Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Refleksi 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Refleksi 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1 ini adalah 

1. CGP dapat menjelaskan apa konsekuensi dari keragaman murid-murid yang ada di kelas mereka.

2. CGP dapat menunjukkan pemahaman tentang yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi.

3. CGP dapat menjelaskan bagaimana cara mengetahui kebutuhan belajar murid.


Refleksi 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

Selamat! CGP telah menyelesaikan materi pembelajaran untuk tahapan Eksplorasi Konsep - Modul 2.1. Demi membantu CGP mengonsolidasikan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk sesi pembelajaran berikutnya, CGP dapat melakukan refleksi singkat dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

Pertanyaan untuk Refleksi 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1: 

1. Jelaskanlah apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi!

2. Mengapa kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid?

3. Sebagai guru, apa yang dapat kita lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar murid-murid kita? Apa saja yang perlu dipertimbangkan?


Kaitan dengan Standar Nasional Pendidikan

Kemampuan guru untuk memahami tujuan pembelajaran dengan baik akan menjadi salah satu kunci bagi suksesnya implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Untuk dapat memahami tujuan pembelajaran, guru perlu mengetahui apa sebenarnya kompetensi yang diharapkan, baik dalam ranah pengetahuan, keterampilan, maupun sikap, yang harus dapat dicapai oleh murid dalam suatu mata pelajaran di jenjang dan waktu tertentu. Kompetensi-kompetensi ini dapat dibaca oleh guru di dalam dokumen Standar Isi. Oleh karena itu, guru perlu secara cermat membaca dan memahami Standar Isi dengan baik agar dapat menetapkan tujuan pembelajaran yang sesuai. Jika guru telah memiliki pemahaman yang baik terkait dengan tujuan, akan lebih mudah bagi guru untuk menentukan tahapan-tahapan dalam proses belajar murid dan memutuskan strategi pembelajaran seperti apa yang akan dilakukan

Jawaban untuk Pertanyaan untuk Refleksi 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1: 

1. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang dirancang oleh guru untuk mengakomodasi keragaman karakteristik siswa dan menyesuaikan kebutuhan belajar siswa. 

2. Kita perlu mengidentifikasi kebutuhan belajar murid karena kemampuan, kesiapan belajar, dan minat setiap siswa berbeda-beda sehingga pola pembelajaran yang kita laksanakan pun harus menyesuaikan perbedaan itu agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

3. Cara mengidentifikasi kebutuhan belajar murid di antarnya dengan mengamati perilaku, mendiagnosis kemampuan awal, komunikasi dengan orang tua siswa, membaca rapor sebelumnya, melakukan survei, dan lain-lain. Adapun hal yang harus dipertimbangkan adalah kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Refleksi 2.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 2.1"