Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis Paragraf Berdasar Letak Kalimat Utama


Paragraf adalah kumpulan beberapa kalimat yang mengandung gagasan pokok. Di dalam paragraf ada kalimat utama dan kalimat penjelas. Ada beberapa jenis paragraf dengan pola pengembangan berbeda yang memungkinkan peletakan kalimat utama yang berbeda-beda. Kalimat utama bisa diletakkan di awal, di tengah, ataupun di akhir sebuah paragraf. Jenis paragrafnya bisa dilihat di video ini terlebih dulu.



 Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama. 

1.   Paragraf deduktif

Paragraf deduktif atau deduksi merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.
 Contoh:
Lahan pertanian di Pulau Jawa semakin menyempit. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang semakin lama semakin bertambah. Populasi penduduk yang bertambah mengakibatkan pembangunan semakin banyak. Pembangunan rumah tinggal maupun tempat usaha menggusur lahan pertanian. Sekarang banyak ditemui, sawah-sawah yang bukan ditanami padi, melainkan ditanami tembok-tembok beton perumahan.
Paragraf di atas termasuk paragraf deduktif karena kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni “Lahan pertanian di Pulau Jawa semakin menyempit”.

2.   Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif merupakan paragraf dengan kalimat utama terletak di tengah-tengah paragraf.
 Contoh:
Kekurangan mengonsumsi sayuran hijau bisa menyebabkan tubuh lesu karena kekurangan vitamin. Daya tahan tubuh pun berkurangan karena hal tersebut. Jika demikian, penyakit bisa dengan mudah masuk menyerang tubuh. Kurang mengonsumsi sayuran hijau bisa berisiko negatif bagi tubuh. Serat dalam sayuran hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh. Tidak sedikit orang sembelit karena kurang mengonsumsi sayuran hijau.
Paragraf di atas termasuk paragraf ineratif karena kalimat utama terletak di tengah paragraf, yakni “Kurang mengonsumsi sayuran hijau bisa berisiko negatif bagi tubuh”.

3.    Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf.
 Contoh:
Siswa sering tidak konsentrasi saat belajar di dalam kelas. Kondisi ruangan yang tidak nyaman turut memengaruhi proses pembelajaran di kelas. Kemampuan guru menyampaikan materi yang kurang profesional pun menyebabkan siswa malas mengikuti pembelajaran. Kurangnya kesadaran belajar mandiri pada siswa juga turut memperparah tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Itulah beberapa penyebab nilai siswa turun di sekolah ini.
Paragraf di atas termasuk paragraf induktif karena kalimat utama terletak di akhir paragraf, yakni “Itulah beberapa penyebab nilai siswa turun di sekolah ini”.

4.   Paragraf campuran

Paragraf campuran merupakan paragraf yang kalimat utamanya ada di dua bagian. Biasanya kalimat utama paragraf dengan jenis ini diletakkan di bagian awal dan akhir paragraf. Sebenarnya dua kalimat utama di dua bagian itu sama, tetapi disajikan dengan kata-kata yang berbeda untuk penekanan inti masalah.
 Contoh:
Siswa mesti rajin membaca buku. Dengan rajin membaca buku, pengetahuan siswa akan semakin banyak. Semakin banyak informasi yang diserap siswa, maka dia akan lebih mudah dalam menerima pembelajaran. Dengan banyak membaca, siswa juga kaya kosa kata bahasa. Jadi, sudah seharusnya sekarang siswa rajin membaca buku.
Paragraf di atas termasuk paragraf campuran karena kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf, yakni “Siswa mesti rajin membaca buku” dan “Jadi, sudah seharusnya sekarang siswa rajin membaca buku”.
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

35 komentar untuk "Jenis Paragraf Berdasar Letak Kalimat Utama"

  1. Wah seru banget thank you yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaahhhhhhhhhh bebccccc😘😘😘😘😘😘😘😘😘

      Hapus
  2. Wah seru banget thank you yah

    BalasHapus
  3. Mau ikut MLM..???
    Jangan tanya saya... Saya bukan peserta MLM

    BalasHapus
  4. Ranti imoetzz sepakhu poenya

    BalasHapus
  5. Acu cayank ojol celamanya dechhhhh😘😘😘😘😘😘😘😘

    BalasHapus
  6. jeeeleeekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

    BalasHapus
  7. Saya murid pak Andi SD ta'mirul Islam angkatan 39

    BalasHapus
  8. Pubg mobile.

    Terima kasih kak

    BalasHapus
  9. mengenang pembelajaran waktu masih sekolah dulu. Makasih ilmunya pak guru.

    BalasHapus
  10. terimakasih ilmunya, mohon maaf ini web nya dibuat tahun 2017 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau web-nya sejak tahun 2007, tetapi kalau postingan tentang jenis paragraf ini, benar tahun 2017

      Hapus