Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Jangan Buang Sampah Sembarangan

jangan buang sampah

Ada banyak topik pidato, salah satunya adalah jangan buang sampah sembarangan. Pidato tentang larangan membuang sampah sembarangan bisa disampaikan oleh siapa pun. Entah itu siswa, guru, ketua RT, camat, bupati, gubernur, menteri, bahkan presiden sekalipun bisa membawakan pidato dengan topik jangan buang sampah sembarangan. 

Seperti yang sudah kita pahami, pidato persuasif adalah pidato yang berisi imbauan atau ajakan untuk memengaruhi seseorang. Pidato dengan topik jangan buang sampah sembarang termasuk pidato persuasif. Tentu, tujuannya adalah untuk memengaruhi orang-orang untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

Kita bisa membuat teks pidato persuasif dengan topik jangan buang sampah sembarangan secara singkat. Terkadang, kita harus berpidato dalam acara atau waktu yang singkat. Pidato yang terlalu lama juga kadang membuat pendengar bosan. 

Agar lancar dalam berpidato dengan tema jangan buang sampah sembarangan, kita harus membuat rencana atau persiapan yang baik. Salah satu persiapan dalam berpidato adalah membuat teks pidato yang akan kita sampaikan. 

Nah, berikut salah satu contoh teks pidato persuasif dengan topik bahasan jangan buang sampah sembarangan. Silakan gunakan teks pidato persuasif singkat ini sebagai referensi dalam berpidato atau materi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 

Teks Pidato Persuasif Singkat Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru

Dan tentunya teman-teman yang sangat saya sayangi.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas limpahan nikmatnya, kita masih bisa diberi kekuatan dan kesehatan untuk hadir bersama di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati, 

Persoalan sampah adalah masalah yang tidak akan ada habisnya. Setiap hari orang-orang menghasilkan sampah. Sampah tidak bisa hilang dari kehidupan kita. 

Banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat dalam menangani sampah. Akibatnya, sampah menjadi masalah yang cukup serius. 

Salah satu contoh ketidaksadaran masyarakat dalam menangani sampah adalah masih seringnya orang-orang membuang sampah sembarangan. Sungai yang seharusnya dijaga kebersihannya, kadang malah dijadikan tempat sampah yang “tepat” bagi mereka. Taman yang seharusnya dijaga kebersihannya dan keindahannya, kadang harus menjadi taman penuh sampah karena ketidaksadaran masyarakat dalam membuang sampah.

Sampah harus dibuang ke tempat yang tepat agar tidak menjadi masalah. Tempat sampah jangan hanya untuk dipandang, atau bahkan hanya dijadikan hiasan. Tempat sampah harus menjadi tempat untuk sampah. 

Kesadaran masyarakat dalam menangani sampah bisa diwujudkan. Hal itu bisa dimulai dari kita sendiri. Mari kita buang sampah di tempatnya. Sesekali mari kita juga mengingatkan teman kita atau orang di sekitar kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah. 

Hadirin yang saya hormati,  
Demikian pidato saya dengan topik jangan buang sampah sembarangan. Semoga dengan pidato singkat ini bisa menambah kesadaran kita tentang pentingnya membuang sampah di tempatnya. Sekian pidato singkat saya, mohon maaf jika ada tutur kata yang salah atau kurang berkenan di hati hadirin. Terima kasih. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh teks pidato persuasif dengan topik jangan buang sampah sembarangan. Teks pidato persuasif singkat ini bisa digunakan sebagai rujukan atau refereni untuk praktik pidato di sekolah. Teman-teman dapat menggunakan teks pidato persuasif singkat ini secara langsung atau bisa juga diubah terlebih dahulu sesuai dengan keperluan.

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Jangan Buang Sampah Sembarangan"