Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Refleksi Mandiri Menggunakan BAGJA

Eksplorasi konsep 1.3

Tujuan Pembelajaran Khusus dalam kegiatan 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Refleksi Mandiri Menggunakan BAGJA ini adalah CGP memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

Selain itu, ada tujuan lain, yakni CGP memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.

Refleksi Mandiri

Berdasarkan penjelasan mengenai Inkuiri Apresiatif dan video-video BAGJA, calon guru penggerak diajak untuk mengaplikasikan BAGJA ke dalam konteks pengalaman pribadi.

Bayangkan impian, cita-cita, tujuan yang telah Bapak/Ibu calon guru penggerak raih, yang telah tercapai. Ingat kembali proses yang telah Bapak/Ibu lalui sejak mulai menetapkan hati untuk memiliki impian, cita-cita, tujuan tersebut, berproses untuk mencapai dan mewujudkannya, hingga akhirnya impian, cita-cita, tujuan tersebut tercapai. Pengalaman pribadi tersebut mungkin terjadi bertahun-tahun yang lalu. Pengalaman tersebut bisa saja terjadi di masa bersekolah dahulu. Sesederhana bermimpi mendapatkan prestasi yang bagus pada mata pelajaran yang disukai saat bersekolah dulu.

Tugas 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Refleksi Mandiri Menggunakan BAGJA

1. Tugas Bapak/Ibu adalah menceritakannya tahap demi tahap menggunakan kanvas B-A-G-J-A.

2. Klik tombol Buat Salinan

3. Setelah selesai diisi, klik tombol Bagikan/Shared file kanvas BAGJA yang sudah Bapak/Ibu buat agar bisa dibaca oleh CGP lain

4. Kirimkan tautannya pada kolom NOTES.

Berikut adalah contoh refleksi mandiri menggunakan kanvas BAGJA. Silakan klik tautan di bawah ini untuk melihat contoh tugas yang ada di 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Refleksi Mandiri Menggunakan BAGJA.

Contoh Tugas Eksplorasi Konsep Modul 1.3



Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Refleksi Mandiri Menggunakan BAGJA"