Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak di Masa Depan

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak ini adalah CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

Di sesi pembelajaran Pembelajaran 4 Demonstrasi Kontekstual, calon guru penggerak diminta untuk berbagi dengan menyajikannya dalam bentuk sebuah karya berdasarkan refleksi pembelajaran sebelumnya.

Tugas dalam sesi 1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak adalah membuat gambaran diri sebagai guru penggerak di masa depan. Tentunya setelah memahami nilai dan peran guru penggerak, CGP bisa membayangkan dirinya di masa depan berpijak dari materi yang sudah dipelajari.

Tugas 1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Bayangkan diri Bapak/Ibu sudah lulus Program Guru Pengerak dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Buatlah kisah narasi tertulis/presentasi PowerPoint/poster/peta pikiran/video/audio sederhana yang dapat menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun tersebut. 

Berikut adalah contoh video tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak.


Itulah contoh video tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat. Untuk contoh tugas dalam bentuk narasi bisa diakses melalui postingan Demonstrasi Kontekstual 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak dalam Bentuk Narasi.

Rubrik Penilaian Tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Poin utama tugas kisah narasi di demonstrasi kontekstual modul 1.2. ini adalah pada kedalaman penggambaran detail kegiatan yang mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak. Jangan terjebak pada hiasan, sajian, dan tampilan saja. Terlampir di bawah adalah rubrik yang dapat membantu Bapak/Ibu dalam membuat kisah narasi tersebut, juga sebagai petunjuk untuk penilaian.

Itulah rubrik penilaian tugas 1.2.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. Semoga  bermanfaat.


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "1.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak di Masa Depan"