Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Dua Teks


Membandingkan dua teks dapat dilakukan dengan cara menentukan persamaan dan perbedaan kedua teks. Soal menentukan persamaan dan perbedaan dua teks sering muncul dalam soal ujian sekolah. Soal menentukan persamaan dan perbedaan dua teks dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan secara detail. 

Berikut DapurImajinasi sajikan postingan tentang soal menentukan persamaan dan perbedaan dua teks beserta kunci jawabannya.

Contoh Pertama Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Dua Teks 


Carilah masing-masing 2 persamaan dan perbedaan teks berikut!



Teks 1
Burung unta adalah burung besar bersayap yang tidak bisa terbang. Walaupun tidak bisa terbang, sayap burung yang berasal dari Afrika ini masih tetap berfungsi untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika berlari. Bagi burung unta jantan, sayapnya berguna untuk mencari perhatian burung unta betina. 

Teks 2
Burung emu adalah burung terbesar kedua di dunia. Burung ini berasal dari Australia. Tinggi burung emu bisa mencapai 80 cm dengan berat sekitar 45-55 kg. Bentuk tubuh yang besar membuat burung emu tidak bisa terbang. Panjang paruhnya bisa mencapai sekitar 15 cm. Bulu burung ini berwarna abu-abu berseling garis-garis cokelat tua. 

JAWABAN:

Persamaan kedua teks di atas:
a. membahas burung
b. burung yang tidak bisa terbang
c. jenis burung besar

Perbedaan kedua teks di atas:
a. Teks 1 membahas burung unta, teks 2 membahas burung emu
b. Burung unta berasal dari Afrika, sedangkan burung emu dari Australia

Contoh Kedua Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Dua Teks 

Carilah masing-masing 2 persamaan dan perbedaan teks berikut!


Teks 1
Bunglon merupakan salah satu hewan yang unik. Ia mampu beradaptasi di lingkungannya dengan cara mimikri. Bunglon dapat mengubah warna kulit sesuai warna benda di sekitarnya agar dapat mengelabui binatang pemangsa. Jika bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka dia akan berubah warna kulit menjadi hijau.

Teks 2
Cecak mempunyai kemampuan beradaptasi dengan cara autotomi. Jika merasa terancam ia akan memutuskan ekornya sendiri untuk kabur dari sergapan musuh. Ekor yang putus akan melakukan gerakan-gerakan sehingga perhatian pemangsa akan fokus ke arah ekor yang putus. Cecak pun bisa kabur dengan lebih leluasa.

JAWABAN:

Persamaan kedua teks di atas:
a. membahas adaptasi hewan
b. adaptasi untuk mengelabui musuh/pemangsa

Perbedaan kedua teks di atas:
a. Teks 1 membahas adaptasi bunglon, teks 2 membahas adaptasi cecak
b. Bunglon melakukan mimikri, cecak melakukan autotomi

Contoh Ketiga Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Dua Teks 

Carilah masing-masing 2 persamaan dan perbedaan teks berikut!


Teks 1
Akhir-akhir ini banyak orang yang dihebohkan dengan penemuan ular kobra di permukiman. Ular yang sisiknya didominasi warna hitam ini cukup meresahkan karena memiliki bisa yang tinggi. Jika ada yang digigit ular kobra segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan antibisa ular kobra. Orang pun harus hati-hati dengan ular yang ukurannya bisa mencapai 2 – 3 meter ini karena selain melalui gigitan, ular ini juga bisa menyemburkan bisa.

Teks 2
King kobra adalah ular berbisa tinggi yang panjangnya bisa mencapai 5 – 6 meter. Walaupun tidak dapat menyemburkan bisa, gigitan ular ini mampu dengan cepat menewaskan seseorang. Di Indonesia pun belum ada serum antibisa king kobra. Untuk itu, seseorang harus waspada jika bertemu dengan ular ini.

JAWABAN:

Persamaan kedua teks di atas:
a. membahas ular
b. ular berbisa tinggi
c. ada ajakan untuk waspada/hati-hati

Perbedaan kedua teks di atas:
a. Teks 1 membahas ular kobra, teks 2 membahas ular king kobra
b. Ular kobra mampu menyemburkan bisa, king kobra tidak dapat menyemburkan bisa
c. Serum antibisa kobra sudah ada, sedangkan serum antibisa king kobra belum ada

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Soal Menentukan Persamaan dan Perbedaan Dua Teks"