Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1


1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1. Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 ini adalah CGP/peserta mampu membuat kesimpulan dan refleksi pengetahuan dan pengalaman baru yang dipelajari dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Pada fase 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 ini calon guru penggerak diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi dari Pembelajaran 1 hingga Pembelajaran 6 dan membuat sebuah koneksi antar materi yang sudah dipelajari. 

Instruksi tugas 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1:

1. Tinjau kembali tugas personal kerangka pembelajaran yang telah dikembangkan pada fase Ruang Kolaborasi, Refleksi Terbimbing, Demonstrasi Kontekstual, dan Elaborasi Pemahaman. 

2. Buatlah sebuah kesimpulan dan penjelasan mengenai pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang Anda pelajari dalam modul ini. 

3. Buatlah sebuah refleksi dari pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh dalam modul ini dan perubahan diri yang yang Andal alami dan akan Anda praktekan di sekolah dan kelas Anda.

4. Ceritakan (konstruksikan kembali) proses pembelajaran dan suasana kelas yang mencerminkan pemikiran KH Dewantara secara konkret sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di kelas dan sekolah Anda. 

5. Kesimpulan dan refleksi disajikan dalam bentuk media informasi. Format media dapat disesuaikan dengan minat dan kreativitas Anda. Contoh media yang dapat dibuat: artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, presentasi infografis, artikel dalam blog, dan lainnya.

6. Unggah media informasi yang telah dibuat ke Google Drive/Youtube Anda, dan jangan lupa untuk mengklik Bagikan/Shared agar bisa diakses oleh fasilitator. Kemudian kirimkan tautan media yang telah diunggah tadi di kolom Online text/Teks daring yang telah disediakan.

Pertanyaan pemantik dalam membuat kesimpulan dan refleksi terhadap pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1: 

1. Apa yang Anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum Anda  mempelajari modul 1.1?

2. Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku Anda setelah mempelajari modul ini? 

3. Apa yang dapat segera Anda terapkan lebih baik agar kelas Anda mencerminkan pemikiran KHD?

Berikut Tugas 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 yang disajikan dalam bentuk presentasi video: (KLIK SINI) atau lihat langsung di bawah ini.


Itulah tugas kegiatan 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan VII. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. terima kasih.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1"