Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bikin Haru, Inilah Puisi yang Tepat untuk Perpisahan Sekolah


Bikin Haru, Inilah Puisi yang Tepat untuk Perpisahan Sekolah. Berikut akan kami sajikan sebuah puisi yang tepat untuk perpisahan sekolah. Acara perpisahan sekolah biasanya diisi beberapa penampilan dari siswa agar membuat acara lebih berkesan. Selain lagu perpisahan, acara yang biasa dilaksanakan menjelang tahun ajaran itu juga biasanya diisi dengan penampilan pembacaan puisi. 

Pembacaan puisi lazim dilakukan di acara perpisahan sekolah. Puisi itu biasanya dibaca dengan diiringi musik atau sering disebut musikalisasi puisi. Musik yang digunakan pun biasanya adalah instrumental. Jika puisinya sedih, maka dipilih iringan instrumental yang sedih agar pendengar merasa terharu. 

Menjelang acara perpisahan sekolah, banyak guru maupun siswa yang mencari atau membuat puisi yang bisa membikin haru suasana acara perpisahan. Nah, di postingan inilah akan disajikan salah satu puisi yang mungkin bisa membuat haru acara perpisahan sekolah. 

Judul puisi yang bisa bikin haru dalam acara perpisahan ini berjudul “Sejenak Marilah Kita Mengingat”. Puisi ini adalah hasil karangan Andi Dwi Handoko, S.Pd. 

Puisi yang tepat untuk acara perpisahan berjudul “Sejenak Marilah Kita Mengingat” ini berisi curahan perasaan dari seorang siswa yang akan berpisah dengan kawan-kawannya di sekolah. Curahan perasaan itu disampaikan dengan mengajak kawan-kawannya untuk sejenak mengingat semua hal yang pernah terjadi di sekolah yang sebentar lagi akan ditinggalkannya. 

Puisi “Sejenak Marilah Kita Mengingat” ini cocok untuk acara perpisahan sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Berikut puisi “Sejenak Marilah Kita Mengingat” yang tepat untuk dibawakan dalam acara perpisahan sekolah. 


Sejenak Marilah Kita Mengingat


Kawan, 

Langkah kita kini tiba di ujung perjalanan

Lembar cerita kita telah sampai di bab terakhir

Perahu kisah kita sebentar lagi tertambat di dermaga


Sejenak marilah kita mengingat

Perjalanan kisah kita bersama

Ada canda 

Ada tangis 

Semua terangkai membentuk kamus cerita kehidupan


Kawan,

Kisah-kisah kita akan menjadi prasasti

Kisah-kisah kita akan menjadi sejarah

Kisah-kisah kita akan menjadi pusara kenangan, 

yang pasti akan selalu kita ziarahi


Kawan, 

Cerita kita akan selalu hidup dalam hati 

Kenangan-kenangan kita saat bersama di kelas

Duduk bersama menghitung angka-angka

Berjajar bersama mengeja kata-kata

Berbaris bersama menerima pesan nasihat

Melingkar bersama mengerjakan tugas

Semua itu adalah kisah-kisah yang tak akan pudar, 

oleh angka kalender yang terus berganti


Tak terasa

Waktu telah mengantarkan kita di penghujung jalan

Waktunya kita memilih jalan masing-masing

Waktunya kita membuka bab baru dalam lembar cerita kita

Waktunya kita berganti perahu dan meninggalkan dermaga

dan ternyata perpisahan adalah jalan yang harus kita lewati


Kawan,

Tak perlu menangis

Tak perlu bersedih

Perjalanan harus dilanjutkan

Karena pada akhirnya, 

kita akan menjemput kebahagiaan

dengan jalan kita masing-masing


Itulah puisi yang bisa bikin haru saat acara perpisahan sekolah. Jika menyukai puisi ini, silakan digunakan dalam acara perpisahan sekolah atau acara yang lain. Jika hasil video pembacaan akan diunggah di media sosial, silakan cantumkan nama pencipta puisinya ya? Jika pun tidak, juga tidak masalah kok 😊. Selamat berpuisi.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Bikin Haru, Inilah Puisi yang Tepat untuk Perpisahan Sekolah"