Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Aksi Nyata PMM Topik Merdeka Belajar


Untuk mendukung jalannya Kurikulum Merdeka, setiap guru diharuskan mengikuti pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Di dalam pelatihan mandiri, guru disajikan beberapa topik materi yang berhubungan dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Salah satu topik yang dipelajari adalah topik I, yakni Merdeka Belajar. 

Di topik Merdeka Belajar, ada 5 modul materi yang harus dipelajari.Setiap modul terdiri atas penjelasan materi dalam bentuk video, refleksi, latihan pemahaman, dan post test. Setelah menyelesaikan post test, guru bisa melakukan aksi nyata sebagai bukti pemahaman terhadap materi yang sudah dipelajari.

Salah satu bentuk aksi nyata di topik Merdeka Belajar adalah menyebarkan pemahaman tentang Merdeka Belajar. Aksi nyata bisa dilakukan dengan melakukan sosialisasi terhadap guru, siswa, maupun masyarakat.

Nah, kali ini admin akan sajikan contoh aksi nyata topik Merdeka Belajar. Aksi Nyata ini menjelaskan lima modul materi dalam topik Merdeka Belajar di PMM. Modul-modul itu adalah:

Modul 1 Topik Merdeka Belajar berisi tentang Mengenali dan Memahami Diri sebagai Pendidik

Modul 2 Topik Merdeka Belajar berisi tentang Mendidik dan Mengajar

Modul 3 Topik Merdeka Belajar berisi tentang Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Modul 4 Topik Merdeka Belajar berisi tentang Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Modul 5 Topik Merdeka Belajar berisi tentang Menumbuhkan Budi Pekerti

Sosialisasi topik Merdeka Belajar disampaikan mennggunakan platform YouTube. Berikut videonya.

Agar sesuai dengan syarat unggah aksi nyata, sosialisasi tersebut harus disertai dengan umpan balik dari sasaran sosialisasi. Jika menggunakan YouTube, sasaran bisa menulis umpan balik di kolom komentar. Adapun format komentarnya adalah sebagai berikut.

1. Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir .............., ternyata .................

2. Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah ................

Setelah mendapat umpan balik, aksi nyata bisa diunggah di PMM. Berikut contoh aksi nyata topik Merdeka Belajar yang sudah diunggah di Platform Merdeka Mengajar. 

CONTOH AKSI NYATA TOPIK MERDEKA BELAJAR

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

1 komentar untuk "Contoh Aksi Nyata PMM Topik Merdeka Belajar"