Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dukung Program Kota Hijau


oleh: Andi Dwi Handoko

Bumi semakin panas. Cuaca kian tindak menentu. Musim pun kian membingungkan manusia. Bumi terancam dengan global warming. Perilaku manusia yang kebablasan mengeksplorasi bumi adalah salah satu penyebabnya.

Bangunan-bangunan yang sembrono dibangun tanpa aturan tata ruang publik berdampak mengurangi daya serap tanah. Jatah tanah untuk pohon-pohon semakin berkurang, terutama di kota-kota besar. Akibatnya, kota menjadi panas.

Usulan Wali Kota Solo, Joko Widodo untuk membangun Kota Solo menjadi Kota Hijau patut mendapat apresiasi. Sebagai langkah awal, diadakan proyek pagar hidup, yakni mengganti pagar beton dengan pagar tanaman. Kalaupun pagar beton sayang untuk dirobohkan, ada alternatif untuk memberi tanaman rambat pada pagar tersebut. Selain itu, tentu yang terpenting adalah kesadaran masyarakat dalam merawat dan mencintai pohon serta lingkungan sekitarnya.

Semoga program ini berjalan mulus dan sukses agar menjadi rujukan bagi kota-kota lainnya. Dengan begitu, kota-kota akan hijau sehingga dapat meminimalisasi global warming.

gambar dari: bangfiko.web.id
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

2 komentar untuk "Dukung Program Kota Hijau"

  1. tapi jangan sampai kebijakan lingkungan, juga mengesampingkan kesejahteraan rakyat kecil...

    BalasHapus
  2. Sip.itu juga buisa ditambahkan....karena opini saya di atas hanya memfokuskan pada lingkungan....

    BalasHapus

Berlangganan via Email