Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Video Aktualisasi Latsar CPNS, Predikat Sangat Memuaskan

Pada kesempatan kali ini dapurImajinasi ingin membagikan contoh video aktualisasi latsar CPNS, predikat sangat memuaskan. Untuk menghilangankan huruf C, seorang CPNS harus mengikuti dan lulus pendidikan latihan dasar (diklatsar) atau orang-orang sering menyebutnya latsar. 

Setelah mengikuti dan lulus diklatsar, CPNS akan menerima Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) yang menjadi salah satu syarat pemberkasan untuk pengangkatan menjadi PNS. 

Selama diklatsar, CPNS diberikan pelatihan agar mempunyai kompetensi yang diperlukan sebagai ASN atau PNS. Ada empat kompetensi yang dilatihkan selama diklatsar, yaitu

a. menunjukkan sikap perilaku bela negara;

b. mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya;

c. mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan

d. menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

Karena adanya pandemi Covid-19, diklatsar CPNS dilakukan secara daring. Ada juga yang dilakukan dengan model blended learning, yaitu menggabungkan daring dan beberapa hari tatap muka. Saat diklatsar daring, CPNS diberikan pelatihan dengan metode sinkronus maupun asinkronus.

Pembelajaran secara sinkronus atau secara langsung, biasa dilakukan dengan aplikasi Zoom Meeting. Sementara itu, pembelajaran asinkronus menggunakan Learning Manajemen Sistem (LMS). Kita bisa mempelajari materi dan mengirimkan tugas melalui  LMS tersebut.

Dalam diklatsar daring, CPNS mempresentasikan Rancangan Aktualisasi-nya (RA) melalui Zoom Meeting. Media yang digunakan biasanya adalah powerpoint. Sementara itu, saat Laporan Aktualisasi (LA), CPNS akan mempresentasikannya dalam bentuk video. Video laporan aktualiasi harus dibuat secara detail, lengkap, tetapi harus memperhatikan durasi. Durasi yang dianjurkan adalah sekitar 10 menit. 

Video aktualisasi Latsar CPNS harus menggambarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh seorang CPNS dalam mengaktualisasikan nilai-nilai dasar CPNS di instanti tempat ia bekerja. Video aktualisasi Latsar CPNS harus dibuat secara efektif, efisien, dan tentunya menarik. Video yang dikemas secara menarik tentunya akan menambah nilai kualitas dalam presentasi laporan aktualisasi. 

Nah, berikut adalah contoh video presentasi laporan aktualiasi CPNS yang dilaksanakan pada tahun 2021. Video ini turut memiliki andil dalam pemerolehan predikat Sangat Memuaskan yang tertulisan dalam STTP. Sebagai cacatan, pemerolehan predikat Sangat Memuaskan tidak hanya dilihat dari presentasi Laporan Aktualisasi saja, tetapi mencakup keseleruhan kegiatan, mulai dari evaluasi MOOC, penilaian selama pembelajaran dengan widyaiswara, tugas-tugas, dan lain-lain. 

Video Aktualisasi Latsar CPNS, Predikat Sangat Memuaskan

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Video Aktualisasi Latsar CPNS, Predikat Sangat Memuaskan"