Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Contoh Paragraf Deskripsi Singkat


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi berarti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. Jadi, paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan suatu objek secara detail atau rinci. Paragraf deskripsi sering digunakan dalam suatu bacaan, entah itu fiksi maupun nonfiksi. Dalam bacaan fiksi, paragraf deskripsi sering digunakan untuk menggambaran tokoh dan latar cerita. Dalam bacaan nonfiksi, paragraf deskripsi sering digunakan dalam catatan perjalanan, features, dan lain-lain.

Paragraf deskripsi bertujuan agar pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan objek yang dideskripsikan. Dengan paragraph deskripsi, suatu bacaan akan terasa hidup dan dapat mempunyai nilai rasa bagi para pembaca. Berikut 10 contoh paragraf deskripsi singkat.

Contoh paragraf deskripsi singkat pertama

         Pemandangan di sabana Gunung Merbabu sungguh memanjakan mata. Rerumputan hijau terhampar menyelimuti bukit di sekitar sabana. Bukit itu mirip sekali dengan bukit yang ada di serial Teletubies. Tidak ayal, banyak pendaki yang menyebutnya sebagai Bukit Teletubies. Di tengah hamparan rumput, kita bisa berswafoto dengan latar belakang bukit yang menghijau. Di sekitar jalan setapak kita juga dapat melihat pohon bunga edelweis yang cukup banyak. Pohon edelweis itu cukup tinggi. Rimbun daunnya dapat sedikit menaungi kita dari sengatan matahari di siang hari. 

Contoh paragraf deskripsi singkat kedua.

       Ruang kelasku sangat berantakan. Kursi dan meja tampak tidak tertata. Ada kursi yang terbalik. Meja juga tampak tidak beraturan posisinya. Papan tulis penuh coret-coretan dan gambar-gambar. Ada gambar kartun Doraemon sampai Winnie The Pooh. Cat ruang kelas juga penuh dengan coret-coretan jahil. Ada tulisan pantun jenaka sampai semboyan-semboyan para siswa. Hanya detak jam dinding yang terdengar di kelas ini. Jam dinding itu seolah menjadi satpam yang setia menunggu kelas yang kondisinya sungguh sangat memprihatinkan.

Contoh paragraf deskripsi singkat ketiga.

         Perjalanan menuju Pantai Buyutan sungguh mengasyikkan. Dari arah Pracimantoro, Wonogiri, kita menyusuri jalan yang sudah beraspal halus. Selama perjalanan kita bisa melihat area perkebunan warga. Tidak hanya itu, pemandangan bukit-bukit kars di kanan kiri jalan sungguh sangat memanjakan mata. Jalan yang berkelak-kelok membuat perjalanan tidak membosankan. Sesekali mobil harus mengalah dan menepi karena berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Sesampai di Pantai Buyutan, mobil harus menuruni jalan dengan turunan tajam. Keahlian dan nyali cukup diuji di sini karena jalan menurun juga dilengkapi dengan belokan yang tajam. Namun, setelah sampai di bibir pantai semua terbayarkan. Hamparan laut selatan dan ombak yang berkejaran akan mengobati rasa lelah selama perjalanan.

Contoh paragraf deskripsi singkat keempat.

        Pasar ini tidak mengenal kata mati. Entah pagi, siang, sore, ataupun malam, pasar ini selalu siaga ikut memutar jalannya roda kehidupan. Seperti dini hari ini, Pasar Legi tidak pernah terlelap dalam mimpi. Truk-truk pengangkut barang dagangan hilir silih berganti menurunkan barang. Ada truk pengangkut kelapa dari Pacitan. Ada mobil pikap pengangkut ikan dari Jepara. Ada truk pengangkut sayur dari Boyolali. Tidak ada yang tersisa dari dalam truk maupun mobil pikap. Barang-barang itu turun dan langsung mendapatkan tuannya.

Contoh paragraf deskripsi singkat kelima.

       Edo adalah teman sekolahku. Dia baru saja pindah dari Papua ke Jawa mengikuti orang tuanya yang mutasi kerja. Edo sangat supel dan mudah mencairkan suasana. Dengan logat Papua-nya ia sering menceritakan cerita humor untuk menghibur teman-temannya. Jika ada Edo, suasana yang tenang ataupun tegang, tiba-tiba bisa berubah menjadi suasana yang penuh canda tawa. Kulitnya yang hitam dengan rambut keriting tidak membatasinya untuk bergaul dengan teman-temannya yang rata-rata berkulit sawo matang dan berambut lurus.

Contoh paragraf deskripsi singkat keenam.

          Kupegang novel yang baru saja kuterima dari Andin. Di sampul bukunya tertera nama pengarang yang sudah tidak asing bagiku. Namanya mirip dengan nama orang India. Novel itu tidak terlalu tebal. Sampulnya cukup sederhana, tetapi cukup mewakili judulnya. Di dalam novel itu ada pembatas baca. Pembatas itu berbentuk persegi panjang dengan gambar yang sama dengan sampul buku. 

Contoh paragraf deskripsi singkat ketujuh.

    Rumah yang berada di seberang jalan itu sepertinya sudah ditinggal lama oleh pemiliknya. Pagar rumah itu sudah tertutup rimbun tanaman liar. Dedaunan kering tampak berserakan di halaman rumah tersebut. Gerbang depan rumah yang terbuat dari besi juga tampak mengelupas catnya. Dari kelupasan cat, muncul bercak-bercak karat. Jika malam hari, tidak ada satu pun penerangan di rumah itu. Gelap mencekam dan menimbulkan suasana mistis. 

Contoh paragraf deskripsi singkat kedelapan.

      Siapa yang tak tergoda dengan menu andalan di Solo, yaitu selat Solo. Rasa kuahnya yang manis dan gurih sungguh sangat memanjakan lidah. Potongan kentang goreng cukup membuat perut kenyang. Wortel dan buncis ikut melengkapi rasa manis dan gurih kuahnya. Mayonais yang beradu dengan salat membuat lidah kita menjadi segar dan bersemangat. Tidak hanya itu telur bacem cokelat dan empal daging sapi ikut menjadi pahlawan protein yang sangat lezat.

Contoh paragraf deskripsi singkat kesembilan.

      Smartphone yang hadir di tahun 2021 ini mempunyai layar dengan panel IPS LCD dan memiliki resolusi HD+ (720 x 1.640 piksel). Layar smartphone ini juga sudah memiliki refresh rate 90Hz sehingga cukup memanjakan mata para pemain Mobile Legends. Layarnya berukuran 6,82 inci. Punya layar besar memberikan respons yang lancar saat menggeser layar. Sementara itu, kemampuan 180Hz mampu meningkatkan pengenalan sentuhan jari pada layar dan memungkinkan smartphone ini mendeteksi sidik jari secara akurat, bahkan dari gerakan cepat. Smartphone dengan harga satu setengah jutaan ini masih mengadopsi poni menyerupai tetesan air yang juga menjadi wadah kamera depan. Sementara itu, untuk mengoperasikan tombol volume dan power, keduanya bisa ditemukan di sisi sebelah kanan dan sisi sebaliknya.

Contoh paragraf deskripsi singkat kesepuluh.

     Burung Unta adalah burung besar bersayap yang tidak bisa terbang. Walaupun tidak bisa terbang, sayapnya masih tetap berfungsi untuk menyeimbangkan tubuhnya ketika berlari. Bagi burung unta jantan, sayapnya berguna untuk mencari perhatian burung unta betina. Berat burung terbesar di dunia ini, bisa mencapai 180 kg. Sedangkan tingginya bisa mencapai 2,5 m. Walaupun burung ini tidak dapat terbang, ia bisa berlari dengan cepat. Kedua kakinya sangat kuat untuk berlari dari kejaran musuh-musuhnya. Apabila musuh burung unta mendekat, ia tidak segan-segan menendang musuhnya dengan kakinya.

Itulah 10 contoh paragraf deskripsi singkat dalam bahasa Indonesia. 

Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "10 Contoh Paragraf Deskripsi Singkat"