Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kalimat Objektif dan Subjektif, Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP


Di postingan kali ini kita akan membahas kalimat objektif dan subjektif yang merupakan materi bahasa Indonesia kelas 8 SMP. 

Materi tentang kalimat objektif dan subjektif diajarkan kepada siswa kelas 8 SMP yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Materi kalimat objektif dan subjektif adalah salah satu bagian dari materi Menulis Laporan Hasil Observasi. Di buku siswa materi Menulis Laporan Hasil Observasi terdapat di bagian awal buku. 

Kalimat objektif dan subjektif diajarkan dalam materi Menulis Laporan Hasil Observasi karena laporan hasil observasi harus bersifat objektif, yakni memaparkan keadaan tanpa dipengaruhi pendapat penulis. 

Pengertian Kalimat Objektif

Kalimat objektif adalah kalimat yang sesuai dengan fakta tanpa dipengaruhi pendapat penulis. Kalimat objektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Berdasarkan fakta

2. Tanpa ada pengaruh/pendapat penulis

3. Berdasarkan data yang sulit dibantah

Contoh Kalimat Objektif

Berikut beberapa contoh kalimat objektif:

1. Matahari terbit dari arah timur.

2. Bus itu berwarna biru.

3. Laki-laki itu duduk di halte bus.

4. Di halaman sekolah terdapat 5 pohon mangga.

5. Wajan itu terbuat dari alumunium.

Pengertian Kalimat Subjektif

Kalimat subjektif adalah kalimat yang dipengaruhi oleh pendapat penulis. Adapun ciri-ciri kalimat subjektif adalah sebagai berikut!

1. Kalimat berupa pendapat penulis

2. Menggunakan kata-kata yang subjektif, emotif, dan mengandung unsur ketidakpastian, seperti mungkin, sangat, berharap, ibarat, kira-kira, barangkali, dan lain-lain.

3. Kalimat bisa diperdebatkan.

Contoh Kalimat Subjektif

Berikut beberapa contoh kalimat subjektif:

1. Saya berharap pemilu tahun 2024 tidak ditunda. 

2. Hawa di kelas ini sangat panas. 

3. Mungkin kamu bukanlah jodohku.

4. Anak itu sangat mirip dengan adikku.

5. Bajumu kusam bisa jadi karena sering dijemur terlalu lama di bawah terik matahari.

Pembahasan soal latihan kalimat objektif dan subjektif di buku siswa kelas 8 dapat dilihat dalam postingan Pembahasan Latihan tentang Kalimat Objektif dan Subjektif Kelas 8 SMP.
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Kalimat Objektif dan Subjektif, Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP"