Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Pidato Singkat Mari Jauhi Narkoba

teks pidato singkat narkoba

Contoh pidato singkat mari jauhi narkoba ini cocok dibawakan oleh siapa saja yang akan berpidato dengan tema narkoba. Seperti kita ketahui, bahwa penyalahgunaan narkoba sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, pidato singkat yang mengangkat tema narkoba bisa dilakukan untuk mencegah dan mengurangi penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

Contoh pidato singkat mari jauhi narkoba ini disusun sesuai struktur pidato yang sistematis. Sudah kita pahami bahwa sistematika pidato ada tiga bagian, yakni bagian pendahuluan, isi, dan penutup. 

Pidato singkat yang mengangkat tema narkoba ini juga cocok dibawakan oleh siswa. Para siswa bisa menggunakan contoh pidato singkat tentang narkoba ini untuk referensi tugas ataupun digunakan persiapan lomba pidato.

Agar praktik pidato berjalan lancar, sebaiknya melakukan persiapan dengan baik. Misalnya, akan berpidato dengan mengambil tema tentang narkoba, maka kita harus mempersiapkan materi pidato tentang narkoba. 

Pahami dengan baik materi pidato dan persiapkan mental agar bisa berpidato dengan baik. Jika kita berpidato dengan baik, pendengar akan lebih memahami materi yang kita sampaikan.

Berikut contoh pidato singkat mari jauhi narkoba yang bisa digunakan untuk persiapan pidato.

Assalamuaikum warrahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat kepala …. (isi nama sekolah)

Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru dan Karyawan …. (isi nama sekolah)

dan teman-temanku yang saya sayangi.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan karunia-Nya kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di tempat ini dalam keadaan sehat dan tentunya bahagia. 

Hadirin yang saya hormati,

Izinkanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato singkat saya tentang narkoba, yakni mari jauhi narkoba. 

Narkoba adalah akronim dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Dari artinya saja, yakni obat terlarang, otomatis bisa kita pahami bahwa narkoba dilarang dikonsumsi secara bebas oleh masyarakat. Jika ada orang yang mengonsumsi narkoba secara bebas, dapat dikatakan hal itu adalah penyalahgunaan narkoba.

Tak dapat dimungkiri bahwa sekarang penyalahgunaan narkoba sangat marak di masyarakat. Tidak hanya orang dewasa yang menyalahgunakan narkoba, tetapi kini banyak remaja yang sudah bermain-main dengan narkoba.

Saya pernah membaca sebuah berita bahwa ada pelajar yang sudah kecanduan narkoba. Ada juga pelajar yang tega membohongi orang tuanya dengan cara menggunakan uang sekolah untuk membeli narkoba.

Mengapa narkoba dilarang dikonsumsi secara bebas? Ya, karena narkoba bisa membuat kecanduan dan berakibat negatif bagi tubuh. Dampaknya di antaranya adalah menurunnya kesehatan mental dan psikologis, seperti depresi, rasa cemas, dan skizofrenia. Tak jarang, ada yang overdosis sehingga berakhir dengan mengembuskan napas terakhir alias meninggal.

Sungguh mengerikan dampak penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, dengan ini saya mengajak, mari jauhi narkoba sejak dini. Jangan biarkan diri kita terjebak dalam lingkaran bahaya narkoba. 

Hadirin yang saya hormati,

Mungkin hanya inilah yang dapat saya sampaikan. Semoga pidato singkat tentang narkoba ini bisa bermanfaat dan menghindarkan diri kita dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba. Jika ada salah kata, mohon dimaafkan. Sekali lagi, mari jauhi narkoba.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh pidato singkat mari jauhi narkoba yang bisa memberi wawasan kepada para pendengar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Contoh pidato singkat mari jauhi narkoba ini bisa digunakan siswa dalam praktik pidato. Tidak hanya itu, siapa pun bisa menggunakan materi ini untuk disampaikan dalam bentuk pidato. 

Materi pidato ini pun bisa diubah atau diedit sesuai dengan keinginan. Semoga postingan tentang contoh pidato singkat mari jauhi narkoba ini bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Mari Jauhi Narkoba"