Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Soal tentang Ide Pokok untuk Siswa SMA/SMK/MA


Berikut ini adalah 10 Soal tentang Ide Pokok untuk Siswa SMA/SMK/MA. Soal tentang ide pokok dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu materi yang paling sering muncul dalam ujian di tingkat SMA atau sederajat. 

Soal ide pokok akan mengukur daya pemahaman siswa terhadap suatu bacaan. Dalam menjawab soal ide pokok, siswa memerlukan ketelitian dan kesabaran dalam membaca dan memahami bacaan. 

10 soal tentang ide pokok ini dapat dijadikan rujukan bagi siswa maupun guru dalam mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Bagi siswa, soal tentang ide pokok ini bisa dijadikan sebagai sarana latihan untuk mengukur kemampuan diri. Di lain sisi, soal ini dapat dijadikan materi ajar oleh guru. 

Nah, berikut 10 soal tentang ide pokok untuk siswa SMA/SMK/MA. Soal ini juga disertai dengan kunci jawaban. 


Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1-2!

Festival Lima Gunung merupakan perayaan kesenian yang digelar setiap tahun oleh Komunitas Lima Gunung. Festival ini menampilkan berbagai jenis kesenian tradisional yang berpadu dengan kesenian modern. Pelaksananya adalah masyarakat petani yang bermukim di kaki atau lereng lima gunung di Kabupaten Magelang, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Menoreh, dan Gunung Sumbing. 

Komunitas Lima Gunung dipelopori oleh seorang seniman dari Desa Mendut bernama Sutanto. Ia kemudian dikenal dengan nama Tanto Mendut. Komunitas tersebut melibatkan beberapa pemimpin dan tokoh berbagai komunitas kesenian yang berada di lereng lima gunung itu. 


1. Ide pokok paragraf pertama adalah ….

a. perayaan yang digelar Komunitas Lima Gunung setiap tahun

b. festival kesenian tradisional dan modern yang digelar Komunitas Lima Gunung

c. anggota Komunitas Lima Gunung

d. seluk beluk Festival Lima Gunung

e. pelaksana Festival Lima Gunung

Jawaban: d


2. Ide pokok paragraf kedua adalah ....

a. profil Sutanto

b. pelopor Komunitas Lima Gunung

c. pemimpin dan tokoh komunitas kesenian

d. seniman pelopor dari Desa Mendut

e. nama lain pelopor Komunitas Lima Gunung

Jawaban: b


Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 3-4!

Pemborosan energi yang dahsyat sebetulnya tampak di mana-mana. Pesawat menggunakan bahan bakar berlebihan karena antre mendarat maupun tinggal landas. Apa usaha pemerintah membuat bandara yang layak agar pesawat tidak boros bahan bakar? Sekarang, hitung ada berapa bandara di Indonesia! Berapa banyak yang dihemat jika pemerintah membangun bandara yang mampu menampung pesawat di tengah lalu lintas udara yang padat? Ini juga tampak di pelabuhan laut. Berapa lama kapal menanti untuk sandar?

Dalam hal kendaraan pribadi, tidak tampak usaha keras pemerintah mengontrol jumlah kendaraan. Mobil buatan tahun 1960 masih ada yang meluncur di jalan raya, berdampingan dengan mobil-mobil mewah. Belum tampak juga usaha pemerintah mengontrol mobil dengan mengenakan pajak jauh lebih tinggi terhadap kendaraan dengan kekuatan mesin di atas 2.500 cc. Pemerintah terkesan menikmati pajak kecil yang disumbangkan kendaraan mewah. Padahal, kendaraan ini sangat lahap "minum" BBM.


3. Ide pokok paragraf pertama adalah ….

a. pemborosan energi yang luar biasa

b. pemborosan energi ada di mana-mana

c. pemborosan energi pesawat terbang dan kapal laut

d. langkah yang harus ditempuh pemerintah untuk mengurangi pemborosan energi

e. penggunaan bahan bakar berlebihan

Jawaban: b


4. Ide pokok paragraf kedua adalah ….

a. pemborosan bahan bakar oleh kendaraan pribadi

b. usaha pemerintah untuk mengurangi pemborosan bahan bakar

c. kontrol pemerintah terhadap kendaraan pribadi

d. pajak kendaraan mewah

e. pajak tinggi untuk kendaraan mewah

Jawaban: c


5. Bacalah paragraf berikut!

Dengan sumber daya alam yang semakin terbatas dan jumlah penduduk bumi yang terus berkembang pesat, sudah saatnya inovasi untuk menekan penggunaan sumber daya alam melalui teknologi ramah lingkungan dapat diterapkan di masyarakat. Salah satu contohnya adalah biotoilet. Tidak hanya berhenti pada proses penelitian, sekarang telah dikembangkan biotoilet yang merupakan desain toilet sistem kering mempergunakan matriks serbuk kayu sebagai media penangkap dan pengurai tinja dan urine. Tidak hanya itu, limbah dapur sisa makanan juga bisa dioleh di sini untuk dijadikan kompos.

