Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

1.3.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 1.3. Visi Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 1.3. Visi Guru Penggerak ini adalah calon guru penggerak dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. 

Durasi dalam 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 1.3. Visi Guru Penggerak ini adalah 2 jam pelajaran. Moda yang digunakan dalam kegiatan ini adalah mandiri. Jadi, calon guru penggerak dapat menyelesaikan tugas koneksi antar materi modul 1.3. ini secara mandiri.

Di tahap 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 1.3. Visi Guru Penggerak ini, calon guru penggerak diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul yang telah dipelajari hingga kini, dengan merespon pertanyaan berikut:

1. Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu?

2. Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

Berikut Contoh Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Pada bagian koneksi antar materi modul 1.3. Visi Guru Penggerak ini saya mencoba menjajawab dua pertanyaan utama yakni: 

1. Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu? 

2. Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan di atas, ke dalam sebuah visi yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

Jawaban Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

1. Kaitan peran pendidik untuk mewujudkan filosofi pendidikan KHD dan profil pelajar Pancasila dengan paradigma inkuiri apresiatif saya jelaskan melalui video berikut:

2. Visi yang sudah melalui revisi: Terwujudnya siswa yang cerdas, berakhlak, dan adaptif.

Kaitan visi yang sudah direvisi dengan profil pelajar Pancasila:

a. Cerdas menggambarkan profil pelajar Pancasila, yakni mandiri dan bernalar kritis.

b. Berakhlak menggambarkan profil pelajar Pancasila, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dan gotong royong.

c. Adaptif menggambarkan profil pelajar Pancasila, yakni kreatif dan berkebinekaan global.

Itulah tugas 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 1.3. Visi Guru Penggerak. Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi. 
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "1.3.a.8. Koneksi Antar Materi Modul 1.3. Visi Guru Penggerak"