Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mulai dari Diri Modul 1.4 Budaya Positif

mulai dari diri Budaya Positif

Durasi dalam kegiatan Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif ini adalah satu jam Pelajaran. Di bagian ini, calon guru penggerak diharapkan untuk melaksankan refleksi mandiri. 

Adapun tujuan pembelajaran khusus dalam kegiatan Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif ini adalah:

1. Mengaktifkan pengetahuan awal apa yang telah dipelajari sebelumnya tentang konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dihubungkan dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah. 

2. Mengamati bagaimana sistem rancangan di sekolah masing-masing dapat menciptakan lingkungan positif serta mendukung murid menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan bertanggung jawab, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara.

Dalam kegiatan Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif, Bapak/Ibu diharapkan melakukan refleksi mandiri dengan menjawab beberapa pertanyaan.

Untuk memulai pembelajaran di modul budaya positif ini, marilah melakukan pengamatan, dan berefleksi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan  berikut:

Pertanyaan 1 Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Apa pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan Anda?

Jawab:

Suasana positif sangat penting karena bisa menumbuhkan energi positif bagi semua orang di lingkungan tersebut. Energi positif akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang/kelompok.

Pertanyaan 2 Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Sebagai seorang pendidik dan/atau pimpinan sekolah, bagaimana Anda dapat menciptakan suasana positif di lingkungan Anda selama ini?

Jawaban:

Bagaimana saya dapat menciptakan suasana positif di lingkungan selama ini? 1. mengawali diri untuk bersikap/berperilaku secara positif 2. menjalin hubungan/interaksi yang baik/positif dengan warga sekolah 3. jika ada permasalahan dengan warga sekolah lain, diselesaikan dengan positif/kepala dingin. 4. penanaman karakter yang positif kepada siswa baik secara langsung atau disisipkan dalam pembelajaran.

Pertanyaan 3 Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Apakah hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

Jawaban:

Proses pembelajaran yang berpihak pada murid harus dilandasi hubungan yang positif antara guru dengan siswa. Hubungan yang positif itu bisa dilakukan dengan kesepakatan-kesepakatan dalam pembelajaran sehingga akan terwujud pembelajaran yang diinginkan oleh siswa dan guru. Suasana positif yang tercipta dalam pembelajaran akan membuat siswa nyaman dalam belajar dan tumbuh tanggung jawab dalam diri mereka.

Pertanyaan 4 Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu diperbaiki dan dikembangkan?

Jawaban:

Sekolah saya sudah melakukan penerapan disiplin dalam bentuk aturan dan tata tertib. Hanya saja, hal tersebut belum efektif karena beberapa siswa masih sering tidak menaati aturan atau tata tertib tersebut. Menurut saya, hal yang perlu diperbaiki dan dikembangkan adalah adanya tata tertib yang juga melibatkan siswa dalam pembentukannya sehingga siswa akan lebih bertanggung jawab dengan aturan itu, misalnya dengan keyakinan dan kesepakatan-kesepakatan.

Harapan untuk Diri Sendiri dalam kegiatan Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Setelah Anda melaksanakan refleksi terkait peran Anda dalam menciptakan budaya positif, isilah kolom harapan berikut ini:

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada diri Anda, sebagai seorang pemimpin pembelajaran yang memiliki pengaruh pada warga sekolah, terutama murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Harapan pada Murid dalam kegiatan Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Setelah Anda melaksanakan refleksi terkait peran Anda dalam menciptakan budaya positif, isilah kolom harapan berikut ini:

Apa saja harapan-harapan yang ingin Anda lihat berkembang pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya adalah murid-murid bisa mengembangkan budaya positif di sekolah dan di lingkungan sekitarnya sehingga mereka bisa menjadi "cahaya" yang menebarkan energi positif di manapun mereka berada.

Ekspektasi dalam kegiatan Mulai dari diri Modul 1.4 Budaya Positif

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Ekspetaktasi saya terhadap modul ini adalah adanya materi yang mudah saya pahami, adanya strategi atau praktik yang bisa saya lakukan untuk menumbuhkan budaya positif di lingkungan/sekolah, dan semoga semua itu memberikan manfaat bagi saya dan orang-orang di sekitar saya, terutama untuk peserta didik.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Mulai dari Diri Modul 1.4 Budaya Positif"