Ide pokok paragraf pertama bacaan di atas adalah ….

a. manfaat penggunaan biotoilet

b. penelitian mengenai biotoilet

c. penerapan teknologi ramah lingkungan

d. pengembangan teknologi modern

e. penekanan penggunaan sumber daya alam

Jawaban: c



Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6-7!

Anjuran minum air putih yang bagus adalah dilakukan sebelum dan sesudah bangun tidur. Saat tidur, penguapan air terjadi di dalam tubuh. Air tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh, yaitu membantu kerja organ tubuh lainnya, seperti jantung dan otak. Setelah bangun tidur, otomatis tubuh kita kekurangan air. Oleh karena itu, dianjurkan untuk minum air putih segelas dengan alasan untuk mengganti cairan yang hilang.

Di Indonesia, kebiasaan minum air putih belum membudaya. Karena kesibukan, orang terkadang lupa memperhatikan tubuhnya, termasuk minum air putih. Kebiasaan minum air putih harus dilakukan sedini mungkin. Caranya adalah dengan membiasakannya dalam kurun waktu 6-8 minggu dengan ketat. Setelah 8 minggu, orang dengan sendirinya akan mengonsumsi air dengan ideal tanpa disuruh.

6. Ide pokok paragraf pertama adalah ….

a. kegiatan sebelum dan setelah bangun tidur

b. anjuran waktu minum air putih

c. waktu yang tepat untuk minum air putih

d. manfaat air bagi metabolism tubuh

e. anjuran jumlah air putih yang diminum setiap hari

Jawaban: b


7. Ide pokok paragraf kedua adalah ….

a. kebiasaan minum air putih di Indonesia

b. pembiasaan minum air putih sejak dini

c. konsumsi air putih yang ideal

d. budaya menjaga kesehatan di Indonesia

e. pengaruh kesibukan terhadap kebiasaan minum air putih

Jawaban: a


Bacaan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 8-9!

Seiring berkembangnya zaman, wayang golek sebagai kesenian tradisional dan kesenian wayang adiluhung yang mengandung banyak filosofi, dirasa kurang digaungkan. Padahal, seni tradisional itu adalah budaya lokal yang merupakan akar budaya nasional. Martabat suatu bangsa dapat diukur dari budayanya. Jika budayanya rusak, maka rusak pula bangsanya. Ingat, budaya itu ada hubungannya dengan peradaban suatu bangsa.

Mengembangkan budaya bukanlah tugas individu tertentu, melainkan tugas rakyat Indonesia sebagai empunya budaya. Setelah berangkat dari nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat, perlu pula kreasi-kreasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Nantinya bukan hal yang mustahil adanya perpaduan dangdut dengan wayang golek kelak.

8. Ide pokok paragraf pertama adalah ….

a. wayang golek termasuk kesenian tradisional dan adiluhung

b. wayang golek mengandung banyak filosofi

c. wayang golek kurang digaungkan

d. wayang golek adalah budaya local

e. wayang golek merupakan akar budaya nasional

Jawaban: c


9. Ide pokok paragraf kedua adalah ….

a. tugas rakyat Indonesia

b. pengembang budaya

c. nilai-nilai budaya di masyarakat

d. tugas individu dalam mengembangkan budaya

e. tugas rakyat Indonesia untuk mengembangkan budaya

Jawaban: e


10. Bacalah paragraf berikut!

Rendahnya kualitas pendidikan kita sangat dipengaruhi oleh kualitas tenaga pendidik yang ada dan juga tingkat penguasaan teknologi informasi yang kurang memadai. Guru harus berperan sebagai mediator dan fasilitator dalam mentransfer ilmu kepada peserta didik, guru harus menjadi pembina akhlak dan budi pekerti mulia kepada siswa sejak dini dan guru harus menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Dari beberapa hasil penelitian selama ini sebagian besar guru masih bertindak sebatas mengajar saja, sedang fungsi mendidik, melatih, memberi nasehat yang baik, dan juga sebagai konsultan bagi peserta didik terabaikan.

Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Rendahnya kualitas Pendidikan dipengaruhi oleh teknologi informasi

b. Cara meningkatkan kualitas pendidikan melalui penguasaan teknologi informasi

c. Guru menjadi teladan yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan

d. Kualitas pendidikan dipengaruhi kualitas tenaga pendidik

e. Hasil penelitian tentang kualitas tenaga pendidik dan penguasaan teknologi informasi

Jawaban: d


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 10 Soal tentang Ide Pokok untuk Siswa SMA/SMK/MA"