Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik


Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Oleh: Andi Dwi Handoko, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Angkatan VII

Fasilitator: Wiwik Intarti, S.Pd.

Pengajar Praktik: Drs. Harry Pramudjoko

Di postingan ini saya menulis jurnal refleksi dwimingguan sesuai dengan pengalaman saya dalam proses pendidikan guru penggerak Angkatan ke-7. Jurnal refleksi ini saya tulis setelah saya mengikuti dan mempelajari modul 2.3. dengan topik Coaching untuk Supervisi Akademik. Dalam menulis jurnal, saya menggunakan model 4F, yakni Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan). 

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 2.3. Coaching untuk Supervisi Akademik

1. Fact (Peristiwa)

Saya memulai mempelajari modul 2.3. Coaching untuk Supervisi Akademik di LMS dengan alur MERDEKA, yakni:

a. Mulai dari Diri 

Pada hari Kamis, 9 Maret 2023, saya mulai mempelajari modul 2.3. Coaching untuk Supervisi Akademik dengan membuka tautan mulai dari diri. Di sini saya mendapat tugas untuk melakukan refleksi diri terkait pengalaman saya tentang supervisi akademik. Selain itu, saya juga diberi pertanyaan terkait harapan saya setelah selesai mempelajari modul 2.3. Hasil refleksi saya bisa diakses melalui tautan KLIK SINI

b. Eksplorasi Konsep

Di bagian eksplorasi konsep, saya belajar di LMS tentang pengertian dan konsep coaching. Saya juga belajar tentang paradigma dan prinsip coaching. Berikut paradigma coaching.

1) Fokus pada coachee/rekan yang akan dikembangkan

2) Bersikap terbuka dan ingin tahu

3) Memiliki kesadaran diri yang kuat

4) Mampu melihat peluang baru dan masa depan

Berikut prinsip-prinsip coaching:

1) Kemitraan

2) Proses Kreatif

3) Memaksimalkan Potensi

Saya juga belajar tentang kompetensi inti coaching, yakni:

1) Kehadiran Penuh/Presence

2) Mendengarkan Aktif

3) Mengajukan Pertanyaan Berbobot

Saya juga memahami alur coaching, yakni alur TIRTA:

1) Tujuan

2) Identifikasi

3) Rencana Aksi

4) Tujuan

Di akhir materi, saya mempelajari penerapan coaching dalam supervisi akademik. Secara umum, supervise akademik dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

1) Praobservasi

2) Observasi

3) Pascaobservasi

Setelah itu saya, melakukan diskusi asinkron. Saya menyampaikan refleksi pemahaman mengenai konsep coaching dan penggunaan keterampilan coaching untuk supervisi akademik secara tertulis kepada sesama CGP. Hasil dari refleksi saya, saya tuangkan dalam tulisan blog berikut: https://www.dapurimajinasi.com/2023/03/23a45-forum-diskusi-eksplorasi-konsep.html 

c. Ruang Kolaborasi

Ruang kolaborasi di modul 2.3. Coaching untuk Supervisi Akademik ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah presentasi hasil diskusi tersebut. Semua itu dilakukan secara daring melalui Gmeet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada tanggal 16 Maret 2023. 


Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari berikutnya, yakni pada tanggal 17 Maret 2023.


Hasil dari diskusi Ruang Kolaborasi kelompok saya bisa dilihat melalui tautan berikut:  KLIK SINI

d. Demonstrasi Kontekstual

Di bagian ini saya mendapatkan tugas mempraktikan coaching dengan rekan calon guru penggerak. Tugas demonstrasi kontekstual yang saya buat dapat diakses melalui tautan berikut: TONTON DI SINI

e. Elaborasi Pemahaman

Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 2.3. Coaching untuk Supervisi Akademik.

Beberapa pertanyaan yang akan menguatkan pemahaman saya akan materi konsep di Modul 2.3. ini adalah:

1. Dalam pelaksanaan coaching, coach diharapkan membantu coachee untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Namun, jika coachee tidak bisa menemukan solusi untuk masalahnya sendiri. Bolehkah seorang coach memberikan solusi atas permasalahan tersebut?

2. Apa yang harus dilakukan coach jika coachee tidak bisa menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya?

Saya juga melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Gmeet pada tanggal 25 Maret 2023. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Ibu Ajeng Wulansasi.


 f. Koneksi Antar-Materi

Di bagian koneksi antarmateri Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik, saya menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media. Hasil refleksi saya tuangkan dalam tautan: TONTON DI SINI

g. Aksi Nyata

Aksi nyata berisi pemahaman saya tentang modul 2.3 yang diterapkan secara nyata. Di aksi nyata ini saya melakukan coaching untuk supervisi akademik, mulai dari tahap praobservasi, observasi, dan pascaobservasi.

2. Apa yang Saya Rasakan?

Selama saya mempelajari Modul 2.3., saya merasakan perasaan yang semangat dan senang. Saya bersemangat karena di modul 2.3. saya belajar mengenai coaching yang bisa menambah kemampuan saya dalam hal komunikasi dan pemecahan masalah. Saya pun senang karena bisa teknik coaching yang sangat bermanfaat. Saya juga senang karena bisa berkolaborasi dengan rekan sesama calon guru penggerak.

3. Apa yang Saya Dapatkan

Di Modul 2.3. saya mendapatkan materi tentang coaching untuk supervisi akademik. Saya memahami paradigma dan prinsip dalam coaching, kompetensi inti coaching, Alur Tirta, dan implementasi coaching dalam supervisi pendidikan. 

4. Apa yang Akan Saya Lakukan?

Setelah memahami materi dalam modul 2.3. saya akan menerapkan teknik coaching untuk penyelesaian masalah. Saya juga akan menerapkan coaching jika kelas harus melakukan supervisi pendidikan.  

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik"