Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menemukan Topik dan Gagasan Utama dalam Teks “Sepeda Motor di Indonesia” Kelas 8 SMP

Menemukan Topik dan Gagasan Utama dalam Teks “Sepeda Motor di Indonesia” Kelas 8 SMP. Pada dasarnya, topik dan gagasan utama itu mengandung kata kunci yang sama, yakni “apa yang dibahas dalam teks”. Namun, topik dan gagasan utama adalah hal yang berbeda.

Topik adalah dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi karangan. Topik lebih bersifat umum daripada gagasan utama. Sementara itu, gagasan utama adalah ide utama atau inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf. Gagasan utama juga disebut ide pokok.

Di postingan kali ini, kita akan berlatih menemukan topik dan gagasan utama dalam teks “Sepeda Motor di Indonesia” kelas 8 SMP.

Dalam menentukan topik, kita akan menggunakan cara atau langkah-langkah yang ada di Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP. 

Langkah-langkah menentukan topik 

1. Perhatikan judulnya

2. Ajukan pertanyaan

3. Perhatikan hal yang dibahas dalam paragraf pertama dan terakhir.

4. Amati kata-kata yang paling sering muncul.

5. Amati peristiwa yang paling sering dibahas.

6. Amati petunjuk gambar.

Berikut pembahasan cara menentukan topik dalam teks “Sepeda Motor di Indonesia”. Sebelumnya, mari kita baca teks bacaan yang berjudul “Sepeda Motor di Indonesia”. 

Sepeda Motor di Indonesia


      Saat ini sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh sepeda motor. Banyak orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, baik alat transportasi pribadi maupun transportasi umum. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin. Ada bermacam-macam tipe sepeda motor. Ada sepeda motor jenis sport yang berkecepatan tinggi, bersuara bising, dan biasa digunakan oleh pembalap. Ada sepeda motor skuter matik yang dapat hidup otomatis tanpa menggunakan operan gigi manual. Ada sepeda motor bebek manual tanpa kopling. Ada sepeda motor trail yang biasa digunakan di medan berat/off road. Terakhir, ada sepeda motor cruiser yang dikenal dengan motor gede (moge) yang berkecepatan tinggi.

   Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena harganya cukup terjangkau. Dengan uang 15 juta rupiah, orang sudah bisa memiliki sepeda motor baru. Selain itu, sepeda motor juga dapat dibeli dengan cara cicilan melalui lembaga pembiayaan dan bank-bank. Kemudahan itu membuat jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia semakin meningkat. Sepeda motor bermanfaat sebagai alat transportasi pribadi. Ia digunakan untuk pergi bekerja karena termasuk salah satu alat transportasi yang hemat. Dengan bahan bakar seharga Rp7.800,00 per liter, pengendara sepeda motor bisa menempuh jarak sejauh 47 kilometer. Selain itu, sepeda motor juga bermanfaat untuk memudahkan pengendara dalam mengakses rute-rute sulit, gang-gang sempit, dan jalan-jalan yang macet untuk mencapai tujuan.

    Sepeda motor hanya boleh dikendarai oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika ada pengendara sepeda motor berusia di bawah 17 tahun, mereka akan dikenakan sanksi tilang. Setiap pengendara sepeda motor diwajibkan memakai helm, membawa SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta harus mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas. 

   Selain sebagai alat transportasi pribadi, sepeda motor juga digunakan sebagai alat transportasi publik, yaitu sebagai ojek, baik ojek konvensional maupun ojek online (ojol). Ojek konvensional biasanya disebut “ojek” dan merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor tanpa aplikasi, sedangkan ojol merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor dan aplikasi khusus dalam menerima pesanan. Saat ini sebagian besar ojek sudah beralih ke ojol. Mereka bergabung dengan mitra perusahaan pengelola aplikasi ojol. Keberadaan ojol cukup diminati karena tidak hanya melayani jasa transportasi antar jemput penumpang, tetapi juga melayani pesanan makanan, antar jemput barang, berbelanja, dan lain-lain. Demikianlah laporan mengenai sepeda motor dan manfaatnya sebagai salah satu alat transportasi publik yang keberadaannya tidak bisa diabaikan di Indonesia.

Berikut langkah-langkah menentukan topik dalam bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

1. Perhatikan judulnya

“Sepeda Motor di Indonesia”

2. Ajukan pertanyaan

“Apa yang paling sering dibahas dalam tulisan tersebut?”

Jawaban: sepeda motor

3. Perhatikan hal yang dibahas dalam paragraf pertama dan terakhir.

Paragraf pertama membahas tentang banyak orang yang menggunakan sepeda motor

Paragraf terakhir membahas tentang sepeda motor untuk transportasi publik

4. Amati kata-kata yang paling sering muncul.

Kata-kata yang sering muncul adalah “sepeda motor”

5. Amati peristiwa yang paling sering dibahas.

Peristiwa yang sering dibahas adalah penggunaan sepeda motor di Indonesia

6. Amati petunjuk gambar

Di bacaan terdapat gambar iring-iringan sepeda motor di jalan raya.

Berdasarkan hasil dari langkah-langkah di atas, dapat disimpulkan bahwa topik bacaan yang berjudul “Sepeda Motor di Indonesia” adalah Keberadaan sepeda motor di Indonesia.

Selanjutnya, mari kita bahas gagasan utama di setiap paragraf dalam bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”. Untuk menemukan gagasan utama, kita bisa menentukan kalimat utamanya terlebih dahulu. 

1. Gagasan utama paragraf pertama bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

Kalimat utama: Saat ini Sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh sepeda motor. 

Gagasan utama: Jalanan di Indonesia ramai oleh sepeda motor.

2. Gagasan utama paragraf kedua bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

Kalimat utama: Ada bermacam-macam tipe sepeda motor. 

Gagasan utama: Jenis-jenis sepeda motor.

3. Gagasan utama paragraf ketiga bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

Kalimat utama: Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena harganya cukup terjangkau.

Gagasan utama: Harga sepeda motor terjangkau.

4. Gagasan utama paragraf keempat bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

Kalimat utama: Sepeda motor bermanfaat sebagai alat transportasi pribadi.

Gagasan utama: Sepeda motor sebagai alat transportasi pribadi.

5. Gagasan utama paragraf kelima bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

Kalimat utama: Sepeda motor hanya boleh dikendarai oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Gagasan utama: Syarat mengendarai sepeda motor

6. Gagasan utama paragraf keenam bacaan “Sepeda Motor di Indonesia”.

Kalimat utama: Selain sebagai alat transportasi pribadi, sepeda motor juga digunakan sebagai alat transportasi public, yaitu sebagai ojek. 

Gagasan utama: Sepeda motor untuk alat transportasi publik.

Itulah pembahasan materi menemukan Topik dan Gagasan Utama dalam Teks “Sepeda Motor di Indonesia” Kelas 8 SMP. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Menemukan Topik dan Gagasan Utama dalam Teks “Sepeda Motor di Indonesia” Kelas 8 SMP"