Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pe­mu­kim­an atau Per­mu­ki­man



oleh Andi Dwi Handoko

Da­lam ke­hi­dup­an se­ha­ri-ha­ri ki­ta se­ring men­jum­pai peng­gu­na­an ka­ta “pe­mu­kim­an” dan “per­mu­ki­man”. Na­mun, ka­ta yang cen­de­rung se­ring di­pa­kai ada­lah ka­ta ”pe­mu­kim­an”. Mi­sal­nya, ”Pa­ra ge­lan­dang­an itu ting­gal di pe­mu­kim­an ku­muh se­ki­tar ban­tar­an su­ngai.” Con­toh ka­li­mat ter­se­but se­ki­las tam­pak ti­dak ada ma­sa­lah dan da­pat di­te­ri­ma ba­gi se­se­o­rang yang men­de­ngar­nya. Akan te­ta­pi, ji­ka di­ru­nut se­suai mak­na peng­im­buh­an (afik­sa­si), ter­nya­ta ka­ta ”pe­mu­kim­an” da­lam ka­li­mat ter­se­but peng­gu­na­an­nya ti­dak te­pat.

Ka­ta yang te­pat un­tuk ka­li­mat di atas se­ha­rus­nya ada­lah ”per­mu­ki­man” ka­re­na me­nya­ta­kan sua­tu tem­pat. Ka­ta ”per­mu­ki­man” ber­asal da­ri ka­ta da­sar ”mu­kim” yang men­da­pat im­buh­an ”per-an” dan me­nya­ta­kan mak­na tem­pat. Ka­sus ini da­pat di­pa­dan­kan de­ngan ka­ta ”ce­tak” yang ju­ga di­tam­bah de­ngan im­buh­an ”per-an”, se­hing­ga mak­na ka­ta­nya men­ja­di tem­pat un­tuk men­ce­tak. Con­toh lain­nya yang me­nya­ta­kan tem­pat ada­lah per­bu­kit­an, per­sa­wah­an, per­ke­bun­an dan lain-lain.

La­lu, ba­gai­ma­na de­ngan ka­ta ”pe­mu­kim­an”? Apa­kah peng­gu­na­an ka­ta ter­se­but ti­dak ba­ku? Ten­tu sa­ja ka­ta pe­mu­kim­an ju­ga ba­ku, te­ta­pi peng­gu­na­an­nya ti­dak me­nya­ta­kan se­buah tem­pat. Ka­ta ”pe­mu­kim­an” ju­ga ber­asal da­ri ka­ta ”mu­kim” yang men­da­pat im­buh­an ”pe(N)an” dan me­nya­ta­kan mak­na pro­ses. Con­toh da­lam ka­li­mat­nya se­per­ti: ”Pe­mu­kim­an pen­du­duk di ka­was­an ter­se­but me­ma­kan wak­tu ti­dak le­bih da­ri sa­tu pe­kan.” Ja­di, ka­ta ”pe­mu­kim­an” da­lam ka­li­mat ter­se­but mem­pu­nyai mak­na ”pro­ses me­mu­kim­kan.”

Di ma­sya­ra­kat ju­ga ma­sih se­ring di­te­mu­kan peng­gu­na­kan ka­ta ”pe­ma­ka­man,” ”pe­gu­nung­an,” ”pe­ga­dai­an”, ”pe­de­sa­an” dan lain-lain yang se­mua­nya me­nya­ta­kan tem­pat. Se­ca­ra ide­al, ji­ka me­nya­ta­kan tem­pat, se­ha­rus­nya ka­ta-ka­ta ter­se­but di­gan­ti men­ja­di ”per­ma­ka­man,” ”per­gu­nung­an,” ”per­ga­dai­an,” dan ”per­de­sa­an.” De­ngan me­nge­ta­hui se­tiap mak­na ka­ta yang di­be­ri im­buh­an, se­o­rang di­ha­rap­kan da­pat meng­gu­na­kan ka­ta ber­im­buh­an se­ca­ra be­nar dan te­pat.

Dimuat di Solopos edisi Kamis, 09 Juni 2011 , Halaman : 6
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

4 komentar untuk "Pe­mu­kim­an atau Per­mu­ki­man"