Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Puisi Perpisahan Sekolah untuk Angkatan Corona


Tahun 2021 ini mungkin banyak orang yang akan membuat puisi perpisahan sekolah untuk angkatan Corona. Pasalnya di tahun ajaran 2020/2021 yang akan berakhir di bulan Juni ini, siswa kelas akhir, baik SD, SMP, dan SMA sebagian besar tidak mencicipi belajar di sekolah. Selama satu tahun penuh, mereka belajar dari rumah karena adanya Covid-19. Mungkin ada beberapa sekolah yang sudah melaksanakan tatap muka dan belajar di sekolah. Namun, masih banyak sekolah yang belum berani atau masih dilarang mengadakan pembelajaran secara tatap muka untuk mencegah penularan virus Corona.

Bisa dikatakan siswa yang lulus di tahun ini adalah siswa angkatan Corona murni. Untuk itu, acara perpisahan sekolah biasanya diisi dengan pembacaan puisi. Tentunya akan lebih cocok jika puisi yang dibacakan adalah puisi perpisahan sekolah untuk angkatan Corona. Walau mungkin, acara perpisahan sekolah juga dilakukan daring, tetapi puisi perpisahan sekolah bisa menjadi salah satu acara yang tidak boleh dilewatkan.

Kali ini dapurImajinasi akan memberikan contoh puisi perpisahan sekolah yang sangat cocok dibacakan siswa angkatan Corona. Berikut puisi perpisahan sekolah untuk Angkatan Corona.


Biarlah Berlalu

Karya: Andi Dwi Handoko

 

Kawan,

Kita pernah berlarian

di antara anak tangga sekolah ini

Kita pernah merangkul sepinya ruang kelas

dengan celoteh kecil kita

Semua seperti baru saja terlewat

Saat kita mengeja huruf,

menghitung angka, murajaah surah,

atau

saat kita tertawa

entah karena apa


Kawan,

Denting detik jam di dinding itu

selalu memberi tanda

di setiap memori kisah kita

Selalu menjelma kenangan

seiring angka kalender berubah

Kita yang dulu kanak

berlalu remaja tanpa remah kata


Kawan,

Biarlah berlalu

perpisahan ini mungkin tanpa jabat tangan

Namun,

hati kita 'kan selalu berjabat

sampai kapan pun

Kisah kita akan selalu hidup

Meski harus terkubur

namun

waktu akan selalu menemani

untuk menziarahi kisah-kisah kita.

 

Kawan,

Biarlah berlalu,

pandanglah jauh di depanmu

masa depan penuh cerah

segera menjemputmu.

Itulah puisi perpisahan sekolah untuk Angkatan Corona. Puisi perpisahan sekolah ini pun bisa digunakan secara umum alias bukan angkatan Corona saja jika nanti (semoga saja) Covid-19 benar-benar sudah hilang dari muka bumi ini. Siswa atau guru yang ingin menggunakan puisi ini untuk digunakan dalam acara perpisahan atau yang lainnya, saya persilakan dan tentunya saya akan sangat senang jika puisi bisa bermanfaat bagi orang lain. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Puisi Perpisahan Sekolah untuk Angkatan Corona "

Berlangganan via Email