Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Jawa Disertai Arti

Memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa mungkin saja diperlukan dalam suatu kegiatan. Di sekolah yang menerapkan pembelajaran bahasa Jawa, materi memperkenalkan diri bisa menjadi materi pokok sebelum diajarkan materi bahasa Jawa yang lain. Hal ini dikarenakan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa bisa memberi pengaruh yang besar terhadap daya tarik seorang siswa terhadap bahasa Jawa. Setidaknya, dengan memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa, siswa akan mengenali dirinya sendiri dengan bahasa Jawa yang ia ucapkan.

Di era globalisasi ini, pengaruh bahasa asing sangatlah kentara. Perlahan banyak bahasa daerah yang mulai ditinggalkan pemakainya. Orang Jawa sendiri banyak yang memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar daripada bahasa Jawa. Karena kemudahan dan kebiasaan dalam menggunakan bahasa Indonesia, lambat laun penggunaan bahasa Jawa pun semakin berkurang, apalagi bahasa krama yang dinilai mempunyai nilai kesantunan yang sangat tinggi.

Nah, agar bahasa Jawa tetap terjaga dengan baik. Marilah sedikit demi sedikit tetap mempelajari bahasa Jawa. Salah satunya dengan mempelajari cara memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika saya mengajar bahasa Jawa di kelas, siswa kelas VI yang saya ajar cukup kesulitan ketika saya suruh maju memperkenalkan diri dengan bahasa Jawa. Ketika saya ajarkan dengan contoh di bawah ini, ternyata mereka bisa memperkenalkan diri mereka dengan bahasa Jawa walaupun ada yang lancar dan agak tidak lancar.

Berikut Contoh Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Jawa




Assalamualaikum wr.wb.
Nuwun sewu, nderek nepangaken, nami kula Mukidi. Kula lair wonten Sukoharjo rikala 13 Juni 2004. Umur kula sakniki sampun 12 tahun. Agami kula Islam. Griya kula wonten ing Perum Senengmesem No 12, Gentan, Sukoharjo.

Kula putra mbarep. Sederek kula wonten kaleh. Adik kula namine Mukijan lan Mukini. Asma bapak kula Mukidjo. Menawi ibu kula asmanipun Mukinem. Bapak kula ngasta wonten kantor walikota Solo. Piyambakipun dados petugas bendahara. Menawi ibu kula wonten griya dados ibu rumah tangga.
 
Kula niku salah satunggaling murid wonten SD Nusa Surakarta. Kula sakniki sampun kelas VI. Kula gadah kasenengan inggih menika nembang Jawa lan maca buku. Kula gadah gegayuhan inggih menika dados menteri pendidikan amargi kula pengin majukaken pendidikan wonten ing Indonesia. Kangge mawujudaken menika, kula kudu sregep sinau lan dedonga. Kula ugi gadah semboyan, inggih menika pantang menyerah lan terus usaha dados tiyang ingkang sae supados selamet wonten donya lan akhirat.

Cekap semanten tetepangan saking kula, akhiru kalam wassalamualaikum wr. wb.


(Baca juga: Contoh Cerkak/Cerita Pendek Bahasa Jawa)

Arti contoh perkenalan diri dengan bahasa Jawa

Assalamualaikum wr.wb.
Permisi, mohon kesediaan waktunya untuk saya memperkenalkan diri, nama saya Mukidi. Saya lahir di Sukoharjo, 13 Juni 2004. Sekarang umur saya sudah 12 tahun. Saya beragama Islam. Alamat saya di Perum Senengmesem No. 12, Gentan, Sukoharjo.
Saya adalah anak pertama. Saudara saya ada dua. Adik saya namanya Mukijan dan Mukini. Ayah saya bernama Mukidjo. Sementara itu, ibu saya bernama Mukinem. Ayah saya bekerja di kantor walikota Solo. Beliau menjadi petugas bendahara. Sementara itu, ibu saya di rumah menjadi ibu rumah tangga.

 Saya merupakan salah satu murid di SD Nusa Surakarta. Sekarang saya sudah kelas VI. Saya punya hobi yaitu menyanyi lagu Jawa dan membaca buku. Saya punya cita-cita, yaitu menjadi menteri pendidikan karena saya ingin memajukan pendidikan di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, saya harus rajin belajar dan berdoa. Saya juga punya semboyan, yakni pantang menyerah dan terus berusaha menjadi orang yang baik supaya selamat di dunia maupun akhirat.
Cukup sekian perkenalan dari saya, akhiru kalam wassalamualaikum wr. wb.

Itulah contoh teks memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa. Teks tersebut hanyalah contoh dan bisa diubah sesuai identitas yang akan memperkenalkan diri. Untuk langkah-langkah memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa dapat mengikuti tips-tips di bawah ini.


Tips memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Jawa

1. Buat/edit teks perkenalan diri menggunakan bahasa Jawa di atas dengan identitasmu

2.  Baca dan pahami artinya (jangan dihafalkan)

3.  Jika perlu dihafalkan, cukup hafalkan saja kata kunci atau urutannya

4.  Siapkan mental dan kepercayaan diri sebelum memperkenalkan diri

5.  Perkenalkanlah dirimu dengan bahasa Jawa dengan percaya diri dan suara yang cukup untuk didengar.


Sobat DapurImajinasi yang ingin menggunakan artikel ini untuk pembelajaran, sumber belajar, atau soal, silakan menggunakannya dan mohon keikhlasannya untuk mengikuti blog ini atau memberi komentar di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan teruslah berimajinasi.
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

14 komentar untuk "Cara Mudah Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Jawa Disertai Arti"

Berlangganan via Email