Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Jenis Salam dalam Pembuka Pidato dan Artinya

salam pembuka pidato

Saat kita mendengarkan pidato dari pejabat negara, biasanya mereka menggunakan salam pembuka yang khas. Ada lima bentuk salam pembuka yang biasa digunakan untuk membuka pidato. Salam itu berbunyi “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera, om swastiastu, namo budhaya, salam kebajikan”. 

Ternyata salam ini mewakili setiap agama yang ada di Indonesia, yakni Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Salam pembuka tersebut memiliki arti masing-masing. 

Berikut adalah arti dari 5 jenis salam yang biasa disampaikan dalam pembuka pidato.

1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah ucapan salam dalam agama Islam. Arti salam ini adalah semoga keselamatan dan Rahmat Allah serta keberkahan-Nya terlimpah kepada kalian.

2. Salam Sejahtera

Salam Sejahtera adalah ucapan salam dalam agama Kristen dan Katolik. Salam ini memiliki arti salam sejahtera bagi kita semua.

3. Om swastiastu

Om swastiastu adalah ucapan salam dalam agama Hindu. Om swastiastu berarti semoga dalam keadaan  selamat atas karunia Sang Hyang Widhi.

4. Namo Budhaya

Namo budhaya adalah ucapan salam dalam agama Buddha. Salam ini mengandung arti terpujilah semua Buddha.

5. Salam kebajikan

Salam kebajikan adalah ucapan salam dalam agama Konghucu yang artinya hanya kebajikanlah yang bisa menggerakkan Tian (Tuhan).

Itulah lima jenis salam yang biasa diucapkan saat menyampaikan pidato. Ternyata setiap salam mewakili setiap agama yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 5 Jenis Salam dalam Pembuka Pidato dan Artinya"