Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Unduh Ejaan yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia Terbaru



Ejaan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Ejaan yang Disempurnakan (EYD) merupakan kumpulan aturan tata tulis dalam bahasa Indonesia, mulai dari penulisan huruf, kata, frasa, kalimat, tanda baca, huruf kapital, dan lain-lain. Seperti namanya. EYD selalu mengalami pengembangan dan penyempurnaan (walau tidak setiap tahun).

(Baca juga:  15 Fungsi Huruf Kapital, Nomor 7 Sering Tidak Diperhatikan)

Pengembangan yang terbaru dilakukan tahun 2016. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD) diubah menjadi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Dengan memahami PUEBI, kita dapat menggunakan bahasa Indonesia secara benar dan tepat. Hal ini sangat penting mengingat sekarang banyak orang yang masih salah dalam menggunakan bahasa Indonesia, terutama di bidang tulis-menulis. Untuk itu, aturan bahasa Indonesia harus diajarkan lebih intens kepada masyarakat.

Silakan unduh EYD terbaru (yang sudah diubah menjadi EBI) dalam bentuk pdf di link berikut ini!


Baca juga: Soal tentang EYD.

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

12 komentar untuk "Unduh Ejaan yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia Terbaru"

Berlangganan via Email