Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Teks Pidato Persuasif dengan Tema Konsumsi BBM, Mau Hemat atau Boros

teks pidato

Kali ini admin akan menyajikan contoh teks pidato persuasif dengan tema konsumsi BBM, Mau Hemat atau Boros. Kehidupan kita tidak lepas dengan Bahan Bakar Minyak alias BBM. Konsumsi BBM dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Untuk itu, perilaku menghemat BBM harus dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Persuasif Tema Aturan Sekolah yang Perlu Dikritisi

Ada banyak cara untuk mengajak masyarakat agar hemat BBM. Bisa menggunakan iklan layanan masyarakat, tulisan persuasif di surat kabar atau media sosial, atau bisa juga dengan berpidato persuasif bertemakan hemat konsumsi BBM. 

Baca Juga: Teks Pidato Perpisahan Sekolah

Nah, kali ini admin akan memberikan contoh teks pidato persuasif dengan tema konsumsi BBM. Teks pidato persuasif bertema konsumsi BBM ini sudah menerapkan struktur teks pidato, yakni terdiri atas pembukaan, isi, dan penutup. 

Teks Pidato Persuasif Tema Konsumsi BBM, Mau Hemat atau Boros

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, 

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala (isi nama sekolah)

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Dan yang sayangi, teman-teman yang berbahagia.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di tempat ini. 

Saya mengucapkan terima kasih karena saya sudah diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat saya mengenai konsumsi BBM. Hal yang menjadi pertanyaan adalah “Apakah kita sudah menggunakan BBM secara hemat?. Atau justru sebaliknya, kita boros dalam menggunakan BBM. Tentunya yang dapat menjawab pertanyaan itu adalah diri kita sendiri. 

Hadirin yang berbahagia,

Kita paham bahwa BBM yang kita gunakan sehari-hari, seperti pertalite, pertamax, dan solar berbahan utama minyak bumi. Sementara itu, kita juga tahu bahwa minyak bumi sifatnya terbatas. Maka dari itu, penggunaan BBM harus dihemat. 

Penggunaan BBM, mau hemat atau boros tergantung pada diri kita sendiri. Kita sebagai pelajar bisa menjadi tokoh yang ambil bagian dalam upaya penghematan BBM. 

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar hemat BBM. Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan sebagai pelajar dalam menghemat BBM. 

Cara yang pertama untuk menghemat BBM adalah mulai membiasakan menggunakan kendaraan umum. Memakai kendaraan umum memang agak ribet. Namun, ada banyak manfaat yang kita peroleh. Selain bisa menunjang gerakan hemat BBM, membiasakan menggunakan kendaraan umum bisa membuat kita berlatih disiplin. Kita perlu menyesuaikan jadwal keberangkatan kita ke sekolah dengan jadwal kendaraan umum yang menuju sekolah. Selain itu, di kendaraan umum kita bisa menambah teman dan bisa mengenali keragaman karakter masyarakat. Tentunya hal ini dapat memperkaya pengalaman sosial kita. 

Cara yang kedua dalam menghemat BBM adalah menggunakan alat transportasi yang bebas BBM. Jika jarak rumah kita dengan sekolah agak dekat, kita bisa menggunakan sepeda. Selain hemat BBM, dengan bersepeda kita juga sekaligus berolahraga. Apalagi jika jarak rumah dan sekolah itu dekat, kita bisa pergi ke sekolah dengan jalan kaki. Dengan jalan kaki, kita bisa hemat BBM sekaligus bisa bertegur sapa dengan tetangga. Namun, kalau jarak rumah dan sekolah sangat jauh, saya sama sekali tidak menyarankan untuk jalan kaki.

Cara yang ketiga yang dapat kita lakukan untuk mendukung gerakan hemat BBM adalah mengampanyekan gerakan hemat BBM. Kita bisa membuat poster kemudian dipasang di tempat-tempat umum. Cara yang paling praktis dan hemat adalah dengan membuat tulisan atau gambar yang isinya tentang cara-cara menghemat BBM, lalu kita bagikan melalui akun media sosial kita.  Jika seseorang terpengaruh dengan postingan kita tentang cara menghemat BBM dan orang tersebut melakukannya, maka kita juga turut andil dalam pelaksanaan hemat BBM. 

Hadirin yang berbahagia,

Demikian pidato saya mengenai cara menghemat konsumsi BBM. Mau hemat atau boros, hal tersebut tergantung perilaku kita dalam menggunakan BBM. Mari kita niatkan dalam diri kita untuk menggunakan BBM secara bijak dan hemat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu dan teman-teman. Saya mohon maaf jika selama menyampaikan pidato ada kekeliruan atau salah kata. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca Juga: Teks Pidato Keren, Tema Bijak Bermedia Sosial

Itulah contoh teks pidato persuasif dengan tema konsumsi BBM, mau hemat atau boros. Teks pidato ini bisa digunakan untuk praktik pidato persuasif di sekolah. Teman-teman bisa menggunakannya secara langsung atau bisa juga diubah terlebih dahulu sesuai dengan keperluan. 


Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk " Contoh Teks Pidato Persuasif dengan Tema Konsumsi BBM, Mau Hemat atau Boros"