Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tes Logika Bahasa Indonesia (Teka-Teki Bahasa)

Kali ini DapurImajinasi akan membagikan soal tentang tes logika bahasa Indonesia (teka-Teki Bahasa) yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa siswa. Soal ini bersifat sederhana, tetapi memerlukan kemampuan analisis dan logis. Siswa harus memahami setiap soal agar bisa menjawab dengan benar. Berikut 10 soal tes logika bahasa Indonesia.


    1.      Rumah lima orang siswa hanya mempunyai satu jalur untuk menuju SD Nusa. Doni selalu berangkat pagi untuk menghampiri Roni. Sebelumnya, Dino menghampiri Doni terlebih dahulu. Mereka pun bersama-sama menghampiri Dion. Setelah itu, mereka menghampiri Ryan untuk berangkat ke sekolah bersama-sama. Siapakah yang rumahnya paling jauh dari SD Nusa?

     2.      Ibunya Mei mempunyai lima anak. Anak pertama bernama Linda yang sekarang sudah menjadi guru dan mengajar di perdalaman Papua. Linda juga sudah mempunyai anak bernama Dhira. Linda mempunyai adik bernama Dinda yang sekarang kuliah di Jurusan Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kuliah Dinda sudah masuk semester III. Dinda mempunyai teman bernama Santi dan Dewi. Mereka mengontrak rumah milik Bu Maya. Dinda ternyata punya adik kembar yang bernama Santi dan Sinta. Santi dan Sinta yang sekarang sudah SMA ini mempunyai seorang adik. Nah, siapa nama adik mereka?

3.      Kereta Api Argolawu berangkat dari Solo pukul 07.00 dan tiba di Jakarta pukul 15.00. Kereta Api Senja Utama berangkat dari Solo pukul 09.00 dan tiba di Jakarta pukul 16.00. Kereta Api Jaka Tingkir berangkat dari Solo pukul 06.30 dan tiba di Jakarta pukul 17.30. Kereta api Solo Ekspres berangkat dari Solo pukul 05.00 dan tiba di Purwokerto pukul 10.00.
Hanya berdasar data di atas, jika Salma pada pukul 04.00 baru bangun tidur di rumahnya dan ingin tiba di Jakarta secepatnya pada hari itu juga, maka ia harus naik Kereta Api ... .

4.      Dodi punya kakak bernama Adi. Adi lebih tua daripada Ida. Ida lebih tua daripada Ilham. Ilham lebih muda daripada Adi. Ilham punya teman yang lebih tua darinya bernama Riko, yang usianya lebih muda dibanding Ida. Siapakah dari mereka yang paling tua.

5.      Fani berjalan ke arah utara. Ia kemudian belok kiri. Sampai di perempatan, ia belok kiri lagi. Setelah sampai di pertigaan, ia belok kiri lagi. Sekarang ia berjalan ke arah ... .

6.      Dilla mempunyai beberapa buah. Buah mangganya lebih manis daripada salaknya. Anggurnya lebih manis daripada mangganya. Anggurnya kalah manis dibandingkan apelnya dan dukunya lebih masam dibandingkan dengan apelnya. Buah yang paling manis yang dimiliki Dilla adalah ... .

7.      Ali menerbangkan layang-layangnya. Layang-layang itu dibelinya kemarin sore di warung Abah Amat. Ali menghias layang-layangnya sampai larut malam. Namun, paginya ia tetap bangun awal seperti biasanya dan berangkat sekolah tanpa terlambat. Kini layang-layang Ali terbang tinggi di angkasa. Ali pun semangat karena baru saja makan siang. Ia yakin tidak bosan jika memainkan layang-layangnya sampai sore hari.
Waktu kejadian pada cerita di atas adalah pada ... hari.

8.      Budi berumur 11 tahun.
Herman berumur 12 tahun.
Toni berumur 11 tahun 3 bulan.
Tiga bulan lagi, umur Dodi 11 tahun 1 bulan.
Siapakah yang paling muda?

9.      Namaku Yudi. Sekarang aku kelas VI SD. Agamaku Islam. Aku lahir di Madiun, 20 Juni 2004. Sehabis lahir aku dirawat orangtuaku di rumah dengan alamat Jalan Sawo Nomor 4 Malang. Namun, sewaktu kelas I SD aku pindah ke Jalan Mangga No. 3 Surabaya. Belum lama ini, aku baru saja pindah ke Jalan Duren No.2, Laweyan, Solo.
Sewaktu Yudi kelas V, ia beralamat di Kota ... .

10.  waktu lebih membutuhkan perjalanan dari Solo kurang ke Semarang jam empat.
Ubahlah susunan kata di kalimat di atas agar menjadi kalimat yang logis dan benar!

Kunci Jawaban soal di atas dapat diunduh DI SINI.
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

1 komentar untuk "Tes Logika Bahasa Indonesia (Teka-Teki Bahasa)"

  1. 2. Ibunya Mei mempunyai lima anak. Anak pertama bernama Linda yang sekarang sudah menjadi guru dan mengajar di perdalaman Papua. Linda juga sudah mempunyai anak bernama Dhira. Linda mempunyai adik bernama Dinda yang sekarang kuliah di Jurusan Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kuliah Dinda sudah masuk semester III. Dinda mempunyai teman bernama Santi dan Dewi. Mereka mengontrak rumah milik Bu Maya. Dinda ternyata punya adik kembar yang bernama Santi dan Sinta. Santi dan Sinta yang sekarang sudah SMA ini mempunyai seorang adik. Nah, siapa nama adik mereka?

    BalasHapus