Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Video Pembelajaran Drama "Dhemit" Karya Heru Kesawa Murti

Video pembelajaran drama "Dhemit" Karya Heru Kesawa Murti ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di dalam kelas. Video ini merupakan hasil pementasan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNS Surakarta angkatan 2006. Terkadang, banyak sekali video drama yang ada di Youtube hasil pementasan, tetapi durasi waktunya terlalu panjang. Ada yang sampai satu jam, bahkan dua jam. Video pembelajaran yang terlalu lama durasinya bisa membuat bosan atau siswa mengantuk. Tidak hanya itu, waktu pembelajaran pun tidak bisa efektif karena waktu banyak dihabiskan untuk menonton video. Durasi video ini hanya sekitar 15 menit. Durasi yang sangat cukup untuk isian dalam pembelajaran. 

Video pembelajaran drama "Dhemit" karya Herus Kesawa Murti dapat ditonton di Channel Youtube DapurImajinasi atau langsung di sini.

 

 

Isi Video Pembelajaran Drama Dhemit


Video drama Dhemit karya Heru Kesawa Murti ini menceritakan seorang pekerja proyek yang sedang kebingungan. Ia berdiskusi dengan bawahannya untuk memecahkan persoalan yang sedang dialaminya. Pekerja proyek tersebut bingung karena ia harus menebang semua pohon di lahan yang akan dibangunnya. Pekerjaan penebangan pohon sudah dilakukan dan hampir semua pohon berhasil ditumbangkan. Namun, ternyata masih ada satu pohon yang sulit untuk dirobohkan. Pohon itu sudah coba ditebang dengan gergaji, bahkan memakai ekskavator, tetapi hasilnya tetap nihil. Pohon itu tetap kokoh berdiri, dan benda-benda yang digunakan untuk merobohkan rusak.

Pohon yang kokoh berdiri itu adalah pohon preh yang ukurannya besar. Secara logika, pohon itu sebenarnya mudah dirobohkan. Namun, ada hal lain yang ternyata melindungi pohon itu. Ternyata, pohon besar itu ada penghuninya dari dunia lain. Mereka terusik dan tetap berusaha mempertahankan tempat tinggal mereka. Ada Jin Kiai Preh sebagai ketua kelompok para jin dan anak buahnya seperti kuntilanak, jerangkong, suster ngesot, genderuwo, sawan, pocong, dan lain-lain.

(Baca juga: Naskah Mini Drama Dua Pintu)

 

Berisi Kritik Sosial dan Ajakan Cinta Lingkungan

Drama teater Dhemit ini mengetengahkan kritik sosial tentang pembangunan di era sekarang yang semakin gencar. Banyak pembangunan yang tidak mengindahkan dampak lingkungan. Hal yang dipentingkan hanyalah keuntungan dari pembangunan itu. Hikmah tersirat yang dapat diambil dari kisah drama Dhemit ini adalah ajakan untuk cinta lingkungan. Pembangunan tetap sah saja dilakukan, hanya saja harus sesuai dengan analisis dampak lingkungan sehingga tidak merugikan banyak pihak.

(Baca juga: Naskah Drama lelaki Tua dan Angkringan)
 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Video Pembelajaran Drama "Dhemit" Karya Heru Kesawa Murti"

Berlangganan via Email