Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lirik dan Arti Lagu Layang-Layang di Buku Siswa Kelas 2 Tema 2

Mengenal Lagu "Layang-Layang"?

Pernahkah teman-teman menyanyikan lagu "Layang-Layang"? Siapa yang tidak kenal lagu ini. Lagu ini termasuk lagu anak-anak yang sering dinyanyikan di sekolah. Nadanya riang sehingga bisa membangkitkan perasaan senang bagi anak-anak. Lagu anak seperti lagu "Layang-Layang" perlu sekali diajarkan kepada anak-anak agar mereka mengenal lagu sesuai usianya. Lagu ini juga dipelajari di materi Kelas 2 Tema 2 dan termuat di buku siswa yang bertema Bermain di Lingkunganku. 

Kali ini dapurImajinasi akan membagikan lirik dan video lagu "Layang-Layang". Namun, sebelumnya, siapa sih yang menciptakan lagu "Layang-Layang"? Di berbagai sumber, lirik lagu "Layang-Layang" penciptanya selalu tertulis NN. Apa maksud dua huruf NN pada lirik lagu "Layang-Layang"?

NN yang tertulis di lirik lagu "Layang-Layang" adalah singkatan dari nomen nescio yang memiliki arti “tanpa menyebutkan nama”. Jadi, NN itu bukan singkatan dari no name atau anonim. Pencipta NN mempunyai maksud belum ada yang mengetahui lagu itu diciptakan oleh siapa. 

Nah, seperti apa lirik lagu "Layang-Layang"? Berikut lirik lagu "Layang-Layang" yang bisa dijadikan referensi untuk belajar menghafal lagu tersebut. Lirik ini diambil dari buku siswa Tema 2 Kelas 2.

"Layang-Layang"

Pencipta: NN


Kuambil buluh sebatang

Kupotong sama panjang

Kuraut dan kutimbang dengan benang

Kujadikan layang-layang

Bermain berlari

Bermain layang-layang

Berlari kubawa ke tanah lapang

Hatiku riang dan senang


Maksud lagu Layang-Layang

Maksud lagu Layang-Layang yang diciptakan NN adalah menceritakan seorang anak yang membuat layang-layang, kemudian memainkannya. Lirik yang menceritakan seorang anak membuat layang-layang adalah terdapat di empat lirik pertama. 

Kuambil buluh sebatang.

Buluh berarti bambu. Jadi, diceritakan ada anak yang mengambil sepotong bambu. 

Kupotong sama panjang.

Anak itu memotong bambu tersebut dengan ukuran panjang yang sama. 

Kuraut dan kutimbang dengan benang

Setelah dipotong, anak itu merautnya sehingga menjadi lebih kecil. Setelah itu, anak itu merangkai bambu itu dengan benang.

Kujadikan layang-layang

Lirik ini menceritakan anak yang membuat layang-layang dari bahan bambu tadi. 

Bermain berlari, bermain layang-layang

Setelah jadi, anak itu bermain layang-layang. Ia memainkan layang-layangnya dengan berlari-lari.

Bermain kubawa ke tanah lapang, hatiku riang dan senang

Anak itu memainkan layang-layang di sebuah tanah yang luas. Dia tampak senang memainkan layang-layangnya. 

Itulah lirik dan video lagu "Layang-Layang" dan sedikit penjelasan tentang arti lagu tersebut. Semoga memberi manfaat dan tetap semangat belajar bersama dapurImajinasi. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Lirik dan Arti Lagu Layang-Layang di Buku Siswa Kelas 2 Tema 2"

Berlangganan via Email