukan dalam blog, media cetak, atau di video-video yang beredar di media sosial.

Pengertian Teks Persuasi

Pengertian teks persuasi adalah teks yang berisi ajakan atau bujukan agar pembaca terpengaruh atau mengikuti ajakan penulis. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, persuasi berarti ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan; bujukan halus. Kata kunci “ajakan” biasanya digunakan seseorang untuk pengertian teks persuasi. Penggunaan kata kunci ini juga berlaku untuk memudahkan kita mengingat jenis teks lainnya. Misalnya, teks narasi itu “cerita”, teks deskripsi itu “menggambarkan”, teks eksposisi itu “menjelaskan”, dan lain-lain. 

Ciri-ciri Teks Persuasi

Selanjutnya kita akan akan membahas ciri-ciri teks persuasi. Sama halnya dengan jenis teks lainnya, teks persuasi memiliki ciri-ciri yang harus kita pahami. Berikut ciri-ciri teks persuasi:

1. Bertujuan memengaruhi dan mengajak seseorang

2. Mengandung pendapat dan fakta untuk mendukung ajakan

3. Dilengkapi kalimat persuasif yang ditandai dengan kata: ayo, marilah, saya mengajak, dll.

Struktur Teks Persuasi

Saat menulis teks persuasi, kita harus mengetahui strukturnya agar tulisan yang dihasilkan bisa sistematis. Ada empat bagian atau struktur teks persuasi.

1. Pengenalan isu

Pengantar atau pengenalan masalah yang akan dibahas

2. Rangkaian argumen

Pendapat penulis yang disertai dengan fakta-fakta. 

3. Pernyataan ajakan

Berisi ajakan kepada pembaca. Ditandai dengan kata: ayo, mari, saya mengajak, dll.

4. Penegasan kembali

Simpulan atau penutup yang ditandai dengan kata: jadi, dengan demikian, oleh karena itu, dll.


Contoh Teks Persuasi

Berikut kita sajikan contoh teks persuasi beserta dengan penjelasan strukturnya. 

Jauhi Begadang demi Kesehatan Kita

      Kebiasaan begadang masih sering dilakukan masyarakat. Tidak hanya orang dewasa, remaja pun kini sering begadang. Kebanyakan mereka begadang bukan untuk belajar. Mereka biasanya menunda waktu tidurnya untuk bermain smartphone. 

    Begadang dapat mengurangi waktu tidur seseorang. Padahal, kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, seseorang bisa dengan mudah terkena penyakit. Kurang tidur juga bisa mengurangi daya konsentrasi seseorang. Menurut sebuah penelitian dari University of Wisconsin, kurang tidur ternyata juga bisa menyebabkan penuaan kulit. 

      Kita harus memperhatikan waktu tidur kita. Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi segar. Tidur yang cukup akan membuat seseorang bersemangat saat memulai aktivitas di pagi hari. Mari kurangi begadang dan tidur yang cukup pada malam hari.

      Kita harus menghindari kebiasaan begadang yang kurang bermanfaat. Selain hanya menghabiskan waktu, hal itu juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tubuh manusia perlu istirahat untuk mempersiapkan aktivitas hari esok. Jadi, lebih baik tidur pulas daripada begadang yang tidak ada manfaatnya.

Penjelasan Struktur Contoh Teks Persuasi

Teks persuasi di atas memuat empat struktur, yakni pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan Kembali. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

Paragraf pertama adalah pengenalan isu karena membahas masalah yang akan akan diulas dalam isi, yakni tentang kebiasaan begadang. 

Paragraf kedua termasuk rangkaian argument karena di dalam paragraf tersebut membahas pendapat-pendapat tentang dampak negatif begadang. 

Paragraf ketiga termasuk struktur pernyataan ajakan karena di akhir paragraf terdapat kalimat ajakan, yakni untuk menghindari begadang. 

Sementara itu, paragraf terakhir atau keempat termasuk struktur teks persuasi penegasan kembali karena isi paragraf menegaskan kembali tentang dampak begadang dan saran untuk tidak begadang.

Itulah penjelasan mengenai pengertian teks persuasi, ciri-ciri, struktur, dan contohnya. Semoga postingan ini bermanfaat dan selamat belajar. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Pengertian Teks Persuasi, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contohnya"