Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid


3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Mulai Dari Diri adalah tahap pertama dalam alur MERDEKA pendidikan guru penggerak. Mulai Dari Diri modul 3.3. ini memiliki durasi 1 jam pelajaran atau 45 menit. CGP bisa belajar secara mandiri dalam tahap Mulai Dari Diri Modul 3.3. ini. 

Tujuan Pembelajaran Khusus di kegiatan 3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 3.3 ini adalah CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid

Kutipan dalam 3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 3.3

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak"

-Nadiem Makarim-

Pertanyaan Pemantik 3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 3.3

1. Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?

2. Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

Jawaban Mulai Dari Diri - Modul 3.3:

1. Program yang berdampak pada murid adalah program yang buat sesuai dengan kebutuhan murid untuk mengembangkan potensi murid dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. 

2. Adanya program yang berdampak kepada murid akan mendukung terwujudnya kepemimpinan murid (student agency). Kepemimpinan murid ditandai saat mereka mampu mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid"