Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2.3.a.4.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3


2.3.a.4.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3.
Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 2.3.a.4.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3 ini adalah CGP dapat menyampaikan refleksi pemahaman mengenai konsep coaching dan penggunaan keterampilan coaching untuk supervisi akademik secara tertulis kepada sesama CGP.

Setelah CGP mempelajari konsep coaching dan supervisi akademik sekarang saatnya mendiskusikan hasil pemahaman mengenai hal-hal tersebut.

Pada bagian forum diskusi tertulis 2.3.a.4.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3, CGP akan menjawab pernyataan yang diberikan oleh peserta lain. Diskusi ini membawa CGP pada refleksi akan pemahaman konsep coaching dan keterampilan coaching untuk supervisi akademik dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Setiap CGP memberikan pernyataan mengenai keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik

2. CGP menanggapi jawaban dari minimal 3 CGP lainnya.

3. Jika pada sebuah jawaban sudah ada 3 tanggapan, silahkan menanggapi jawaban CGP lainnya.

Berikut kpernyataan mengenai keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik:

1. Coaching adalah proses untuk memaksimalkan potensi pada di coachee. Begitu pula supervisi akademik. Dengan supervisi akademik, seorang guru dapat memaksimalkan potensi dalam dirinya dengan melakukan refleksi dan tindak lanjut setelah supervisi akademik.

2. Coaching akan membantu seseorang untuk belajar. Supervisi akademik juga akan melatih seseorang untuk belajar memaksimalkan potensi diri dalam menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada siswa. 

3. Coaching adalah proses kolaborasi yang berfokus kepada solusi sehingga seseorang bisa meningkatkan performa kerjanya. Supervisi akademik juga berorientasi kepada solusi kepada seorang guru untuk meningkatkan performa atau kompetensinya, baik kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "2.3.a.4.5. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 2.3"